Cara Screenshot Samsung Galaxy M13, Praktis dan Cepat!

Cara Screenshot Samsung Galaxy M13

Samsung telah merilis smartphone entry-level terbarunya dalam seri M, yakni Galaxy M13. Perangkat ini hadir dengan layar PLS LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Di sisi performa, Galaxy M13 ditenagai oleh prosesor Exynos 850 dengan pilihan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64/128GB. Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan One UI Core 4.1, yang membawa sejumlah fitur tambahan, termasuk fitur tangkapan layar.

Fitur tangkapan layar atau screenshot sangat penting, karena memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dari layar ponsel mereka. Berikut adalah cara mengambil tangkapan layar pada Samsung Galaxy M13.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra

Cara Screenshot Samsung Galaxy M13 dengan Kombinasi Tombol Fisik

Cara termudah untuk mengambil screenshot adalah dengan menggunakan tombol kombinasi. Ini adalah metode yang berlaku untuk sebagian besar ponsel Android, termasuk Samsung Galaxy M13. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Navigasi ke tampilan layar yang ingin Anda screenshot.
  2. Tekan tombol Volume Down (turunkan volume) dan tombol Power (tombol daya) secara bersamaan. Keduanya terletak di sisi ponsel Anda.
  3. Tahan tombol-tombol tersebut sejenak, dan Anda akan mendengar suara shutter, dan layar akan berkedip. Itu berarti screenshot telah diambil.
  4. Anda akan melihat tangkapan layar yang diambil di bilah notifikasi. Anda juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi Galeri.

Cara Screenshot Samsung Galaxy M13 dengan Mode Gesture

Samsung Galaxy M13 dilengkapi dengan fitur Gesture Lengan, yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot hanya dengan menggesekkan telapak tangan di atas layar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi "Gerakan & Gestur".
  3. Aktifkan "Gesekan telapak tangan untuk tangkapan layar".
  4. Setelah diaktifkan, cukup gesekkan telapak tangan dari sisi kiri ke sisi kanan layar, dan tangkapan layar akan diambil.

Cara Screenshot Samsung Galaxy M13 Melalui Menu Asisten

Asisten Google adalah alat yang sangat berguna yang ada di hampir semua perangkat Android. Anda dapat mengambil screenshot dengan perintah suara menggunakan Asisten Google. Lakukan hal berikut:

  1. Ucapkan "Hey Google" atau tekan dan tahan tombol Home untuk mengaktifkan Asisten Google.
  2. Kemudian katakan, "Ambil tangkapan layar."
  3. Asisten Google akan mengambil tangkapan layar untuk Anda.
  4. Anda akan menemukan screenshot yang diambil di aplikasi Galeri.

Baca juga : Cara Menghilangkan Prediksi dan Koreksi Teks Otomatis di Keyboard HP Android

Cara Screenshot Panjang di Samsung Galaxy M13

  1. Pertama, buka pengaturan pada ponsel Samsung Galaxy M13 Anda.
  2. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Fitur Lanjutan" dan ketuk untuk masuk.
  3. Di dalam "Fitur Lanjutan," Anda akan menemukan berbagai pilihan. Cari dan ketuk opsi "Gambar Layar dan Perekam Layar".
  4. Setelah masuk ke "Gambar Layar dan Perekam Layar," cari opsi "Bilah Alat Gambar Layar" dan aktifkan opsi ini.
  5. Sekarang, Anda dapat memilih area layar yang ingin Anda tangkap. Pilih area yang dapat digulir sesuai kebutuhan Anda.
  6. Setelah memilih area yang ingin Anda tangkap, gunakan metode screenshot yang biasa Anda gunakan pada Samsung Galaxy M13. Ini bisa berupa menekan tombol kombinasi, menggunakan gesture lengan, atau metode lainnya.
  7. Setelah Anda mengambil screenshot, Anda akan melihat munculnya Bilah Alat Gambar Layar di layar ponsel Anda.
  8. Di Bilah Alat Gambar Layar, cari dan ketuk ikon anak panah ke bawah. Ini adalah ikon yang akan membantu Anda membuat screenshot panjang.
  9. Setelah Anda mengetuk ikon anak panah ke bawah, Anda dapat menggesek layar ke bawah untuk memanjang screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengetuk beberapa kali untuk merekam tampilan layar secara bertahap.
  10. Setelah Anda telah memanjangkan screenshot sesuai keinginan Anda, Anda telah berhasil mengambil screenshot panjang. Anda sekarang dapat menggunakannya atau membagikannya sesuai kebutuhan Anda.

Demikianlah, begitulah cara yang mudah untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar pada perangkat Samsung Galaxy M13. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda menguasai teknik mengambil screenshot pada ponsel Anda. Jadi, tidak ada lagi kesulitan saat ingin menyimpan tampilan layar yang penting atau berbagi informasi dengan teman dan keluarga.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.