3 Cara Screenshot HP Samsung Galaxy Z Fold3 5G

 

Screenshot Samsung Galaxy Z Fold3

Screenshot, atau pengambilan tangkapan layar, adalah fitur dasar yang wajib ada dalam sebuah smartphone, baik itu Android maupun Apple iPhone. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengambil informasi dari situs web atau media sosial tanpa perlu mencatatnya secara manual.

Biasanya, cara mengakses fitur screenshot mirip di antara berbagai ponsel, terutama jika mereka berasal dari produsen yang sama. Namun, HP seperti Samsung Galaxy Z Fold3 memiliki faktor bentuk layar yang berbeda dari smartphone Samsung lainnya. HP ini memiliki faktor bentuk layar lipat, bukan layar datar seperti smartphone konvensional.

Maka dari itu, apakah perbedaan faktor bentuk ini memengaruhi cara mengambil tangkapan layar di HP tersebut? Untuk menjawabnya, berikut adalah cara mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Fold3.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A54 Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Samsung Galaxy Z Fold3

1. Screenshot Layar Sampul

Pastikan HP dalam keadaan menyala dan tidak terkunci. Meskipun Anda dapat mengambil tangkapan layar ketika ponsel dikunci, yang ini akan memberi Anda lebih banyak kontrol dan fleksibilitas.

Buka tampilan yang ingin Anda tangkap, bisa berupa menu di dalam ponsel, halaman web, obrolan di aplikasi pesan, atau yang lainnya.

Sekarang, langkah penting berikutnya adalah menekan kedua tombol secara bersamaan. Untuk mempermudah, Anda dapat menggunakan jari telunjuk tangan kanan untuk menekan tombol volume bawah, dan jari tengah tangan kanan untuk menekan tombol daya.

Tangan kiri Anda dapat digunakan untuk menstabilkan ponsel agar tidak bergerak. Cara ini efektif jika ponsel Anda diletakkan di atas meja. Namun, jika Anda menggenggam ponsel, Anda dapat menekan tombol daya dengan ibu jari tangan kanan dan tombol volume bawah dengan jari tengah tangan kiri.

Setelah Anda menekan kedua tombol secara bersamaan, Anda akan melihat pratinjau tangkapan layar. Di sebelahnya, ada berbagai opsi penyesuaian yang dapat Anda pilih. Misalnya, jika Anda ingin tangkapan layar yang panjang, tekan ikon dengan simbol dua panah ke bawah. Anda dapat menyesuaikan durasi menekan ikon tersebut untuk mengatur panjang tangkapan layar.

Selain itu, Anda dapat menambahkan hashtag dengan menekan ikon "#," dan Anda juga dapat menggunakan ikon dengan simbol potong dan pensil untuk memotong gambar atau menambahkan tulisan, coretan, dan warna.

Langkah keempat bersifat opsional. Anda dapat memilih untuk menyimpan hasil tangkapan layar atau langsung membagikannya. Jika Anda memilih untuk menyimpan, tekan tombol "Kembali" untuk menyimpannya di memori.

Hasil tangkapan layar juga dapat langsung dibagikan dengan menekan ikon yang ada di sebelah kanan.

2. Screenshot Layar Penuh

Pastikan ponsel Anda dalam keadaan menyala dan tidak terkunci. Meskipun Anda dapat mengambil tangkapan layar ketika ponsel dalam keadaan terkunci, langkah-langkah ini memberikan lebih banyak kontrol dan fleksibilitas.

Buka tampilan yang ingin Anda tangkap, bisa berupa menu di dalam ponsel, halaman web, obrolan di aplikasi pesan, atau lainnya.

Anda dapat menekan dua tombol, yaitu tombol daya dan tombol volume bawah, dengan cara apa pun, selama keduanya ditekan secara bersamaan.

Ada dua metode yang dapat Anda coba. Pertama, jika ponsel Anda berada di atas meja, gunakan jari telunjuk tangan kanan untuk menekan tombol volume bawah, dan gunakan jari tengah tangan kanan untuk menekan tombol daya. Sementara itu, gunakan tangan kiri sebagai penahan agar ponsel tidak bergeser.

Metode kedua adalah ketika Anda menggenggam ponsel. Gunakan tangan kiri untuk menggenggam ponsel, kemudian gunakan ibu jari tangan kanan untuk menekan tombol daya, dan jari telunjuk tangan kanan untuk menekan tombol volume bawah.

Setelah Anda menekan kedua tombol secara bersamaan, hasil pratinjau tangkapan layar akan muncul. Di sebelah pratinjau, ada menu penyesuaian yang dapat Anda pilih. Misalnya, jika Anda ingin tangkapan layar yang panjang, tekan ikon dengan simbol dua panah ke bawah. Anda dapat menyesuaikan durasi menekan ikon tersebut untuk mengatur panjang tangkapan layar.

Anda juga dapat menambahkan hashtag dengan menekan ikon "#" dan Anda dapat menggunakan ikon dengan simbol pemotongan dan pensil untuk memotong gambar atau menambahkan tulisan, coretan, dan warna.

Langkah keempat bersifat opsional. Anda dapat memilih untuk menyimpan hasil tangkapan layar atau langsung membagikannya. Jika Anda memilih untuk menyimpan, cukup tekan tombol "Kembali" untuk menyimpannya di memori.

Hasil tangkapan layar juga dapat langsung dibagikan dengan menekan ikon yang ada di bagian paling kanan.

Baca juga : Kode Cek HP Xiaomi Lengkap Beserta Fungsinya

3. Screenshot dengan Fitur Palm Swipe

Samsung memiliki cara modern untuk mengambil tangkapan layar menggunakan fitur Palm Swipe, yang mungkin tidak diaktifkan secara default. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Usapkan ujung atas layar ponsel dari atas ke bawah, lalu ketuk ikon roda gigi di pojok kanan atas layar.
  • Gunakan ikon pencarian di bagian atas profil pemilik ponsel, dan cari kata kunci "Palm Swipe".
  • Setelah menemukan fitur "Palm Swipe to capture", pastikan sakelar di sebelah kanan tulisan tersebut sudah dalam posisi aktif, ditandai dengan posisi sakelar yang bergeser ke arah kanan.
  • Siapkan tampilan yang ingin Anda tangkap. Setelah itu, usap atau sapu tepi layar dari kiri ke kanan, atau sebaliknya.

Anda dapat melakukan usapan dengan berbagai cara, tetapi kami merekomendasikan tips berikut. Saat ponsel dalam posisi dibentangkan, gunakan telapak tangan bagian bawah yang sejajar dengan jari kelingking untuk melakukan usapan. Ketika ponsel dilipat, cukup gunakan jari telunjuk untuk melakukan usapan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengambil tangkapan layar di HP Samsung Galaxy Z Fold3. Pada dasarnya, langkah-langkahnya mirip dengan ponsel Samsung lainnya. Namun, karena form factor HP ini yang berbeda, ada beberapa metode khusus yang dapat memudahkan Anda dalam mengambil tangkapan layar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.