4 Cara Screenshot di HP Vivo V23e dan V23 5G

Cara Screenshot Vivo V23e dan V23 5G

Vivo V23e dan Vivo V23 5G telah secara resmi tersedia di pasar Indonesia. Pada kesempatan ini, Rancah Post akan membahas dengan detail cara mengambil tangkapan layar pada Vivo V23e dan V23 5G.

Sebenarnya, Anda tidak perlu bingung, karena metode untuk mengambil tangkapan layar di kedua ponsel ini cukup sederhana dan dapat dilakukan melalui beberapa cara.

Cara mengambil tangkapan layar pada Vivo V23e dan Vivo V23 5G terdiri dari empat opsi yang berbeda, yaitu menggunakan tombol fisik, S-Capture, Sentuhan Mudah, dan Gesture 3 Jari.

Anda dapat memilih sendiri metode mana yang ingin Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar pada kedua ponsel ini.

Baca juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Google Chrome

Cara Screenshot Vivo V23e dan V23 5G

Menggunakan Tombol Fisik

Salah satu cara paling umum dan sederhana untuk mengambil screenshot di Vivo V23e dan V23 5G adalah dengan menggunakan tombol fisik. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot. Pastikan tampilan yang ingin Anda tangkap muncul di layar ponsel Anda.
  • Tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan. Tombol Volume Bawah biasanya terletak di sisi kiri ponsel, sedangkan tombol Power terletak di sisi kanan atau atas.
  • Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik. Biasanya, setelah beberapa detik, Anda akan mendengar suara shutter kamera dan melihat kilatan layar. Ini menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  • Screenshot Anda akan tersedia di galeri atau dalam folder screenshot. Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi galeri di ponsel Anda.

Menggunakan Gesture 3 Jari

Vivo V23e dan V23 5G juga mendukung fitur Gesture 3 Jari yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah. Berikut cara mengaktifkan dan menggunakannya:

  • Buka aplikasi Pengaturan (Settings) di ponsel Anda.
  • Cari opsi "Pintasan dan Gestur" atau "Shortcut and Gestures". Biasanya, Anda dapat menemukan ini di bagian "Pantauan dan Keseimbangan" (Accessibility).
  • Pilih opsi "Gestur 3 Jari untuk Screenshot" atau "Three-Finger Swipe for Screenshot".
  • Sekarang Anda dapat mengambil screenshot dengan menggeser tiga jari Anda dari atas ke bawah di layar ponsel Anda. Setelah melakukan gestur ini, Anda akan mendengar suara shutter kamera dan melihat kilatan layar yang menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  • Screenshot Anda akan tersedia di galeri atau dalam folder screenshot.

Menggunakan S-Capture

Vivo V23e dan V23 5G juga menyertakan fitur S-Capture yang memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot. Inilah cara menggunakannya:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.
  • Tarik status bar ke bawah dari bagian atas layar untuk membuka menu notifikasi.
  • Temukan opsi "S-Capture" atau "Tangkapan Layar." Biasanya, Anda dapat menemukannya di bagian pemberitahuan.
  • Pilih opsi "Tangkapan Layar" atau "Screenshot." Ini akan memicu ponsel Anda untuk mengambil screenshot.
  • Screenshot Anda akan tersedia di galeri atau dalam folder screenshot.

Menggunakan Menu Navigasi

Vivo V23e dan V23 5G juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot melalui menu navigasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.
  • Gulir layar dari atas ke bawah untuk membuka menu navigasi. Menu navigasi biasanya terletak di bagian atas layar.
  • Temukan opsi "Screenshot" atau "Tangkapan Layar". Ini akan tergantung pada versi Android yang digunakan oleh ponsel Anda.
  • Klik opsi Screenshot. Ponsel Anda akan segera mengambil screenshot.
  • Screenshot Anda akan tersedia di galeri atau dalam folder screenshot.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain metode bawaan di atas, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi tangkapan layar pihak ketiga yang dapat Anda unduh dari Google Play Store. Beberapa aplikasi populer untuk ini termasuk Screenshot Easy, Super Screenshot, dan Screen Master. Aplikasi ini sering kali memiliki fitur tambahan dan opsi penyuntingan yang lebih canggih.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Penutup

Mengambil screenshot di Vivo V23e dan V23 5G adalah tugas yang mudah berkat berbagai metode yang tersedia. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Dengan kemampuan ini, Anda dapat dengan mudah berbagi momen penting, informasi, atau apa pun yang Anda temukan di ponsel Anda.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai metode yang telah dijelaskan di atas dan temukan yang paling cocok untuk Anda. Semoga artikel ini membantu Anda memahami cara mengambil screenshot di Vivo V23e dan V23 5G Anda. Selamat mencoba!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.