Cara Screenshot Samsung Galaxy A53 5G Paling Praktis

Cara Screenshot Samsung Galaxy A53 5G

Ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar di Samsung A53 5G, baik dengan atau tanpa menggunakan tombol fisik yang tersedia di ponsel ini. Memang, fitur tangkapan layar adalah fitur penting yang sering digunakan oleh pengguna ponsel Android dan iOS.

Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara mengambil tangkapan layar di Samsung A53 5G. Banyak pengguna mengambil tangkapan layar dengan berbagai alasan, entah itu untuk berbagi informasi dengan teman, menyimpan catatan, atau tujuan lainnya. Apapun alasannya, kemampuan untuk mengambil tangkapan layar, baik yang panjang maupun yang pendek, adalah fitur yang sangat penting pada ponsel Android saat ini.

Jika Anda baru saja mendapatkan atau membeli Samsung A53 5G, Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara mengambil tangkapan layar, baik dengan menggunakan tombol fisik maupun tanpa tombol. Sebagian besar ponsel Android memiliki metode yang serupa untuk mengambil tangkapan layar.

Jika Anda sudah memiliki pengalaman menggunakan perangkat Android sebelumnya, Anda mungkin sudah familiar dengan topik ini. Namun, jika Anda baru mengenalnya, Anda dapat mempelajari metode cara mengambil tangkapan layar di HP Samsung A53 5G dengan mudah.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A53 5G

1. Dengan Tombol Fisik

Brand ini telah menyediakan tiga metode berbeda yang dapat digunakan oleh pengguna Samsung A53 untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot.

Metode pertama, yang juga paling umum, adalah dengan menggunakan cara tradisional, yaitu dengan menekan dua tombol fisik pada perangkat. Ada juga dua metode lain yang melibatkan perangkat lunak atau aplikasi bawaan untuk membuat proses ini lebih mudah.

Metode pertama untuk mengambil screenshot di Samsung A53 adalah dengan menggunakan tombol fisik yang terletak di sisi ponsel. Ini adalah metode tradisional yang paling sering digunakan.

Untuk melakukannya, ambil ponsel Anda, lalu tekan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan. Pastikan Anda menekannya bersamaan dan jangan lepaskan hingga layar berkedip putih.

Ketika layar berkedip putih, itu menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Selanjutnya, akan muncul sebuah bilah menu kecil di bagian bawah layar.

Bilah menu ini memiliki tiga tombol yang berbeda. Tombol pertama digunakan untuk mengedit dan memotong gambar. Tombol kedua digunakan untuk mengaktifkan fitur Scroll Capture, sementara tombol ketiga digunakan untuk berbagi gambar melalui media sosial, forum, atau pesan obrolan seperti WhatsApp atau LINE, dan lainnya.

2. Dengan Gesture 3 Jari

Jika metode pertama tidak berfungsi karena tombolnya rusak atau alasan lain, Anda dapat menggunakan fitur "Palm Swipe to Capture" untuk mengambil tangkapan layar di Samsung A53 Anda.

Cara ini merupakan solusi yang sangat praktis dan tidak memerlukan penggunaan tombol perangkat keras. Untuk mengaktifkan fitur Palm Swipe, buka Pengaturan -> Fitur Lanjutan -> Gerakan dan Gestur. Di sana, Anda akan menemukan opsi yang disebut "Palm swipe to capture," yang biasanya dinonaktifkan secara default.

Ketuk opsi tersebut untuk mengaktifkannya. Sekarang, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dengan cara menggeser tangan Anda melintasi layar. Saat Anda melakukannya, ponsel akan bergetar untuk menunjukkan bahwa tugas telah selesai.

3. Screenshot Panjang

Langkah 1: Tekan dan tahan tombol 'Volume down' dan tombol 'Power' secara bersamaan.

Langkah 2: Selanjutnya, tahan tombol 'Scroll capture' untuk mengambil tangkapan layar.

Langkah 3: Hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan dalam File Manager atau aplikasi galeri di Samsung Galaxy A53 Anda.

Jika hasil tangkapan layar tidak muncul di galeri HP, coba periksa folder lain atau tunggu beberapa saat. Juga, Anda dapat mencoba me-restart smartphone sebagai langkah awal.

Demikianlah panduan sederhana kami mengenai cara mengambil tangkapan layar di Samsung A53, baik yang panjang maupun pendek, tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.