4 Cara Mengambil Screenshot Xiaomi Redmi 9T, Mudah dan Praktis!

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi Redmi 9T adalah pilihan terbaik bagi mereka yang mencari perangkat dengan spesifikasi mirip dengan Poco M3, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Dibuat untuk memenuhi kebutuhan segmen entry-level, Redmi 9T menjadi solusi bagi konsumen Indonesia yang menginginkan smartphone berkualitas di bawah 2 juta rupiah, namun dengan kekuatan prosesor Snapdragon yang handal.

Perangkat ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662 yang menggunakan arsitektur 11 nm. Redmi 9T tersedia dalam dua varian RAM dan memori internal, yaitu 4/64 GB dan 6/128 GB, memberikan fleksibilitas kepada pengguna dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bagi pengguna baru yang masih belum familiar dengan cara mengambil screenshot di Xiaomi Redmi 9T, teknoindie.com akan memberikan panduan sederhana di bawah ini.

Cara Mengambil Screenshot di Xiaomi Redmi 9T

Apakah Anda memiliki Xiaomi Redmi 9T dan ingin tahu cara mengambil tangkapan layar dengan mudah? Kabar baiknya adalah Anda bisa melakukannya dengan metode yang sama seperti yang digunakan di Poco M3. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Baca juga : Cara Downgrade Android 11 ke Android 10

Melalui Tombol Fisik

Dikenal sebagai ponsel Android terkini, Redmi 9T memasukkan sensor pemindai sidik jari di samping yang juga berperan sebagai tombol daya.

Ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol daya dan volume bawah yang berada di sisi kanan perangkat, seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini.

Sebentar setelah Anda menekan kedua tombol tersebut, layar ponsel Redmi 9T akan berkedip dan hasil tangkapan layarnya akan segera tersimpan di Galeri. Anda dapat memeriksa atau menghapusnya dari sana sesuai keinginan. Dengan cara ini, penggunaan fitur screenshot pada Redmi 9T menjadi begitu mudah dan nyaman.

Bar Notifikasi

Cara alternatif kedua adalah dengan menggunakan opsi Screenshot atau Tangkapan Layar yang telah disematkan di Bar Notifikasi. Cara ini tergolong sangat praktis, Anda hanya perlu mengusap layar Anda dari atas ke bawah untuk mengungkapkan serangkaian menu yang terdapat di bar notifikasi, seperti WiFi, Bluetooth, Senter, dan lainnya.

Untuk mengambil screenshot, cukup pilih dan ketuk opsi Tangkapan Layar atau Screenshot. Setelah itu, hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan di dalam Galeri. Dengan cara ini, mengabadikan layar ponsel Anda menjadi sangat mudah dan efisien.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Android

Melalui Bola Pintas

Bola Pintas atau Quick Ball adalah tombol navigasi mengambang yang dapat mempermudah Anda dalam membuka aplikasi favorit dengan cepat.

Selain itu, Bola Pintas juga dilengkapi dengan beberapa fungsi bawaan seperti Beranda, Aplikasi Terbaru, Screenshot, dan lain-lain yang dapat Anda sesuaikan sesuai keinginan.

Untuk menggunakan Bola Pintas dalam mengambil screenshot, langkah pertama adalah membuka menu Pengaturan. Setelah itu, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik menu Bola Pintas, dan aktifkan tombol yang ada di sebelah opsi Hidupkan Bola Pintas hingga berubah menjadi warna biru.

Setelah aktivasi, Anda akan melihat bola melayang di sisi kanan layar. Untuk mengambil screenshot, cukup ketuk bola tersebut, lalu pilih opsi Screenshot yang memiliki ikon gunting. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dengan Bola Pintas.

Menggunakan 3 Jari

Cara lain untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan metode 3 Jari. Namun, mirip dengan Bola Pintas, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu melalui menu Pengaturan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu Setelan.
  2. Pilih Setelan Tambahan.
  3. Masuk ke Pintasan Tombol.
  4. Pilih Ambil Screenshot.
  5. Aktifkan tombol yang ada di samping opsi Geser ke Bawah dengan 3 Jari.

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda dapat segera mencobanya dengan mengusapkan tiga jari Anda dari atas ke bawah pada layar ponsel.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy M32

Setelah mengambil screenshot, hasilnya dapat diperiksa atau dihapus langsung dari dalam Galeri. Dengan metode ini, mengabadikan layar ponsel menjadi lebih mudah dan efisien.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.