Cara Screenshot Vivo Y51A Panjang dan 3 Jari

Cara Screenshot Vivo Y51A

Vivo memproduksi ponsel dalam berbagai kelas harga, dan salah satunya adalah Vivo Y51A, sebuah ponsel dengan harga sekitar 2 jutaan yang memiliki spesifikasi unggul. Walaupun memiliki spesifikasi yang menarik, banyak pengguna masih bertanya-tanya mengenai cara melakukan screenshot dengan benar di Vivo Y51A.

Sebagai ponsel terbaru yang dirilis pada tahun 2021, wajar jika banyak yang masih bertanya-tanya mengenai berbagai fitur yang dimiliki oleh Vivo Y51A. Salah satu fitur dasar yang sering dipertanyakan adalah cara melakukan screenshot di ponsel ini.

Vivo Y51A memang unggul dalam hal fotografi dengan beberapa fitur fotografi canggih dan lensa yang memadai. Performa fotografinya yang menonjol menjadikannya pilihan menarik di kelasnya. Kualitas kamera yang mumpuni adalah salah satu alasan mengapa banyak pengguna memilih Vivo Y51A.

Selain kemampuan kamera yang unggul, ponsel ini juga memiliki spesifikasi yang kuat di berbagai aspek lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y51A, Anda dapat merujuk pada ulasan sebelumnya.

Cara Screenshot HP Vivo Y51A

Di ponsel Vivo Y51A, seperti pada ponsel Vivo lainnya, mengambil tangkapan layar sangat mudah dan prosedurnya serupa. Anda dapat menggunakan beberapa metode yang berbeda, termasuk tombol fisik, pop-up, dan tangkapan layar kustom, seperti tangkapan layar panjang. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah mengenai cara melakukan screenshot di Vivo Y51A.

Baca juga : Cara Ngeprint Lewat HP Paling Praktis, Bisa Tanpa Kabel!

Dengan Kombinasi Tombol Fisik

Jika Anda ingin tahu cara paling mudah untuk mengambil screenshot di Vivo, jawabannya adalah menggunakan kombinasi tombol fisik. Metode ini sangat umum dan lazim digunakan di berbagai ponsel Android.

Caranya sangat sederhana, Anda cukup menekan tombol fisik pada ponsel Anda dengan kombinasi tertentu, yaitu Tombol Power (Daya) dan Tombol Volume Bawah.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Tekan Secara Bersamaan: Tombol Power + Tombol Volume Bawah.

Screenshot dengan tombol fisik adalah cara klasik yang masih sangat efektif. Karena ini adalah metode yang mudah dan praktis, pengguna Vivo Y51A bisa dengan cepat mengambil tangkapan layar. Cukup tekan dan tahan tombol Power dan Tombol Volume Bawah bersamaan selama beberapa detik, dan ponsel akan dengan otomatis mengambil screenshot.

Dengan Tiga Jari

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan tiga jari untuk mengambil tangkapan layar di Vivo Y51A. Dengan mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan tiga jari, sistem Vivo akan secara otomatis mengambil tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka menu pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Selanjutnya, pilih opsi "Screenshot" dalam menu pengaturan.
  3. Di dalam opsi "Screenshot", aktifkan fitur yang disebut "Three Fingers Swipe." Pastikan fitur ini sudah diaktifkan.
  4. Setelah Anda mengaktifkan fitur "Three Fingers Swipe," Anda dapat langsung melakukan tangkapan layar.
  5. Pilih tampilan yang ingin Anda tangkap.
  6. Dengan tiga jari Anda, usap layar dari atas ke bawah.
  7. Jika layar berkedip atau menunjukkan efek animasi, itu menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.
  8. Hasil tangkapan layar akan tersimpan di galeri ponsel Anda dan bisa dilihat kapan saja.

Sebelum Anda dapat menggunakan metode tiga jari ini untuk mengambil tangkapan layar, pastikan untuk mengaktifkan fitur "Three Fingers Swipe" di pengaturan ponsel Anda. Setelah fitur ini diaktifkan, Anda dapat dengan mudah menggunakan tiga jari Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dan efisien.

Screenshot Panjang

Cara ketiga menurut Projektino dianggap sebagai cara paling mudah untuk mengambil tangkapan layar di Vivo Y51A. Dalam metode ini, pengguna hanya perlu mencari ikon "S-Capture" pada menu kontrol panel yang tersedia di antarmuka Vivo. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pilih area layar yang ingin Anda tangkap.
  2. Selanjutnya, usap layar ke atas dari bagian bawah layar hingga muncul Control Center.
  3. Di Control Center, cari ikon "S-Capture" dan ketuk ikon tersebut.
  4. Setelah Anda memilih ikon "S-Capture," akan muncul menu mengambang dalam bentuk lingkaran. Pilih opsi "Long Screenshot."
  5. Ponsel akan secara otomatis mulai mengambil tangkapan layar panjang ke bawah.
  6. Jika Anda ingin menghentikan proses screenshot, cukup tekan tombol "Berhenti" yang tersedia.
  7. Setelah berhenti, hasil tangkapan layar panjang akan tersimpan di Galeri ponsel Anda.

Metode ini berguna ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar panjang, seperti saat mengambil screenshot seluruh percakapan dalam pesan. Screenshot panjang ini menjadi tren, dan pengguna ponsel Vivo perlu tahu cara melakukannya dengan benar.

Baca juga : Cara Merekam Layar Samsung Galaxy A24

Akhir Kata

Dari tiga pilihan cara di atas, dapat dipilih cara yang paling mudah menurut preferensi masing-masing. Namun, jika Anda merasa belum puas atau menginginkan lebih banyak fitur, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar. Salah satu aplikasi screenshot tambahan yang sangat direkomendasikan adalah Screentouch. Aplikasi ini dianggap salah satu yang terbaik dalam kategorinya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.