5 Cara Screenshot Samsung Note 20 dan Note 20 Ultra

Screenshot Samsung Note 20 dan Note 20 Ultra

Samsung Galaxy Note 20 dan Samsung Galaxy Note 20 Ultra adalah dua perangkat canggih yang menawarkan berbagai fitur dan kemampuan luar biasa kepada penggunanya. Salah satu fungsi dasar yang sering digunakan adalah mengambil tangkapan layar atau screenshot.

Dalam Tutorial ini, kita akan membahas berbagai cara untuk mengambil screenshot pada Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, termasuk menggunakan tombol perangkat, gestur, dan S Pen.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy M13, Praktis dan Cepat!

Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra

1. Menggunakan Tombol

Cara termudah dan paling umum untuk mengambil tangkapan layar pada Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra adalah dengan menggunakan tombol perangkat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  • Tekan tombol Volume Bawah (biasanya yang terletak di sebelah kiri perangkat) dan tombol Power (biasanya yang terletak di sebelah kanan perangkat) secara bersamaan. Anda perlu menekan keduanya selama beberapa detik.
  • Setelah Anda menekan kedua tombol, layar perangkat Anda akan berkedip sebentar, dan Anda akan mendengar suara shutter atau kamera yang menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  • Screenshot yang baru saja diambil akan tersimpan di aplikasi Galeri perangkat Anda. Anda dapat membukanya dan mengedit atau berbagi sesuai kebutuhan.

Penggunaan tombol perangkat ini adalah cara yang cepat dan efisien untuk mengambil screenshot, dan ini merupakan metode yang sangat umum digunakan oleh banyak pengguna Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra.

2. Menggunakan Palm Swipe

Samsung telah mengintegrasikan gestur yang sangat berguna yang dikenal sebagai "Palm Swipe" untuk mengambil screenshot. Anda dapat mengaktifkan dan menggunakan fitur ini dengan langkah-langkah berikut.

  • Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Anda.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi "Gestur dan Gerakan" atau "Gestures and Motions".
  • Temukan opsi yang disebut "Palm Swipe to Capture" dan aktifkan tombol pengalihan (toggle) di sebelahnya.
  • Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  • Lihatlah tampilan layar Anda, lalu letakkan tangan Anda di atas layar dengan telapak tangan terbuka dan geser telapak tangan dari sisi kiri ke sisi kanan layar. Ini akan membuat perangkat Anda mengambil screenshot.
  • Setelah Anda melakukan gestur palm swipe, layar perangkat Anda akan berkedip sebentar, dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  • Screenshot yang baru saja diambil akan tersimpan di aplikasi Galeri perangkat Anda, siap untuk diedit atau dibagikan.

Fitur Palm Swipe adalah cara yang nyaman untuk mengambil screenshot jika Anda lebih suka menggunakan gestur daripada tombol perangkat. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah hanya dengan menggeser tangan Anda di atas layar.

3. Dengan Fitur Scroll Capture

Jika Anda perlu mengambil screenshot dari tampilan layar yang lebih panjang, seperti halaman web atau percakapan yang memerlukan beberapa guliran, Samsung menyediakan fitur Scroll Capture yang sangat berguna. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot panjang.
  • Untuk memulai proses, Anda dapat menggunakan tombol Volume Bawah dan Power seperti yang dijelaskan sebelumnya untuk mengambil screenshot biasa.
  • Setelah Anda mengambil screenshot pertama, Anda akan melihat opsi "Scroll Capture" atau "Capture More" muncul di layar Anda. Ketuk opsi ini.
  • Setelah Anda mengetuk "Scroll Capture", tampilan layar akan mulai digulirkan secara otomatis. Anda dapat menghentikan guliran kapan saja dengan mengetuk tombol "Stop".
  • Setelah tampilan layar selesai digulirkan sesuai keinginan Anda, Anda dapat mengecek dan mengedit screenshot panjang ini di aplikasi Galeri perangkat Anda.

Fitur Scroll Capture adalah pilihan yang sangat berguna ketika Anda perlu mengambil screenshot dari tampilan layar yang lebih panjang, dan Anda ingin menyimpan semuanya dalam satu gambar. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan lebih efisien.

Baca juga : Kode Cek HP OPPO Asli untuk Semua Tipe dan Fungsinya

4. Menggunakan S Pen

Salah satu fitur andalan dari Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra adalah S Pen. S Pen tidak hanya berguna untuk menulis dan menggambar, tetapi juga dapat digunakan untuk mengambil screenshot. Berikut adalah cara melakukannya.

  • Keluarkan S Pen dari slotnya.
  • Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  • Dengan S Pen dalam posisi siap digunakan, tekan tombol di S Pen dan geser S Pen di atas layar dari sisi kiri ke sisi kanan. Ini akan membuat perangkat Anda mengambil screenshot.
  • Setelah Anda melakukan gestur dengan S Pen, layar perangkat Anda akan berkedip sebentar, dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  • Screenshot yang baru saja diambil dengan S Pen akan tersimpan di aplikasi Galeri perangkat Anda.

Menggunakan S Pen adalah cara yang nyaman dan presisi untuk mengambil screenshot. Ini adalah salah satu fitur unik yang membedakan Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra dari perangkat lain.

Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra menyediakan beberapa cara yang berbeda untuk mengambil screenshot. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, baik itu menggunakan tombol perangkat, gestur seperti Palm Swipe, fitur Scroll Capture untuk screenshot panjang, atau bahkan S Pen untuk hasil yang presisi. 

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.