Cara Screenshot di HP OPPO A55 yang Bisa Dicoba

Cara Screenshot HP Oppo A55

Dengan kemajuan teknologi, cara mengambil screenshot di HP Oppo A55 semakin canggih, dan Anda dapat melakukannya baik dengan tombol fisik maupun tanpa tombol fisik.

Oppo A55 adalah salah satu ponsel terbaru dalam seri A Oppo yang diperkenalkan di Indonesia pada Maret 2022. Ponsel ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6,51 inci dengan rasio layar terhadap bodi sekitar 82,6%, resolusi 1600x720, dan rasio aspek 20:9.

Selain itu, Oppo A55 juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan model sebelumnya.

Salah satu fitur yang penting dalam setiap ponsel adalah fitur screenshot, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar, baik dalam bentuk screenshot biasa maupun screenshot panjang.

Dengan layar yang besar seperti ini, proses pengambilan screenshot pada HP Oppo A55 menjadi lebih mudah dan cepat, terutama dalam situasi darurat.

Namun, karena tampilan antarmukanya sedikit berbeda, mungkin beberapa pengguna merasa bingung tentang cara mengambil screenshot di HP Oppo ini.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di HP Oppo A55.

Baca juga : Kode Cek HP OPPO Asli Untuk Semua Tipe

Cara Screenshot OPPO A55

Menggunakan Tombol Kombinasi

Pertama-tama, Anda dapat menggunakan tombol fisik untuk mengambil screenshot di HP Oppo A55. Meskipun ini adalah cara umum yang banyak digunakan dan menjadi metode utama untuk mengambil screenshot di berbagai jenis smartphone, beberapa pengguna yang baru mungkin belum familiar dengan langkah-langkahnya. Berikut ini tutorialnya.

  • Tekan tombol Power dan tombol volume bawah secara bersamaan dan tahan selama 1-2 detik, jangan tahan terlalu lama.
  • Jika Anda mendengar suara shutter kamera dan layar berkedip, itu menandakan bahwa Anda telah berhasil mengambil screenshot.
  • Untuk melihat hasil tangkapan layar, Anda dapat memeriksanya di galeri.
  • Selesai.

Namun, perlu diingat agar tidak terlalu sering menggunakan metode ini untuk menghindari kerusakan pada tombol fisik perangkat.

Menggunakan Tiga Jari

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan mode tiga jari untuk mengambil screenshot di HP Oppo A55. Namun, sebelum Anda dapat menggunakan mode ini, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka menu Pengaturan pada perangkat Oppo A55 Anda.
  • Selanjutnya, cari opsi "Cerdas & Nyaman".
  • Lalu, pilih opsi "Gerakan" dan aktifkan tombol yang berada di samping "Screenshot 3 Jari" hingga berubah menjadi warna hijau.
  • Setelah fitur ini berhasil diaktifkan, Anda hanya perlu menentukan area yang ingin Anda tangkap, lalu usap layar dengan menggunakan tiga jari dari atas ke bawah.
  • Seperti biasanya, jika layar mengeluarkan suara seperti suara kamera dan layar berkedip, itu menunjukkan bahwa Anda telah berhasil mengambil screenshot. Hasil tangkapan layar tersebut akan secara otomatis tersimpan di galeri perangkat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menggunakan mode tiga jari untuk mengambil screenshot di HP Oppo A55 setelah mengaktifkan fitur tersebut.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa Terkoneksi dengan WiFi

Dengan Panel Notifikasi

  • Langkah pertama, buka halaman atau gambar yang ingin Anda tangkap.
  • Selanjutnya, geser layar dari atas ke bawah untuk membuka menu notifikasi pada ponsel Anda.
  • Pilih opsi "Cuplikan Layar".
  • Lepaskan tombol saat Anda mendengar suara seperti shutter kamera dan layar berkedip; itu menandakan bahwa Anda telah berhasil mengambil screenshot.
  • Untuk melihat hasil tangkapan layar, Anda dapat memeriksanya di galeri atau di folder gambar pada perangkat.

Demikianlah cara untuk mengambil screenshot di HP Oppo A55 yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.