Begini Cara Screenshot di Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Screenshot Samsung Galaxy Z Flip3

Cara mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Flip3 tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan ponsel Samsung lainnya. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol fisik, menu Asisten, dan Palm Swipe.

Penting untuk dicatat bahwa Samsung Galaxy Z Flip3 merupakan ponsel lipat terlaris di dunia dengan total pengiriman sebanyak 4.6 juta unit sepanjang tahun 2021.

Samsung Galaxy Z Flip3 memiliki layar Dynamic AMOLED 2x berukuran 6.7 inci dengan resolusi 1.080 x 2.460 piksel, yang telah mencapai resolusi Full HD+. Layar ini juga memiliki fitur refresh rate 120 Hz, dukungan HDR10+, dan kecerahan hingga 1.200 nits.

Di samping kanan modul kamera belakang, terdapat layar kecil atau cover display seluas 1.9 inci yang menggunakan panel Super AMOLED. Layar ini berguna untuk melihat notifikasi, melakukan selfie dengan kamera belakang, mengatur widget, dan mengatur kecerahan layar.

Pada segi kamera, ponsel lipat ini dilengkapi dengan dua kamera belakang, yaitu kamera utama 12 MP dengan aperture f/1.8 dan ultrawide 12 MP dengan aperture f/2.2. Di bagian depan, Samsung menyematkan kamera 10 MP dengan aperture f/2.4.

Galaxy Z Flip3 ditenagai oleh chip Snapdragon 888 5G dengan RAM 8 GB dan dua pilihan kapasitas penyimpanan, yaitu 128 GB dan 256 GB.

Itulah sekilas spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3. Untuk mengetahui cara mengambil tangkapan layar di ponsel ini, silakan ikuti penjelasan berikut ini.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A53 5G Paling Praktis

Cara Screenshot Samsung Galaxy Z Flip3

1. Kombinasi Tombol Fisik

Kombinasi tombol power dan volume bawah masih merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengambil tangkapan layar di Galaxy Z Flip3.

Kedua tombol ini terletak di sisi kanan ponsel, sehingga Anda perlu menggunakan kedua tangan untuk melakukannya.

2. Palm Swipe

Jika sebagian ponsel Android memiliki fitur screenshot dengan tiga jari, Galaxy Z Flip3 memiliki fitur Palm Swipe to Capture. Fitur ini memungkinkan pengguna Samsung untuk mengambil screenshot dengan mengusapkan telapak tangan ke layar.

Namun, sebelum menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan membuka Pengaturan > Fitur Lanjutan > Gerakan dan Gestur > lalu aktifkan fitur Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil.

Untuk mencoba fitur ini, cukup tempelkan bagian samping telapak tangan ke layar dan usapkan perlahan. Jika berhasil, layar ponsel akan berkedip dan Anda akan mendengar bunyi seperti shutter kamera. Hasil screenshot dapat ditemukan di Galeri.

Baca juga : Cara Cek Tipe HP Vivo Terbaru untuk Semua Tipe

3. Menu Asisten

Selain dua cara sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan Menu Asisten untuk mengambil screenshot di HP Samsung Galaxy Z Flip3.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan > Menu Asisten. Jika diaktifkan, Anda akan melihat ikon bola melayang di layar.

Ketika Anda mengklik ikon tersebut, beberapa menu pintasan akan muncul, salah satunya adalah Gambar Layar yang bisa Anda pilih jika ingin mengambil screenshot.

Jadi, itulah tiga cara yang dapat Anda pilih untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.