Cara Screenshot HP Oppo A77s, Biasa dan Panjang

Cara Screenshot HP Oppo A77s

Di era modern saat ini, internet menyediakan berbagai konten menarik yang dapat dengan mudah diakses. Itulah mengapa produsen seperti OPPO memperkenalkan ponsel sehari-hari yang tangguh seperti OPPO A77s. Ponsel ini dilengkapi dengan spesifikasi yang kuat untuk pengalaman berselancar di dunia maya yang lebih menyenangkan.

Jika Anda adalah pemilik HP OPPO A77s, ada berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar dalam ponsel ini. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah dan cepat menyimpan informasi penting saat bekerja atau bermain game.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di ponsel OPPO ini. Berikut adalah metode screenshot di OPPO A77s yang dapat Anda coba.

Baca juga : Cara Cek IMEI OPPO, Apakah Resmi atau Tidak?

Cara Screenshot di HP Oppo A77s

Kombinasi Tombol Fisik

Pada umumnya, di HP Android, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol fisik. Hal ini juga berlaku pada OPPO A77s. Untuk memastikan Anda tidak salah langkah, berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil tangkapan layar dengan cara yang umum.

  • Pilih tampilan layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Pergi ke halaman atau layar yang ingin Anda abadikan.
  • Tekan tombol Daya dan tombol Volume Bawah pada sisi HP OPPO secara bersamaan.
  • Tahan kedua tombol fisik tersebut hingga layar berkedip dan Anda mendengar suara seperti "cekrek." Beberapa HP OPPO mungkin akan menampilkan layar yang sebentar berubah putih, seperti kilatan lampu.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada OPPO A77s Anda.

Control Panel

Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dengan menggunakan ikon tangkapan layar yang telah disediakan di panel kontrol OPPO A77s. Setelah Anda menemukan konten yang ingin disimpan dan sudah ditampilkan di layar, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka panel kontrol dengan cara menarik layar dari atas ke bawah.
  • Cari ikon tangkapan layar atau cuplik layar dalam panel kontrol.
  • Jika Anda tidak melihat ikon tangkapan layar, Anda mungkin perlu memeriksa pengaturan bar notifikasi. Biasanya, ikon tangkapan layar masih perlu diaktifkan. Anda dapat mengatur ulang pengaturan bar notifikasi untuk mengaktifkan ikon tangkapan layar.
  • Ketika Anda mengetuk ikon tangkapan layar, tangkapan layar akan diambil secara otomatis. Hasil tangkapan layar akan disimpan di galeri.
  • Metode ini dianggap sebagai salah satu cara yang paling nyaman untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, ini juga tidak akan merusak tombol fisik pada HP Anda karena Anda tidak perlu terlalu sering menekannya saat ingin mengambil tangkapan layar.

Biasanya, setelah mengambil tangkapan layar, Anda akan menerima notifikasi, dan gambar pratinjau akan muncul di pojok bawah layar. Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar dengan masuk ke Galeri atau dengan mengklik gambar pratinjau tersebut.

Di beberapa HP OPPO, hasil screenshot akan masuk ke dalam album gambar atau album screenshot, tergantung pada sistem Android yang digunakan.

Gesture Tiga Jari

PPO A77s didesain untuk memberikan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari, dan oleh karena itu, produsen telah menyertakan fitur-fitur bermanfaat seperti fitur gesture.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar hanya dengan melakukan gerakan tertentu pada layar HP OPPO. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Aktifkan fitur Gesture.
  • Buka menu pengaturan pada ponsel dan pilih opsi "Pengaturan Sistem".
  • Pilih opsi "Cuplikan Layar" atau "Screenshot" dan aktifkan opsi "Gesture Tiga Jari".
  • Untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser tiga jari Anda di layar dari atas ke bawah.
  • Ketika tangkapan layar berhasil diambil, layar akan berkedip atau Anda akan mendengar suara seperti saat kamera mengambil foto.
  • Hasil tangkapan layar akan tersimpan langsung di galeri.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar menggunakan fitur gesture pada OPPO A77s.

Bola Asisten

Dengan setiap pembaruan sistem, semakin banyak fitur yang disertakan dalam ponsel Android. Salah satunya adalah cara mengambil tangkapan layar dengan menggunakan fitur bola asisten, yang dianggap lebih sederhana karena tidak memerlukan tombol fisik dan tidak memerlukan gerakan tangan yang rumit.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, Anda perlu mengaktifkan fitur bola pintasan melalui pengaturan. Untuk melakukannya, buka pengaturan di ponsel OPPO A77s Anda. Pilih menu "Pengaturan Sistem" lalu pilih "Bola Asisten". Selanjutnya, aktifkan opsi paling atas.
  • Setelah fitur ini diaktifkan, akan muncul tombol melayang berupa ikon bola kecil. Ketika Anda mengetuk ikon ini, akan muncul beberapa tombol pintasan, salah satunya digunakan untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat.
  • Setelah fitur bola asisten aktif, Anda dapat menempatkan ikon sesuai kebutuhan di area layar. Tombol pintasan untuk mengambil tangkapan layar biasanya berbentuk gambar layar. Jika Anda tidak menemukan ikon untuk tangkapan layar, Anda dapat menambahkan atau menghapus tombol pintasan dengan mudah.
  • Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan bola asisten ini, cukup masuk ke layar yang ingin Anda tangkap. Kemudian, cukup ketuk ikon bola. Dengan begitu, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengambil tangkapan layar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar menggunakan fitur bola asisten pada OPPO A77s.

Smart Sidebar

Ada cara lain yang lebih mudah dan cepat untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A77s, yaitu dengan menggunakan Smart Sidebar. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Seperti halnya fitur Gesture 3 Jari, Anda perlu mengaktifkan Smart Sidebar melalui pengaturan. Untuk melakukannya, buka pengaturan di ponsel OPPO A77s Anda. Pilih menu Pengaturan Sistem > Smart Sidebar. Selanjutnya, aktifkan opsi ini.
  • Setelah fitur Smart Sidebar diaktifkan, akan muncul garis lurus tipis di sisi kanan atau kiri layar. Ketika Anda menggeser garis ini ke arah dalam layar, beberapa tombol pintasan akan muncul, salah satunya digunakan untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat.
  • Setelah fitur aktif, Anda dapat menempatkan garis sesuai kebutuhan di area layar. Jika Anda tidak menemukan ikon untuk tangkapan layar, Anda dapat menambahkan atau menghapus tombol pintasan di Smart Sidebar dengan mudah terlebih dahulu.
  • Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan Smart Sidebar, masuk ke tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Kemudian, cukup geser garis di pinggir layar dan ketuk ikon tangkapan layar. Dengan begitu, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar menggunakan Smart Sidebar pada OPPO A77s.

Baca juga : Cara Mengatasi Konten Folder Tidak Dapat Ditampilkan Karena Dibatasi Android 11

Aplikasi Screenshot

Jika Anda merasa bahwa metode-metode pengambilan tangkapan layar di atas kurang memadai, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi screenshot yang tersedia di Play Store. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi screenshot gratis yang dapat digunakan pada smartphone OPPO A77s.

  • Screenshot X

Screenshot X adalah salah satu aplikasi screenshot Android dengan ukuran kecil dan antarmuka pengguna yang sederhana.

Apa yang menarik dari aplikasi ini adalah setelah Anda menginstal dan membuka aplikasinya, Anda tidak perlu melakukan banyak pengaturan. Anda hanya perlu menekan "Start Now" yang terdapat di halaman utama aplikasi.

Kemudian, akan muncul sebuah kotak berisi lingkaran. Kotak ini berfungsi untuk mengambil tangkapan layar. Jadi, Anda hanya perlu pergi ke halaman web atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap, lalu cukup tekan kotak berisi lingkaran tersebut. Layar akan berkedip sebagai tanda bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Silakan coba aplikasi Screenshot X.

  • Screen Master

Screen Master adalah salah satu aplikasi screenshot terbaik yang tersedia di Play Store. Dengan lebih dari 5 juta pengguna dan ulasan positif mencapai 4.7, aplikasi ini sangat direkomendasikan, terutama bagi Anda yang sering mengambil tangkapan layar di HP.

Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan, serta ringan sehingga tidak membebani RAM ponsel. Aplikasi ini juga menawarkan gambar berkualitas tinggi dan berfitur lengkap, termasuk kemampuan untuk mengedit dan berbagi tangkapan layar ke media sosial.

Namun, beberapa kekurangan juga perlu diakui. Aplikasi ini menampilkan iklan karena bersifat gratis, dan tidak dapat mengambil tangkapan layar dari konten yang dilindungi. Selain itu, adanya bilah tambahan di status bar mungkin sedikit merepotkan ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Salah satu fitur yang paling disukai dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Fitur ini terbukti cepat dan mudah digunakan.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Web Capture, yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari seluruh halaman web dengan mudah dan praktis. Selain itu, ada juga fitur shaking yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Ini sangat praktis, bukan?

Selain tiga aplikasi yang telah dijelaskan, masih ada banyak aplikasi screenshot lain yang dapat Anda coba. Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca artikel "Deretan Aplikasi Screenshot di Android".

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, pengguna OPPO A77s, saat Anda perlu mengambil tangkapan layar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.