2 Cara Screenshot Samsung Galaxy A54 Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Samsung Galaxy A54

Screenshot, atau yang sering disebut SS (Tangkapan Layar), adalah cara untuk mengambil gambar dari layar ponsel atau komputer. Jika Anda ingin mengetahui berbagai metode screenshot Samsung A54, termasuk yang panjang atau menggunakan tiga jari (Swipe), kami akan memberikan panduan lengkapnya.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin screenshot layar HP Samsung Galaxy A54. Salah satunya adalah untuk menyimpan bukti, seperti tangkapan layar percakapan. Selain itu, Anda mungkin ingin mengabadikan momen khusus sebagai pengingat di masa depan.

Ada banyak alasan lain yang mungkin Anda miliki. Mungkin Anda ingin mendokumentasikan tampilan video, misalnya. Di sini, kami akan menjelaskan cara screenshot Samsung Galaxy A54 dengan tiga jari dan membuat tangkapan layar yang lebih panjang, tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau mode Scroll.

Baca juga : Cara Screenshot HP Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Cara Screenshot Panjang Samsung Galaxy A54

Hampir semua ponsel Android dan iOS/iPhone saat ini dilengkapi dengan fitur tangkapan layar yang menjadi standar dan sangat penting. Tetapi, tidak semua ponsel memiliki cara yang sama untuk mengambil tangkapan layar. Sebagai contoh, pada Samsung Galaxy A54, Anda dapat menggunakan dua metode berbeda.

Metode pertama adalah metode standar, di mana Anda perlu menekan tombol Daya dan tombol Volume Bawah (-) secara bersamaan. Hasil tangkapan layar akan muncul sesaat di pojok kanan atas layar ponsel Anda selama sekitar 3 hingga 5 detik.

Ada dua opsi yang dapat Anda pilih setelah mengambil tangkapan layar, yaitu "Scroll" dan "Send." Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar yang panjang, seperti tangkapan layar seluruh halaman web, Anda dapat memilih "Scroll." Dengan opsi ini, layar akan otomatis bergulir ke bawah untuk menangkap seluruh kontennya.

Untuk menyimpan tangkapan layar, Anda tidak perlu melakukan apa-apa setelah mengambilnya. Semua hasil tangkapan layar akan disimpan secara otomatis di galeri ponsel Anda. Anda dapat mengeditnya, menyimpannya, atau membagikannya ke berbagai platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan lainnya.

Baca juga : Cara Menentukan Arah Kiblat di HP Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Samsung Galaxy A54 dengan 3 Jari

Untuk metode kedua, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan tiga jari pada Samsung Galaxy A54 menggunakan sebuah aplikasi tambahan jika fitur bawaan ponsel tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

Pertama-tama, instal aplikasi bernama "Screenshot Touch," yang tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini dikembangkan oleh Daejeong Kim dan telah digunakan oleh banyak pengguna Android.

Setelah berhasil menginstal aplikasi, buka aplikasi "Screenshot Touch." Selanjutnya, Anda dapat mengatur preferensi sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan berbagai metode, termasuk dengan mengusap layar atau dengan menggoyangkan ponsel.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda dapat mengedit gambar sesaat setelah berhasil mengambil tangkapan layar. Antarmuka aplikasinya ringan, mudah untuk dinavigasi, dan tidak menghabiskan terlalu banyak ruang memori ponsel Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar yang panjang atau menggunakan tiga jari pada Samsung Galaxy A54, baik dengan atau tanpa aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau kebingungan, jangan ragu untuk mengomentari artikel ini. Semoga panduan ini bermanfaat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.