4 Cara Screenshot Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro Panjang, Gesture Tiga Jari

Cara Screenshot Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro

Xiaomi Mi 10T dan Xiaomi Mi 10T Pro telah resmi tersedia di Indonesia sejak awal Desember 2020. Namun, penting untuk membahas cara mengambil tangkapan layar di kedua ponsel ini.

Kedua ponsel ini memiliki performa yang sangat baik, dengan prosesor Snapdragon 865 (7 nm) yang didukung oleh GPU Adreno 650.

Di pasar Indonesia, baik Mi 10T maupun Mi 10T Pro hadir dalam konfigurasi memori tunggal. Mi 10T memiliki RAM 8 GB dan ROM 128 GB, sementara versi Pro dilengkapi dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB.

Kedua ponsel ini memiliki dukungan kamera belakang triple dan satu kamera depan 20 MP. Namun, resolusi kamera utama Mi 10T Pro lebih tinggi daripada versi reguler. Mi 10T Pro dilengkapi dengan sensor utama 108 MP, sementara Mi 10T memiliki sensor 64 MP.

Ketika berbicara tentang mengambil tangkapan layar, ada empat metode mudah yang dapat digunakan oleh pengguna Mi 10T dan Mi 10T Pro. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai cara-cara tersebut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di MIUI, Paling Ampuh!

1. Cara Screenshot Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Seperti kebanyakan smartphone Android lainnya, cara pertama dan paling mudah untuk mengambil tangkapan layar di seri Mi 10T adalah dengan menggunakan kombinasi dua tombol fisik.

Caranya sangat sederhana, arahkan layar pada area yang ingin Anda screenshot, lalu tekan tombol power yang terletak di sisi kanan dan tombol volume bawah yang berada persis di atas tombol power secara bersamaan.

Hasilnya, layar akan berkedip dan Anda akan mendengar suara seperti shutter kamera. Setelah itu, Anda dapat memeriksa hasilnya di panel notifikasi atau langsung dari Galeri.

2. Cara Screenshot Melalui Menu Shortcut

Seri Mi 10T juga meneruskan tradisi ponsel Xiaomi generasi sebelumnya dengan menyediakan fitur Screenshot pada bilah notifikasi.

Caranya sangat mudah, cukup gulir layar dari atas ke bawah untuk mengungkapkan ikon-ikon menu yang ada di bilah notifikasi, lalu pilih menu "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".

Seperti pada cara sebelumnya, Anda akan mendengar suara seperti shutter kamera yang disertai dengan kedipan layar sebagai indikasi bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Anda dapat melihat hasilnya baik melalui notifikasi maupun dari Galeri.

3. Cara Screenshot Melalui Bola Pintas di Mi 10T dan 10T Pro

Jika Anda merasa metode-metode sebelumnya sudah cukup biasa, ada metode lain yang bisa Anda coba, yaitu melalui fitur Bola Pintas atau Quick Ball.

Untuk menggunakan fitur ini, langkah pertama adalah masuk ke menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Bola Pintas, dan aktifkan tombol yang berada di samping menu Bola Pintas.

Setelah itu, Anda akan melihat sebuah bola melayang yang mirip dengan Assistive Touch di iPhone, yang terletak di sebelah kiri layar.

Jika Anda menyentuh bola tersebut, secara otomatis akan muncul 5 menu baru, termasuk salah satunya untuk mengambil tangkapan layar.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y12

4. Cara Screenshot Mi 10T dan 10T Pro Menggunakan 3 Jari

Cara terakhir adalah dengan menggunakan 3 Jari, tetapi seperti Bola Pintas, Anda juga harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

Caranya sangat sederhana, masuk ke menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Tombol dan Gerakan > Ambil Screenshot > Geser ke Bawah dengan 3 Jari.

Setelah itu, setiap kali Anda ingin mengambil tangkapan layar, cukup usap layar dari atas ke bawah menggunakan ujung 3 jari.

Cara ini sangat mudah, semoga informasi ini membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.