5 Cara Screenshot HP Vivo Y01 Panjang dan 3 Jari

Cara Screenshot HP Vivo Y01

Vivo secara resmi meluncurkan smartphone dari seri Y, yaitu Vivo Y01. Ponsel pintar kelas pemula ini dijual dengan harga Rp 1.499.000 dan sudah tersedia untuk dibeli melalui toko resmi, baik secara daring maupun dalam jaringan.

Meskipun berada di kelas pemula, Vivo masih membekali Y01 dengan spesifikasi yang sesuai dengan kelasnya, serta sejumlah fitur menarik di berbagai aspek.

Salah satunya adalah fitur peningkatan kinerja, yaitu Multi-Turbo 3.0, yang bertugas mengurangi stuttering dan lag saat bermain game. Fitur ini juga mengoptimalkan penggunaan CPU dan penyimpanan internal.

Selain itu, tidak ketinggalan fitur tangkapan layar yang juga hadir pada ponsel pintar Vivo kelas atas. Nah, berikut ini adalah cara menggunakan fitur tangkapan layar di Vivo Y01.

Baca juga : Cara Mengatasi Touchscreen Error di HP Android

Cara Screenshot Vivo Y01

Menggunakan Tombol Fisik

Cara yang paling umum dan sederhana untuk mengambil screenshot di ponsel Vivo Y01 adalah dengan menggunakan tombol fisik. Ini adalah metode yang sama dengan sebagian besar ponsel Android. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap. Pastikan tampilan yang ingin Anda screenshot muncul di layar ponsel Anda.
  2. Tekan tombol Volume Bawah (Volume Down) dan tombol Power (Daya) secara bersamaan. Tombol Volume Bawah biasanya terletak di sisi kiri ponsel, sedangkan tombol Power terletak di sisi kanan atau atas.
  3. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik. Biasanya, dalam beberapa detik, Anda akan mendengar suara shutter kamera dan melihat kilatan layar. Ini menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  4. Screenshot Anda akan tersedia di galeri foto ponsel Anda atau dalam folder khusus Screenshots. Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi galeri.

Menggunakan Gesture Tiga Jari

Vivo Y01 mendukung fitur Gesture Tiga Jari yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mudah. Fitur ini memerlukan sedikit konfigurasi awal, jadi pastikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) di ponsel Anda.
  2. Cari opsi System & Accessibility.
  3. Pilih opsi Shortcuts & Gestures.
  4. Pilih Three-Finger Swipe.
  5. Aktifkan opsi Gesture Tiga Jari. Ini akan memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mengusap tiga jari pada layar.
  6. Kembali ke layar utama dan buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap.
  7. Usap tiga jari Anda dari atas ke bawah pada layar. Ini akan memicu ponsel Anda untuk mengambil screenshot.
  8. Screenshot Anda akan tersedia di galeri foto ponsel Anda atau dalam folder Screenshots.

Menggunakan S-Capture

S-Capture adalah fitur bawaan Vivo yang memudahkan pengguna mengambil screenshot dan melakukan banyak tugas lainnya. Inilah langkah-langkah untuk menggunakan S-Capture di Vivo Y01:

  1. Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.
  2. Tarik status bar dari atas layar untuk membuka menu notifikasi.
  3. Temukan dan ketuk opsi S-Capture. Biasanya, Anda akan menemukannya dalam daftar opsi notifikasi.
  4. Pilih Screenshot. Ini akan memicu ponsel Anda untuk mengambil screenshot.
  5. Screenshot Anda akan tersedia di galeri foto ponsel Anda atau dalam folder Screenshots.

Melalui Fitur Easy Touch

Easy Touch adalah salah satu fitur yang memudahkan pengguna ponsel Vivo untuk mengakses berbagai pintasan, termasuk mengambil screenshot. Fitur ini mirip dengan Assistive Touch di iPhone atau Bola Pintas di ponsel Xiaomi. Dengan Sentuhan Mudah, Anda dapat dengan cepat mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik.

Berikut adalah cara mengaktifkan dan menggunakan Sentuhan Mudah di ponsel Vivo:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Vivo Anda.
  2. Pilih menu Pintasan dan Aksesibilitas.
  3. Cari opsi Sentuhan Mudah dan aktifkan fitur ini.
  4. Di sebelah kanan layar, Anda akan melihat panel Sentuhan Mudah. Anda dapat menarik panel ini ke tengah layar atau cukup menekannya untuk membukanya.
  5. Di dalam panel Sentuhan Mudah, pilih opsi Tangkapan Layar untuk mengambil screenshot.

Dengan Sentuhan Mudah, Anda juga dapat mengakses berbagai pintasan cepat lainnya, seperti mengunci layar, mengaktifkan senter, menjalankan perekam layar, dan banyak lagi. Jadi, Anda dapat menyesuaikan penggunaan "Sentuhan Mudah" sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga dapat mengubah pengaturan Sentuhan Mudah melalui opsi yang tersedia dalam panel Sentuhan Mudah. Dengan fitur ini, pengguna ponsel Vivo dapat dengan mudah mengambil screenshot dan mengakses berbagai fungsi ponsel tanpa harus repot menggunakan tombol fisik.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain metode bawaan di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi tangkapan layar pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi populer untuk ini termasuk Screenshot Easy, Super Screenshot, dan Screen Master. Setelah mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi ini, Anda akan memiliki lebih banyak opsi untuk mengambil dan mengedit screenshot sesuai keinginan.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Penutup

Mengambil screenshot di Vivo Y01 adalah tugas yang cukup mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa metode yang berbeda. Anda dapat menggunakan tombol fisik, fitur Gesture Tiga Jari, S-Capture, atau bahkan aplikasi pihak ketiga, tergantung pada preferensi Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menangkap momen penting, berbagi informasi, atau menyimpan konten yang Anda butuhkan. Semoga panduan ini membantu Anda memaksimalkan penggunaan Vivo Y01 Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.