5 Cara Cek IMEI OPPO, Apakah Resmi atau Tidak?

Cek IMEI OPPO

Cara cek IMEI OPPO Semua Tipe asli atau palsu sering dicari oleh banyak orang ketika mereka ingin membeli ponsel Oppo. Maka dari itu penting bagi kamu yang ingin membeli ponsel Oppo resmi mengetahui cara cek IMEI.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari berbagai bentuk penipuan serta beredarnya produk Oppo yang abal-abal atau KW. Perlu kamu ketahui, kode IMEI Oppo ini merupakan nomor unik yang hanya dimiliki oleh ponsel Oppo.

Kode IMEI umumnya digunakan sebagai pembeda antara device satu dengan lainnya, sehingga mempermudah pengguna Oppo untuk mengenali ponsel miliknya sendiri. Kode ini tidak bisa diganti, karena jika kamu mencoba untuk menggantinya maka tidak akan terdaftar dalam situs resmi OPPO.

Baca juga : Cara Merekam Video Sambil Membaca Teks di HP Tanpa Ketahuan

5 Cara Cek IMEI OPPO Resmi atau Tidak

Mengecek IMEI Oppo bisa dilakukan dengan mudah karena memang sudah disediakan oleh pihak Oppo atau bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi tambahan atau pihak ketiga. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Melalui Kode Dial *#06#

Mengecek IMEI OPPO bisa dilakukan melalui aplikasi telepon, kemudian ketikkan kode dial *#06#. Kode IMEI Oppo akan muncul, biasanya terdiri dari 15 digit angka. Kamu bisa langsung menyalin kode IMEI tersebut, lalu masuk ke halaman website resmi Oppo. 

Pastekan 15 digit angka yang sudah kamu salin pada kolom yang tersedia. Tunggu hingga beberapa saat, maka akan muncul pemberitahuan tentang keaslian ponsel kamu. Cara cek IMEI OPPO asli dan palsu menggunakan metode ini merupakan yang paling mudah dan akurat.

2. Melalui Body Smartphone

Selain menggunakan kode rahasia, kamu juga bisa mengecek kode IMEI Oppo dengan melihat pada bagian body smartphone. Biasanya kode IMEI terletah pada bagian bawah baterai. Jadi, jika kamu melepas baterai, maka disitu akan terlihat kode IMEI HP Oppo.

Namun, jika ponsel yang kamu gunakan merupakan baterai tanam. Kamu bisa melihatnya pada bagian body belakang. Selanjutnya kamu lakukan seperti biasa, masukkan kode IMEI tersebut ke website resmi Oppo.

3. Melalui DusBox

Saat pertama kali membeli HP Oppo, kamu bisa coba perhatikan pada dusbox pembeliannya, kamu bisa melihat kode IMEI ponsel Oppo yang terdapat pada dusbox tersebut.

Kamu bisa langsung memastikan keasliannya dengan mengecek kode IMEI tersebut melalui situs resmi Oppo. Ini juga merupakan salah satu cara yang paling mudah dan akurat untuk cek IMEI Oppo asli dan palsu.

4. Melalui Menu Cek Status

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengecek status pada menu settings. cara ini terbilang cukup mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Settings.
  • Pilih About atau Tentang Ponsel.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih Status.
  • Sekarang kamu bisa melihat kode IMEI Oppo serta informasi lainnya.

Baca juga : Cara Screenshot OPPO Reno6, Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G

5. Aplikasi Pihak Ketiga

Keempat cara di atas merupakan cara cek IMEI Oppo yang sudah disediakan oleh pihak Oppo. Selain menggunakan keempat cara tersebut, kamu juga bisa mengecek keaslian HP Oppo dengan menggunakan aplikasi.

Salah satu aplikasi yang populer untuk mengetahui keaslian ponsel Oppo adalah Antutu Benchmark. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan kalau memori kamu masih luas karena aplikasi Antutu Benchmark memiliki kapasitas ukuran yang cukup besar dan akan memakan memori yang besar pula.

Kelebihan dari Antutu Benchmark adalah dapat menampilkan spesifikasi Oppo secara detail, termasuk menampilkan kode IMEI. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan pada performa ponsel kamu.

IMEI menjadi sebuah kode yang sangat penting bagi sebuah ponsel. Selain sebagai identitas resmi tidaknya produk, kode ini juga bisa membantu pelacakan HP Oppo yang hilang. Demikianlah cara cek IMEI OPPO semua tipe dengan mudah dan akurat.