Cara Mengambil Screenshot di HP Samsung Galaxy S22+ dan Panjang

 

Screenshot Samsung Galaxy S22+

Mengambil tangkapan layar atau screenshot adalah tindakan yang sering kita lakukan pada perangkat pintar kita, termasuk Samsung Galaxy S22+. Screenshot memungkinkan kita untuk merekam tampilan layar dan berbagi informasi, momen penting, atau apa pun yang ada di layar ponsel dengan teman, keluarga, atau rekan kerja kita.

Samsung Galaxy S22+ menawarkan beragam metode yang memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai cara mengambil screenshot pada Samsung Galaxy S22+, termasuk dengan menggunakan tombol fisik, screenshot panjang, gesture, menu asisten, dan bahkan tiga jari.

Sebelum kita membahas cara mengambil screenshot, mari kenali sedikit tentang Samsung Galaxy S22+. Ponsel ini adalah salah satu perangkat terbaru dari Samsung dan menawarkan sejumlah fitur canggih, termasuk layar berkualitas tinggi, kinerja yang andal, serta berbagai fitur tambahan yang memanjakan pengguna.

Samsung Galaxy S22+ dilengkapi dengan layar Dynamic AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi tinggi. Layar ini menghadirkan warna-warna yang hidup dan tajam, menjadikannya sempurna untuk menampilkan konten multimedia dan bermain game.

Ditenagai oleh prosesor yang kuat dan RAM yang cukup besar, Samsung Galaxy S22+ menawarkan kinerja yang lancar dan responsif. Ini menjalankan sistem operasi Android terbaru dengan antarmuka pengguna Samsung One UI.

Ponsel ini tersedia dalam beberapa varian penyimpanan, termasuk 128GB dan 256GB, yang memberi Anda ruang yang cukup untuk menyimpan foto, video, aplikasi, dan banyak lagi.

Galaxy S22+ menjalankan Android 12 dengan beragam peningkatan dan fitur baru yang memungkinkan penggunaan yang lebih baik.

Baca juga : Cara Merekam Layar Samsung Galaxy M33 Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Samsung Galaxy S22+ denganTombol Fisik

Metode pertama yang akan kita bahas adalah cara mengambil screenshot dengan tombol fisik pada Samsung Galaxy S22+. Ini adalah metode yang paling umum digunakan dan sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda berada di layar atau tampilan yang ingin Anda rekam.
  2. Untuk mengambil screenshot, Anda perlu menekan tombol Volume Turun (biasanya terletak di sisi kiri ponsel) dan tombol Power (tombol daya, biasanya terletak di sisi kanan ponsel) secara bersamaan. Pastikan untuk menekannya pada saat yang bersamaan dan tahan sejenak.
  3. Biasanya, saat Anda menekan kedua tombol ini, Anda akan mendengar suara shutter seperti kamera yang berkedip. Layar juga akan berkedip sebentar untuk menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  4. Screenshot yang baru diambil akan tersimpan di Galeri ponsel Anda. Anda juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi File Manager.
  5. Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat mengeditnya jika diperlukan. Misalnya, Anda dapat menambahkan teks, panah, atau garis dengan alat penyuntingan yang tersedia. Selanjutnya, Anda dapat membagikannya dengan teman, keluarga, atau rekan kerja melalui pesan, email, atau media sosial.

Metode ini sangat sederhana dan dapat digunakan dalam berbagai situasi, terutama saat Anda perlu mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Cara Screenshot Panjang (Scroll Capture) Samsung Galaxy S22+

Samsung Galaxy S22+ memiliki fitur Scroll Capture yang memungkinkan Anda mengambil screenshot yang panjang, seperti tangkapan layar seluruh halaman web atau dokumen yang memerlukan beberapa guliran. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah dalam menu Pengaturan dan temukan opsi "Fitur Lanjutan". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.
  3. Di bawah "Fitur Lanjutan", Anda akan menemukan opsi "Gambar Layar dan Perekam Layar". Aktifkan opsi "Bilah Alat Gambar Layar".
  4. Setelah diaktifkan, saat Anda mengambil screenshot, Anda akan melihat "Bilah Alat Gambar Layar."
  5. Untuk mengambil screenshot panjang, ketuk ikon anak panah ke bawah di "Bilah Alat Gambar Layar".
  6. Ketuk beberapa kali untuk merekam tampilan layar secara bertahap saat Anda menggesek ke bawah.
  7. Screenshot panjang akan disimpan di Galeri ponsel Anda.

Metode ini sangat berguna jika Anda perlu merekam tampilan layar yang panjang, seperti halaman web yang memerlukan beberapa guliran atau dokumen yang panjang.

Cara Screenshot dengan Samsung Galaxy S22+ Gesture (Gesekan)

Samsung Galaxy S22+ memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan mudah menggunakan gesture atau gesekan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Seperti sebelumnya, pastikan Anda berada di layar atau tampilan yang ingin Anda rekam.
  2. Gesek layar dengan telapak tangan dari sisi kiri ke sisi kanan atau sebaliknya. Pastikan telapak tangan menyentuh layar secara lembut.
  3. Setelah Anda melakukan gesekan, Anda akan melihat efek animasi atau layar yang berkedip sebentar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  4. Screenshot yang baru diambil akan tersimpan di Galeri ponsel Anda.
  5. Seperti sebelumnya, Anda dapat mengedit dan membagikan screenshot sesuai kebutuhan Anda.

Metode ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot tanpa harus menggunakan tombol fisik atau tombol on-screen, yang bisa membantu jika Anda sedang menggunakan ponsel dengan satu tangan.

Cara Screenshot Samsung Galaxy S22+ dengan Menu Asisten (Assistive Menu)

Samsung Galaxy S22+ juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot melalui menu asisten yang mudah diakses. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada Samsung Galaxy S22+ Anda.
  2. Cari opsi yang berkaitan dengan aksesibilitas atau asisten dalam pengaturan ponsel Anda.
  3. Di dalam opsi aksesibilitas atau asisten, Anda akan menemukan opsi "Menu Asisten" atau "Assistive Menu". Aktifkan opsi ini.
  4. Setelah Anda mengaktifkan menu asisten, Anda akan melihat ikon yang muncul di layar. Ketuk ikon ini untuk membuka menu asisten.
  5. Di dalam menu asisten, Anda akan menemukan opsi "Screenshot". Ketuk opsi ini untuk mengambil screenshot.
  6. Screenshot yang baru diambil akan tersimpan di Galeri ponsel Anda.
  7. Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat mengedit dan membagikan screenshot sesuai kebutuhan Anda.

Metode ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat melalui menu asisten tanpa harus menggunakan tombol atau gesture.

Baca juga : Cara Meningkatkan Performa HP Xiaomi Saat Bermain Game

Cara Screenshot Samsung Galaxy S22+ dengan Menggunakan 3 Jari

Samsung Galaxy S22+ juga memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan tiga jari Anda. Ini adalah metode yang kurang umum tetapi sangat berguna. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada Samsung Galaxy S22+ Anda.
  2. Cari opsi yang berkaitan dengan informasi perangkat atau tentang ponsel dalam pengaturan ponsel Anda.
  3. Di dalam opsi tentang ponsel, Anda akan menemukan opsi "Gesek Tiga Jari untuk Tangkapan Layar." Aktifkan opsi ini.
  4. Setelah Anda mengaktifkan opsi ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan mengepalkan tiga jari Anda dan menyentuh layar sebentar. Layar akan berkedip, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  5. Screenshot yang baru diambil akan tersimpan di Galeri ponsel Anda.
  6. Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat mengedit dan membagikan screenshot sesuai kebutuhan Anda.
  7. Metode ini sangat berguna jika Anda lebih suka menggunakan tiga jari Anda daripada gesture atau tombol fisik.

Mengambil screenshot pada Samsung Galaxy S22+ dapat dilakukan dengan berbagai metode yang berbeda. Anda dapat menggunakan tombol fisik, gesture, menu asisten, atau bahkan tiga jari, tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Setelah Anda mengambil screenshot, Anda juga memiliki opsi untuk mengeditnya dan membagikannya sesuai kebutuhan Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.