7 Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa Terkoneksi dengan WiFi

hp android tidak bisa konek ke wifi

Wifi memang menjadi salah satu alternatif agar ponsel tetap bisa terhubung ke internet saat tidak ada kuota data. Namun, bagaimana jika ponsel Android tidak dapat terhubung ke Wifi? Tentu saja, hal ini sangat menjengkelkan karena kita tidak dapat menikmati internet gratis. Biasanya, kita dapat menemukan Wifi gratis di tempat-tempat umum seperti mal, taman, perkantoran, restoran, dan sebagainya.

Namun, beberapa Wifi memiliki keamanan berupa password agar tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Beberapa pengguna mengalami kesulitan untuk terhubung ke jaringan Wifi yang ada, di mana ponsel sama sekali tidak dapat terhubung meskipun password sudah benar. Jangan khawatir, saya memiliki solusi lengkapnya sebagai berikut.

Baca juga : Cara Ganti Icon Baterai dan Sinyal di Android

Cara Mengatasi Android yang Tidak Bisa Terkoneksi ke Wifi

WiFi adalah komponen penting yang mendukung aktivitas sehari-hari, terutama bagi mereka yang bekerja atau belajar online dari rumah. HP yang tidak dapat terhubung ke WiFi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti jarak router yang jauh dari ponsel, akumulasi cache memori, atau jaringan yang berada di luar jangkauan.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, berikut adalah 7 cara mudah yang dapat dilakukan.

1. Reset Ponsel Android

Salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi masalah ringan seperti ponsel tidak dapat terhubung ke WiFi adalah dengan me-restart ponsel. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bug atau error yang terjadi pada ponsel akibat penggunaan sehari-hari.

Selain itu, cara ini juga dapat digunakan untuk memeriksa apakah jaringan WiFi yang digunakan berfungsi dengan baik atau tidak, karena masalah tidak selalu berasal dari ponsel yang digunakan. Setelah ponsel menyala kembali, cobalah menghubungkannya kembali ke jaringan WiFi.

Kamu juga dapat meminta teman untuk terhubung ke jaringan WiFi yang sama untuk memastikan apakah WiFi dapat digunakan atau tidak.

2. Atur Settingan Waktu dan Tanggal Pada HP Android

Cara mengatasi ponsel yang tidak dapat terhubung ke WiFi berikutnya adalah dengan memastikan waktu dan tanggal di ponsel diatur dengan benar. Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa waktu dan tanggal yang tidak sesuai dapat menyebabkan ponsel gagal terhubung ke jaringan WiFi.

Hal ini juga berlaku untuk PC atau laptop. Jika jam dan tanggal tidak sesuai, maka perangkat tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi yang ada.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mengatur waktu dan tanggal dengan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Settings di ponsel Android kamu.
  • Cari dan pilih menu Additional Settings atau More Settings.
  • Masuk ke opsi Date & Time.
  • Atur waktu dan tanggal dengan benar.

3. Lupakan Jaringan Wifi yang Dipakai

Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan melupakan sambungan WiFi yang sudah terhubung. Jika ponsel kamu tidak dapat terhubung ke WiFi, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, seperti perubahan password atau adanya bug.

Jika password WiFi telah berubah, kamu perlu meminta password yang baru. Namun, jika tidak ada perubahan password, kamu dapat mencoba melupakan jaringan WiFi tersebut dengan cara mengklik WiFi yang dimaksud dan memilih lupakan atau Forget.

Setelah melupakan jaringan WiFi, cobalah untuk menghubungkannya kembali dan lihat hasilnya.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y35

4. Clear Cache Wifi

Salah satu cara mengatasi ponsel Android yang tidak dapat terhubung ke WiFi adalah dengan menghapus cache Android yang telah menumpuk. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh berbagai aplikasi. Jika cache menumpuk, dapat membuat ponsel menjadi lambat dan lag, yang mungkin menjadi penyebab ponsel tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk membersihkan cache di ponsel Android. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, baik tanpa menggunakan aplikasi maupun dengan menggunakan aplikasi.

Jika tanpa aplikasi, kamu dapat pergi ke Pengaturan (Settings) di ponsel, pilih menu Pengelola Aplikasi (Manager App). Kemudian cari aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya. Selanjutnya, masuk ke bagian Penyimpanan (Storage) lalu pilih Hapus cache. Ulangi langkah ini untuk aplikasi lainnya.

Alternatifnya, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pembersih cache dan file sampah. Meskipun menggunakan aplikasi, namun kamu dapat membersihkan cache dengan cepat dan secara otomatis.

5. Nonaktifkan Aplikasi Antivirus

Untuk mencegah smartphone dari serangan malware atau virus, seringkali kita menggunakan aplikasi antivirus. Namun, terkadang aplikasi antivirus memiliki sistem proteksi yang sangat ketat, bahkan dapat membatasi jaringan yang dapat digunakan, termasuk jaringan WiFi.

Jika mengalami masalah ini, cobalah untuk menonaktifkan sementara antivirus yang ada di ponsel. Kemudian, coba sambungkan kembali ponsel ke jaringan WiFi yang diinginkan. Jika masih belum berhasil, kamu dapat mencoba solusi berikutnya.

6. Gunakan Aplikasi WiFi Fixer

Solusi selanjutnya untuk mengatasi masalah ponsel yang tidak dapat terhubung ke WiFi secara otomatis adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Wifi Fixer.

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya yang bersifat manual, Wifi Fixer adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memperbaiki masalah WiFi di ponsel. Aplikasi ini dapat memperkuat sinyal WiFi, menganalisis jaringan, serta mempercepat koneksi WiFi. Wifi Fixer dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

7. Melakukan Wipe Cache Partition

Ini adalah solusi terakhir untuk mengatasi masalah ponsel Android yang tidak dapat terhubung ke WiFi. Kamu harus melakukan wipe cache partition pada ponsel Android kamu.

Jangan khawatir, karena cara ini tidak akan menghapus data yang ada di ponsel. Caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan ponsel Android kamu terlebih dahulu.
  • Setelah mati, tekan tombol Power + Volume down untuk masuk ke Recovery mode.
  • Pilih Wipe Cache partition.
  • Secara otomatis, perintah tersebut akan menghapus cache.
  • Setelah selesai, hidupkan kembali ponsel dan lakukan koneksi ulang ke WiFi.
  • Selesai.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Talkback di HP Android

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi ponsel Android yang tidak dapat terhubung ke WiFi. Tutorial ini dapat kamu praktikkan pada semua merek dan tipe ponsel Android.

Jika kamu memiliki solusi lain, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.