Cara Screenshot Samsung Galaxy M62 Paling Mudah

Screenshot Samsung Galaxy M62

Dengan fitur screenshot, Anda dapat dengan mudah menyimpan tampilan layar pada ponsel Samsung Galaxy M62, terutama ketika Anda ingin membagikan informasi penting ke media sosial.

Salah satu keunggulan utama dari Galaxy M62 adalah kehadiran prosesor Quad-Core yang mampu beroperasi hingga kecepatan 2.73 GHz dan dikombinasikan dengan chipset Exynos 9825 buatan Samsung. Ponsel ini juga didukung oleh RAM sebesar 8GB, yang meningkatkan kinerja perangkat.

Sebagai standar pada smartphone terbaru, Galaxy M62 juga mengusung layar FullView Display dengan ukuran layar lebar 6.7 inci dan rasio aspek 20:9. Layar ini memiliki bezel yang sangat tipis, sehingga rasio layar terhadap bodi mencapai 86.7 persen. Layar Full HD+ ini memberikan pengalaman yang memuaskan saat bermain game berkat spesifikasi perangkat keras yang handal. Selain itu, resolusi tinggi ini juga memberikan pengalaman menonton video dan konten media lainnya yang lebih baik.

Meskipun banyak pemilik Samsung M62 terbiasa mengambil tangkapan layar dengan kombinasi tombol, banyak pengguna mungkin tidak familiar dengan cara mengambil tangkapan layar melalui menu asisten atau untuk halaman panjang.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy M13, Praktis dan Cepat!

Cara Screenshot Samsung Galaxy M62

Tangkapan layar biasanya digunakan sebagai alat untuk membangkitkan rasa penasaran orang lain dengan membagikannya di media sosial. Selain itu, tangkapan layar memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara mengambil tangkapan layar di Samsung M62 cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan fitur bawaan yang telah disediakan. Samsung telah melengkapi ponsel ini dengan berbagai metode, seperti Palm Swipe atau gestur, Menu Asisten, kombinasi tombol, dan Scroll Capture atau tangkapan layar panjang.

1. Dengan Gesture

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengambil gambar layar pada ponsel menjadi lebih praktis ketika Anda dapat melakukannya hanya dengan menggunakan gestur telapak tangan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah dengan hanya menggerakkan telapak tangan di atas layar ponsel.

Berikut adalah panduan untuk menggunakan gestur screenshot pada Samsung M62:

  • Buka menu "Pengaturan" dan pilih opsi "Fitur Lanjutan".
  • Ketuk opsi "Gerakan dan Gestur", lalu aktifkan tombol di sebelah kanan "Usapkan Telapak Tangan untuk Mengambil".
  • Selanjutnya, persiapkan halaman yang ingin Anda ambil tangkapannya.
  • Geser layar dari sisi kiri ke kanan dengan posisi telapak tangan menghadap ke samping.
  • Anda akan mendengar suara seperti kamera yang menandakan bahwa Anda telah berhasil mengambil tangkapan layar.
  • Gambar tangkapan layar akan otomatis tersimpan di galeri.

Pengguna Samsung yang telah lama menggunakan ponsel ini mungkin sudah sangat familiar dengan fitur ini, tetapi bagi pengguna baru, mungkin perlu beberapa kali percobaan sebelum menjadi terbiasa. Namun, seiring berjalannya waktu, pengguna akan semakin terampil dalam menggunakan fitur ini.

2. Menggunakan Pintasan

Banyak pengguna sangat menghargai fitur Menu Asisten pada Samsung M62, terutama karena Anda tidak perlu repot menekan tombol saat mengambil tangkapan layar pada ponsel ini. Menu Asisten menyediakan pintasan yang mudah diakses, termasuk untuk mengambil tangkapan layar, merekam layar, dan lainnya.

Berikut adalah panduan untuk mengambil tangkapan layar menggunakan pintasan yang ada di Menu Asisten pada Samsung M62:

  • Buka ponsel Samsung Anda, kemudian buka menu "Pengaturan".
  • Selanjutnya, ketuk menu "Accessibility" atau "Aksesibilitas".
  • Di halaman "Accessibility", pilih opsi "Interaction and Dexterity" atau "Interaksi dan Kecekatan".
  • Aktifkan fitur "Assistant Menu" dengan mengetuk tombol on/off.
  • Fitur asisten ini akan muncul di layar, dan Anda dapat memindahkannya ke posisi yang nyaman.
  • Ketuk ikon "Menu Asisten", lalu ketuk pintasan "Gambar Layar" atau "Screenshot".

Cara ini sangat praktis, tetapi beberapa pengguna mungkin tidak menyukai fakta bahwa ikon Menu Asisten muncul di layar dan dapat dengan mudah tertekan tanpa sengaja. Namun, ini tetap menjadi cara yang efisien untuk mengambil tangkapan layar pada Samsung M62.

3. Screenshot Panjang

Screenshot bergulir adalah salah satu fitur Android yang memungkinkan Anda membuat tangkapan layar yang panjang dan bisa digulir, sering disebut sebagai screenshot panjang.

Berikut adalah panduan untuk membuat screenshot bergulir pada Samsung M62:

  • Buka menu Pengaturan > Fitur Lanjutan > Screenshot atau Gambar Layar.
  • Aktifkan slider Screenshot Toolbar atau Bilah Alat Gambar Layar.
  • Buka layar yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar panjang, seperti chat WhatsApp yang berisi seluruh percakapan.
  • Selanjutnya, buat tangkapan layar seperti yang biasa Anda lakukan. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol daya + volume bawah atau gestur usap layar.
  • Setelah toolbar muncul, ketuk Scroll Capture (tanda panah ke bawah) untuk menggulir halaman.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat tangkapan layar panjang pada Samsung M62. Fitur ini berguna ketika Anda ingin menyimpan tampilan layar yang lebih panjang, seperti percakapan chat atau halaman web yang memerlukan beberapa guliran untuk dilihat sepenuhnya.

Baca juga : Kode Cek HP Samsung untuk Mengetahui Asli atau Tidak

4. Dengan Tombol Fisik

Cara cepat untuk mengambil tangkapan layar pada smartphone Android adalah dengan menekan tombol volume dan tombol daya secara bersamaan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil tangkapan layar di Samsung M62:

  • Buka Samsung M62 Anda dan tentukan area yang ingin diambil tangkapan layarnya.
  • Selanjutnya, tekan tombol Daya dan Volume Bawah secara bersamaan.
  • Layar ponsel akan secara otomatis diambil tangkapan layarnya.
  • Lihat hasil tangkapan layar yang telah Anda buat di aplikasi galeri.

Cara ini memang lebih cepat dan praktis, namun perlu diperhatikan agar tidak terlalu sering menekan tombol, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tombol tersebut.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar, karena semua fitur tersebut sudah tersedia di Samsung Galaxy M62 Anda.

Meskipun demikian, sayangnya Samsung M62 tidak memiliki fitur screenshot tiga jari yang umumnya ada pada ponsel Android dari produsen lain seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Infinix. Semoga di masa mendatang Samsung akan menyematkan fitur tersebut untuk meningkatkan nilai tambah dari Samsung M62.

Demikianlah tutorial mengenai cara mengambil tangkapan layar pada Samsung Galaxy M62 dengan One UI 3.1 berbasis Android 11. Semoga panduan di atas bermanfaat bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.