Anti Ribet! Begini Cara Screenshot di Redmi A1 Tanpa Tombol

Cara Screenshot di Redmi A1

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari cara mengambil tangkapan layar di Redmi A1. Sebagian besar pengguna, seperti Anda mungkin, sering mengambil banyak tangkapan layar di ponsel mereka karena berbagai alasan yang berbeda.

Mungkin Anda ingin berbagi informasi atau tanda bukti penting dengan teman Anda, atau mungkin Anda hanya perlu menyimpan sesuatu untuk referensi di kemudian hari. Apa pun alasannya, mengambil tangkapan layar, baik yang panjang maupun yang pendek, adalah fitur yang sangat penting yang dimiliki oleh hampir semua ponsel Android di berbagai tingkatan.

Jika Anda baru saja membeli ponsel Redmi A1, atau bahkan jika Anda baru dalam dunia Android, Anda mungkin bertanya-tanya tentang cara mengambil tangkapan layar dengan atau tanpa menggunakan tombol fisik di ponsel ini.

Hal baiknya, hampir semua ponsel Android memiliki metode serupa atau bahkan sama untuk mengambil tangkapan layar, sehingga jika Anda pernah menggunakan perangkat Android sebelumnya, Anda mungkin sudah akrab dengan proses ini.

Namun, jika Anda baru dalam dunia Android, jangan khawatir, karena kami akan menjelaskan cara mengambil tangkapan layar di Redmi A1 dengan mudah.

Mengambil tangkapan layar di Redmi A1 dapat dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda, baik menggunakan tombol fisik atau tanpa tombol fisik sama sekali. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan.

Baca juga : Cara Menampilkan Watermark Shot On Mi Merek HP di Kamera Xiaomi

Cara Screenshot di HP Redmi A1 dengan Tombol

Brand ini telah menyediakan tiga metode berbeda bagi pengguna untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot di Redmi A1, baik yang bersifat panjang, menggunakan tiga jari, atau dengan gestur sapuan layar di HP.

Metode pertama, yang juga merupakan metode yang paling umum digunakan, adalah dengan menggunakan tombol fisik di perangkat. Selain itu, terdapat dua metode lain yang melibatkan perangkat lunak atau aplikasi bawaan yang dirancang untuk mempermudah prosesnya.

Cara pertama untuk mengambil tangkapan layar di Redmi A1 adalah dengan menggunakan tombol fisik yang terletak di sisi ponsel. Ini adalah metode tradisional yang telah digunakan oleh banyak pengguna selama bertahun-tahun.

Ambil ponsel Anda, dan identifikasi tombol daya (Power) dan tombol volume turun (Volume Down) yang terletak di sisi ponsel.

Tekan dan tahan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Jangan lepaskan tombol tersebut sampai Anda melihat layar berkedip putih.

Ketika layar berkedip putih, ini menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Selanjutnya, akan muncul sebuah bilah menu kecil di bagian bawah atau atas layar, tergantung pada konfigurasi ponsel.

Di dalam bilah menu tersebut, Anda akan menemukan tiga tombol yang berbeda. Tombol pertama digunakan untuk mengedit dan memotong gambar tangkapan layar. Tombol kedua digunakan untuk mengaktifkan "Scroll Capture," yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar panjang, seperti halaman web yang panjang. Tombol ketiga digunakan untuk berbagi gambar tangkapan layar melalui berbagai platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, LINE, Facebook, dan banyak lagi.

Dengan tiga metode yang tersedia, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan preferensi Anda untuk mengambil tangkapan layar di Redmi A1 Anda. Semoga informasi ini membantu Anda menguasai fitur tangkapan layar di ponsel Anda dengan lebih baik.

Cara Screenshot Redmi A1 Menggunakan 3 Jari Gesture Usap Layar Tanpa Tombol

Jika metode pertama tidak berfungsi karena tombol screenshot pada HP Anda mengalami kerusakan atau masalah lain, Anda masih dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di Redmi A1 menggunakan fitur "Palm Swipe to Capture" (Sapuan Telapak Tangan).

Ini adalah solusi terbaik yang tidak memerlukan penggunaan tombol fisik sama sekali. Untuk mengaktifkan fitur Palm Swipe, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi "Pengaturan" di ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Fitur Lanjutan."
  3. Selanjutnya, cari "Gerakan" di dalam menu tersebut.
  4. Di dalam opsi "Gerakan," Anda akan menemukan fitur yang disebut "Palm Swipe to Capture." Secara default, fitur ini mungkin dinonaktifkan.
  5. Ketuk untuk mengaktifkannya. Setelah diaktifkan, Anda sekarang dapat menggunakan fitur ini untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah tanpa harus menggunakan tombol fisik.
  6. Untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser tiga jari telapak tangan Anda pada layar ponsel. Ponsel akan merespon dengan getaran atau layar yang berkedip, menunjukkan bahwa proses pengambilan tangkapan layar telah selesai.

Dengan fitur "Palm Swipe to Capture" yang diaktifkan, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di Redmi A1 tanpa harus khawatir tentang kerusakan tombol fisik atau masalah sejenisnya. Ini adalah solusi yang sangat nyaman untuk situasi di mana metode konvensional mungkin tidak berfungsi.

Cara Screenshot Panjang di HP Redmi A1

Langkah 1: Tekan dan tahan tombol "Volume turun" dan tombol "Power" secara bersamaan.

Langkah 2: Setelah itu, ketuk opsi "Scroll Capture" untuk mengambil tangkapan layar yang panjang di Redmi A1. Layar akan otomatis bergulir ke bawah untuk menangkap lebih banyak konten.

Langkah 3: Hasil tangkapan layar akan disimpan secara otomatis dalam File Manager atau aplikasi galeri di ponsel Anda.

Jika terjadi kejadian di mana gambar hasil tangkapan layar tidak muncul dalam galeri ponsel Anda, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Periksa folder lain dalam penyimpanan ponsel Anda.
  2. Tunggu beberapa saat karena proses penyimpanan mungkin memerlukan sedikit waktu.
  3. Cobalah untuk me-restart ponsel Anda sebagai langkah awal untuk memperbaikinya.

Baca juga : Cara Membuat CV yang Menarik di HP Android

Jika Anda masih mengalami masalah atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar. Semoga panduan sederhana ini membantu Anda mengambil tangkapan layar yang panjang di Redmi A1 dengan atau tanpa menggunakan tombol fisik, dan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.