Harga Redmi A1 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Redmi A1

Fitur Unggulan


  • Sistem operasi Android murni yang bersih
  • Desain bodi bertekstur anti licin
  • Layar IPS LCD yang lebar
  • Triple slot, dua kartu SIM dan kartu microSD

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1

Spesifikasi Redmi A1

Umum
RilisSeptember 2022
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat192 gram
Dimensi164.9 x 76.8 x 9.1 mm
Material
WarnaLight Green, Light Blue, Black

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.52 inci, ~81.0% rasio screen-to-body
Resolusi720 x 1600 pixel, ~269 ppi

Platform
OSAndroid 12 (Go edition), MIUI 12
ChipsetMediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
CPUQuad-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320

Memori
Internal2/32 GB, 3/32 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 8 MP, f/2.0, (wide) 0.08 MP (QVGA)
FiturDual-LED flash, HDR
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/2.2
Fitur
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSGPS, GLONASS, GALILEO, BDS
RadioFM Radio
NFCTidak ada
USBmicroUSB 2.0

Fitur
SensorAccelerometer
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5000 mAh
FiturCharging 10W

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Redmi A1

Harga
2/32 GB - Rp 1.150.000 3/32 GB - Rp 1.250.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Xiaomi Redmi A1

HP Xiaomi Redmi A1 keluaran tahun berapa?

Xiaomi Redmi A1 merupakan ponsel yang diperkenalkan pada tahun 2022. Di Indonesia, versi terbaru dari Redmi A1 diluncurkan pada bulan Oktober 2022.

Bagaimana desain Xiaomi Redmi A1?

Desain eksterior ponsel ini sangat simpel dan tidak terlalu penuh detail. Dengan dimensi tinggi 164,9 mm, lebar 76,75 mm, dan ketebalan 9,09 mm, bobot ponsel mencapai 192 gram. Materialnya terbuat dari plastik dengan lapisan tekstur yang dapat mencegah peninggalan sidik jari. Saat dipegang, Redmi A1 terasa ringan, nyaman digunakan dengan satu tangan, dan mudah dimasukkan ke dalam kantong.

Pada bagian bawahnya, terdapat port micro-USB bersama dengan jack audio 3.5 mm dan grill speaker. Di bagian belakang, terdapat dua kamera belakang yang disusun secara vertikal. Tombol Power dan volume ditempatkan di sisi sebelah kanan.

Xiaomi Redmi A1 apakah anti air?

Redmi A1 dilengkapi dengan rating ketahanan air IPX2, yang menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki tingkat perlindungan rendah terhadap cairan. Secara lebih rinci, perangkat ini dapat terlindungi dari tetesan air secara vertikal, namun tidak dirancang untuk melindungi dari semprotan air.

Xiaomi Redmi A1 tersedia warna apa saja?

Di Indonesia, Redmi A1 dapat dipilih dalam dua warna, yaitu Light Blue dan Black. Sementara secara global, terdapat tiga opsi warna, yakni Light Green, Light Blue, dan Black.

Seperti apa tampilan layar Redmi A1?

Redmi membawa layar IPS LCD dengan tampilan Full Screen berukuran 6.52 inci dan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) pada ponsel ini, menyajikan pengalaman visual yang besar dan jernih. Meskipun tergolong dalam kategori entry level, ponsel dengan anggaran terbatas ini masih memiliki refresh rate standar, yaitu 60Hz.

Redmi telah melengkapi ponsel ini dengan sertifikasi Widevine L3, memungkinkan pengguna menikmati konten streaming dengan kualitas tampilan standar di berbagai platform layanan. Layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 400nits, memberikan kualitas tampilan yang baik di dalam ruangan, meskipun mungkin kurang optimal saat digunakan di luar ruangan, terutama di bawah sinar matahari langsung.

Desain layarnya mencakup selfie camera yang ditempatkan di bagian tengah atas dengan gaya waterdrop.

Apakah layar Redmi A1 dibekali proteksi Gorilla Glass?

Tidak, Redmi A1 telah dilengkapi dengan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3. Ini merupakan keunggulan tersendiri, karena meskipun termasuk dalam kategori ponsel dengan harga terjangkau, Redmi A1 telah dipasangi perlindungan pada layarnya. Meski demikian, untuk perlindungan ekstra, disarankan untuk memasang pelindung layar tambahan seperti anti gores atau tempered glass.

Xiaomi Redmi A1 RAM berapa?

Ponsel ini dilengkapi dengan RAM berkapasitas 2 GB dan 3 GB. Meskipun kapasitasnya terbatas, hal ini dapat dimengerti mengingat ponsel ini termasuk dalam kategori entry-level.

Untuk memori internalnya, hanya tersedia satu opsi kapasitas yaitu 32 GB, namun dapat diperluas dengan menggunakan kartu microSD eksternal, karena ponsel ini menyediakan slot khusus untuk memori eksternal. Dari informasi resmi yang diberikan, ponsel ini mendukung penggunaan memori eksternal hingga kapasitas 1TB, sehingga tidak perlu khawatir tentang kehabisan ruang penyimpanan.

Apakah HP Redmi A1 bisa tambah RAM?

Iya, ponsel ini mendukung penambahan RAM hingga 2 GB yang diambil dari memori internal. Fitur ini dapat meningkatkan performa ponsel, membuatnya lebih responsif dan efisien. Namun, pastikan bahwa Anda memiliki cukup ruang dalam memori internal untuk dijadikan sebagai virtual RAM.

Xiaomi Redmi A1 pakai OS android apa?

Redmi A1 menggunakan sistem operasi Android 12 Go edition. Kehadiran Android Go edition ini memberikan kontribusi besar terhadap kinerja Redmi A1 secara keseluruhan. Ponsel beroperasi lebih cepat hingga 30% dengan animasi yang lebih mulus, tanpa adanya penundaan yang mengakibatkan layar kosong. Selain itu, Android 12 Go Edition membantu mengoptimalkan penggunaan baterai dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Apakah performa Xiaomi Redmi A1 bagus?

Kinerja ponsel secara umum dapat dianggap standar. Chipset Helio A22 dan prosesor quad-core memang ditujukan untuk tugas ringan. Perangkat ini tidak cocok untuk tugas berat seperti multitasking, beralih antar aplikasi dengan cepat, atau bermain game berat.

Meskipun didukung oleh sistem operasi Android Go edition yang ringan, beberapa lag masih dapat terjadi saat berpindah antar aplikasi. Ini disebabkan oleh RAM sebesar 2 GB/3 GB yang terbatas, sehingga tidak ada cukup ruang untuk menjalankan aktivitas di latar belakang.

Apakah HP Xiaomi Redmi A1 cocok buat main game?

Jika Anda tertarik untuk bermain game seperti PUBG, jangan berharap terlalu banyak. Ponsel ini tidak mampu mengatasi game berat dan bahkan dapat menyebabkan kinerja ponsel melambat. Ponsel ini lebih cocok untuk memainkan game ringan low-end.

Bagaimana resolusi kamera Xiaomi Redmi A1?

Ponsel ini dilengkapi dengan dua kamera belakang beresolusi 8 MP f/1.0 wide yang didukung oleh lensa AI untuk meningkatkan reproduksi warna. Sedangkan untuk kamera selfie, ponsel ini telah dilengkapi dengan resolusi 5 MP dengan mode kecantikan yang dapat meningkatkan penampilan wajah Anda.

Bagaimana kualitas kamera HP Redmi A1?

Pada kondisi banyak cahaya di siang hari, kualitas kamera ponsel ini dapat diandalkan. Shutter cukup cepat, meskipun fokus pada objek mungkin sedikit sulit didapatkan. Dynamic range dan eksposurnya cukup baik dengan kombinasi dua lensa ini. Xiaomi juga menyediakan mode HDR untuk mengambil gambar dalam kondisi kontras tinggi.

Namun, kualitas lensa beresolusi 8 MP ini kurang memuaskan saat kondisi minim cahaya atau gelap. Detail-detail tidak terlihat dengan jelas, dan bahkan cahaya sekitarnya kadang-kadang hilang. Hasil foto saat low light terlihat kurang tajam.

Untuk perekaman video, hasilnya standar dengan resolusi 1080p@30fps. Tidak ada fitur tambahan seperti stabilisasi gambar. Meskipun begitu, kamu masih dapat merekam video singkat dan time-lapse dengan ponsel ini.

Berapa mAh baterai Xiaomi Redmi A1?

Baterai ponsel ini memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh yang sangat tahan lama. Ponsel ini diklaim dapat bertahan setidaknya dua hari karena penggunaan pemrosesan berat yang terbatas pada ponsel ini. Dengan baterai besar ini, kamu tidak perlu lagi khawatir membawa power bank saat bepergian.

Apakah Xiaomi Redmi A1 mendukung pengisian cepat?

Tidak, ponsel ini hanya disertai dengan adaptor charger 10W standar. Oleh karena itu, proses pengisian penuh baterai berkapasitas 5000 mAh membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 2 jam.

Xiaomi Redmi A1 apakah sudah Type-C?

Tidak, ponsel ini masih menggunakan port microUSB, bukan USB Type-C. Penggunaan teknologi yang lebih lama ini mungkin bisa dimaklumi mengingat harga ponsel yang terjangkau, sehingga beberapa fitur seperti port microUSB masih tetap dipertahankan.

Apakah Xiaomi Redmi A1 ada sensor sidik jari?

Ponsel Redmi A1 ini belum dilengkapi dengan sensor sidik jari dan Face Unlock. Oleh karena itu, opsi proteksi yang dapat digunakan hanya sebatas PIN dan kata sandi.

HP Redmi A1 apakah ada NFC?

Ya, ponsel ini belum dibekali fitur NFC. Hal ini lumrah mengingat ponsel ini masuk ke dalam kategori ponsel murah, sementara fitur NFC lebih umum ditemui pada ponsel dengan harga menengah ke atas.

Redmi A1 apakah sudah dual SIM?

Ya, ponsel ini telah dilengkapi dengan dual SIM berukuran Nano-SIM dan dukungan dual stand-by.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.