Cara Screenshot di HP Samsung Galaxy Z Fold4 Tombol, Gesture

Screenshot Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4 merupakan salah satu ponsel dengan desain layar lipat yang unik dan mewah. Ketika layar lipatnya dibuka, ponsel ini dapat digunakan seperti tablet, cocok untuk multitasking dan bermain game.

Dengan desain yang berbeda, Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian ketika ingin mengambil screenshot di layar yang lebar ini. Berikut beberapa metode untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4 yang dapat Anda coba.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy M52 5G Panjang dan Tanpa Tombol

Cara Screenshot Samsung Galaxy Z Fold4

1. Dengan Kombinasi Tombol Fisik

Sebelum melakukan tangkapan layar atau screenshot, pastikan Anda telah menentukan tampilan layar yang ingin disimpan. Tampilan layar yang bisa di-screenshot mencakup artikel, gambar dari halaman web, percakapan, dan banyak lagi.

Untuk melakukan screenshot, cukup tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan pada sisi kanan perangkat Anda.

Tahan kedua tombol tersebut sampai layar berkedip. Ketika layar berkedip, itu menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Beberapa ponsel Samsung biasanya akan menampilkan layar putih sesaat seperti kilatan lampu.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu berarti Anda mungkin menekan tombol terlalu lama atau mungkin kedua tombol tersebut tidak ditekan bersamaan.

Namun, jika metode ini tidak berfungsi, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4.

Jika Anda sudah mencoba kedua langkah di atas, Anda dapat memeriksa hasil screenshot dengan masuk ke Galeri HP Anda. Di beberapa ponsel Samsung, hasil screenshot akan otomatis disimpan dalam album khusus untuk screenshot.

Jika Anda merasa bahwa cara menekan tombol fisik cukup merepotkan, terutama mengingat ukuran besar HP ini, Anda dapat mencoba metode umum yang lebih mudah, yaitu dengan menekan ikon screenshot yang ada dalam bar notifikasi.

Berikut caranya:

  • Tentukan tampilan layar yang ingin Anda screenshot di HP Anda.
  • Tarik ke bawah dari bagian atas layar untuk membuka bar notifikasi.
  • Cari ikon screenshot dalam bar notifikasi. Ikon ini mungkin berupa gunting atau lembar kertas, tergantung pada model ponsel Anda.
  • Ketika Anda mengetuk ikon screenshot, proses pengambilan screenshot akan otomatis dimulai. Hasil screenshot akan tersimpan dalam galeri HP Anda.

Menurut saya, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Fold4. Anda hanya perlu mengetuk ikon di layar melalui bar notifikasi. Cara ini tentu tidak akan merusak tombol fisik di HP Anda.

2. Dengan Gesture

Anda juga bisa melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol fisik. Namun, untuk bisa menggunakan metode ini, Anda perlu mengaktifkan fitur Gestur terlebih dahulu dalam pengaturan. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Gestur dan mengambil tangkapan layar dengan fitur ini:

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan pada perangkat Anda. Selanjutnya, masuk ke Pengaturan Lanjutan > Gerakan dan Gestur. Dalam tampilan ini, aktifkan pilihan "Usapkan Telapak Tangan untuk Mengambil" (Palm Swipe to Capture). Pastikan toggle berada di sebelah kanan dengan latar biru, yang menandakan bahwa fitur ini telah diaktifkan.

Setelah Anda mengikuti semua langkah di atas dan mengaktifkan Gestur, Anda hanya perlu melambaikan tangan di atas layar untuk mengambil tangkapan layar dengan metode ini. Pastikan tangan Anda berada dalam posisi terbuka seperti saat hendak bersalaman atau menampar.

Posisikan tangan di ujung kanan ponsel, lalu goyangkan tangan Anda ke arah kiri. Anda juga bisa menggunakan tangan kiri dengan gerakan yang berlawanan. Jika metode ini berhasil, layar akan menjadi putih sebentar, dan hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di galeri.

3. Menu Asisten

Selain beberapa metode di atas, Anda juga dapat melakukan screenshot di HP Samsung dengan cara yang lebih mudah dan cepat, yaitu dengan menggunakan Menu Asisten. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan Menu Asisten di perangkat Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan pada Samsung Galaxy Z Fold4 Anda. Selanjutnya, pilih menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan. Aktifkan Menu Asisten dengan menggeser tombol toggle ke posisi aktif.

Setelah Anda mengaktifkan Menu Asisten, akan muncul tombol melayang berupa ikon 4 kotak di layar. Jika Anda menekan ikon ini, akan muncul beberapa tombol pintasan, salah satunya berguna untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Tombol pintasan untuk mengambil tangkapan layar dalam Menu Asisten biasanya berbentuk gambar layar. Jika Anda tidak melihat ikon ini, Anda dapat menambahkan atau menguranginya sesuai kebutuhan dengan mudah.

Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan Menu Asisten, masuk ke tampilan layar yang ingin Anda screenshot. Setelah itu, ketuk ikon kotak Menu Asisten, dan kemudian ketuk ikon gambar layar untuk mengambil tangkapan layar.

Dengan metode ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Fold4 tanpa harus menggunakan tombol fisik. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk menyesuaikan tombol pintasan Menu Asisten sesuai preferensi Anda.

4. Perintah Suara

Anda juga dapat melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol dengan mengaktifkan aplikasi Bixby atau Google Assistant. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menggunakan Bixby

  • Pergi ke halaman yang ingin Anda tangkap gambarnya di layar.
  • Aktifkan Bixby dengan cara menekan tombol di sisi HP Samsung Galaxy Z Fold4 atau dengan mengatakan "Hi, Bixby".
  • Untuk melakukan screenshot, katakan "Take a screenshot".

Menggunakan Google Assistant

  • Pergi ke halaman yang ingin Anda tangkap gambarnya.
  • Aktifkan Google Assistant dengan mengatakan "OK, Google".
  • Untuk melakukan screenshot, katakan "Take a screenshot".

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar menggunakan Bixby atau Google Assistant tanpa harus menyentuh tombol fisik pada perangkat Anda.

5. Flex Mode

Samsung Galaxy Z Fold4 hadir dengan desain layar lipat yang unik. Anda dapat menggunakan layar ketika perangkat dilipat atau menggunakan layar utama yang dapat dibuka. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot pada layar yang terbuka di Samsung Galaxy Z Fold4:

  • Untuk menggunakan mode Flex, buka Pengaturan (Settings).
  • Pilih "Advanced Feature" (Fitur Lanjutan).
  • Tekan "Flex Mode" (Mode Flex) dan aktifkan aplikasi yang Anda butuhkan.
  • Ketika Anda ingin mengambil screenshot dengan layar yang terbuka, buka halaman atau tampilan yang ingin Anda tangkap.
  • Lipat layar hingga mencapai sudut 90 derajat.
  • Jika Mode Flex aktif, Anda akan melihat beberapa pilihan dan alat di sisi layar bagian bawah. Cari ikon screenshot dalam toolbar ini.
  • Tekan ikon screenshot tersebut hingga layar berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot pada layar yang terbuka pada Samsung Galaxy Z Fold4 saat berada dalam mode Flex.

Baca juga : Cara Merekam Suara di HP Xiaomi dengan Mic Eksternal

6. Aplikasi Tambahan

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Fold4. Berikut beberapa rekomendasi aplikasinya.

  • Screenshot by Splend Apps

Screenshot oleh Splend Apps adalah aplikasi yang menawarkan kemudahan dan kepuasan dalam pengambilan tangkapan layar. Aplikasi ini menyediakan tombol overlay yang dapat diatur sesuai preferensi Anda, dan Anda dapat memilih untuk mengambil tangkapan layar melalui pemberitahuan atau tombol fisik seperti yang biasa Anda gunakan.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah kemampuan pengaturan hitung mundur sebelum mengambil tangkapan layar. Anda dapat menentukan berapa lama waktu hitung mundur yang Anda inginkan sebelum tampilan layar diambil.

Setelah tangkapan layar selesai, hasilnya akan tersedia di galeri HP Anda. Anda juga memiliki opsi untuk sedikit mengedit tangkapan layar atau berbagi mereka ke media sosial. Dengan demikian, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur berguna untuk mengambil dan mengelola tangkapan layar Anda.

  • Screenshot Quick by DM Tech

Screenshot Quick adalah salah satu aplikasi screenshot Android yang memiliki ukuran kecil dan antarmuka yang sederhana. Seperti aplikasi sebelumnya, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan berbagai metode, termasuk menggunakan tombol overlay, gerakan perangkat, ikon di bar pemberitahuan, atau tombol fisik.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat kualitas hasil tangkapan layar. Ada pilihan enam tingkat kualitas yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, aplikasi ini mendukung format file PNG dan JPG, dan hasil tangkapan layar disimpan dalam album khusus.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengambil tangkapan layar secara berturut-turut. Fitur ini sangat berguna ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar dari video atau situasi di mana Anda memerlukan serangkaian tangkapan layar.

Dengan berbagai metode dan fitur yang disediakan, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar sesuai kebutuhan Anda pada Samsung Galaxy Z Fold4.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.