Anti Ribet! Simak 6 Cara Screenshot Samsung Galaxy A23 5G

Screenshot Samsung Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G adalah ponsel yang cocok untuk multitasking dalam berbagai aktivitas. Dengan desain modis, layar lebar, dan baterai yang tahan lama, ponsel ini memberikan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dan merekam tampilan layar di Samsung Galaxy A23 5G saat menemukan informasi penting. Dengan mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpan informasi tersebut untuk dibaca kembali di kemudian hari tanpa perlu mencari kembali.

Berikut ini adalah beberapa metode untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy A23 5G, serta ponsel Samsung Galaxy A seri lainnya, seperti Samsung Galaxy A23 4G, Samsung Galaxy A13 5G, Samsung Galaxy A33, dan lainnya.

Baca juga : Cara Screenshot di Samsung Galaxy M22 Cepat dan Mudah

Cara Screenshot Samsung Galaxy A23 5G Menggunakan Kombinasi Tombol

Samsung Galaxy A23 5G, seperti kebanyakan ponsel Samsung lainnya, menggunakan metode yang umum digunakan di hampir semua perangkat Android untuk mengambil tangkapan layar. Berikut langkah-langkahnya:

Tentukan tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Ini bisa berupa peta navigasi, artikel web, obrolan, video, atau informasi lain yang ada di layar HP Anda.

Setelah menemukan tampilan yang ingin Anda tangkap, langkah selanjutnya adalah menekan tombol daya (power) dan tombol volume bawah secara bersamaan. Anda dapat menemukan tombol daya di sisi kanan ponsel.

Tahan kedua tombol tersebut bersamaan hingga Anda melihat tanda atau notifikasi bahwa tangkapan layar telah berhasil. Beberapa ponsel akan menampilkan layar sebentar yang menjadi putih atau memberikan tanda berkedip.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu berarti Anda menekan tombol terlalu lama atau mungkin tidak menekannya bersamaan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy A23 5G atau ponsel Samsung lainnya.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A23 5G Melalui Pusat Kontrol

Jika Anda merasa bahwa menekan tombol secara bersama-sama terlalu rumit atau memakan waktu, Anda bisa mencoba cara yang lebih mudah dengan menggunakan ikon screenshot di pusat kontrol. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tentukan tampilan layar yang ingin Anda tangkap di ponsel Anda.
  2. Buka pusat kontrol dengan menarik layar dari atas ke bawah. Carilah ikon screenshot yang mungkin berbentuk gunting atau lembaran kertas.
  3. Ketika Anda menemukan ikon screenshot, sentuh ikon tersebut. Ini akan mengaktifkan proses pengambilan tangkapan layar secara otomatis.
  4. Hasil tangkapan layar akan disimpan di galeri ponsel Anda untuk dilihat atau dibagikan nantinya.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy A23 5G atau ponsel Samsung lainnya tanpa harus menggunakan tombol fisik.

Cara Screenshot Panjang Samsung Galaxy A23 5G

Terkadang Anda mungkin perlu mengambil tangkapan layar yang lebih panjang untuk menyimpan informasi yang lebih banyak dalam satu tampilan layar ponsel. Untungnya, Samsung Galaxy A23 5G memiliki fitur tangkapan layar panjang. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Pertama, lakukan tangkapan layar seperti biasa, menggunakan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, Anda akan melihat bilah alat gambar layar di bagian bawah tampilan layar hasil tangkapan. Di bilah ini, cari ikon yang menandakan tangkapan layar panjang, biasanya berbentuk kotak dengan panah ke bawah.

3. Ketuk ikon tangkapan layar panjang tersebut, dan selanjutnya Anda bisa mulai menggulir ke bawah tampilan layar untuk mengambil tangkapan layar yang lebih panjang.

4. Pastikan bahwa tampilan layar yang ingin Anda tangkap memungkinkan untuk digulir ke bawah. Jika tidak, ikon tangkapan layar panjang tidak akan muncul.

5. Hasil tangkapan layar panjang akan disimpan di galeri ponsel Anda, dan Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang di Samsung Galaxy A23 5G, asalkan tampilan layar memungkinkan untuk digulir ke bawah.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A23 5G dengan Gesture

Anda juga dapat mengambil tangkapan layar tanpa harus menekan tombol fisik dengan mengaktifkan fitur Gesture. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi "Pengaturan Lanjutan" atau "Gerakan dan Gesture" (Motion and Gesture dalam bahasa Inggris), lalu ketuk.
  3. Di dalam pengaturan ini, cari opsi "Usapkan Telapak Tangan untuk Mengambil" atau "Palm Swipe to Capture". Aktifkan opsi ini dengan menggeser toggle ke posisi aktif (biasanya berwarna biru).
  4. Setelah fitur ini diaktifkan, Anda dapat mencoba mengambil tangkapan layar tanpa menekan tombol dengan mengusapkan telapak tangan Anda di atas layar ponsel.
  5. Pastikan telapak tangan Anda berada di posisi terbuka, seolah-olah Anda hendak melakukan sambutan atau mengusap layar. Anda dapat melakukannya dengan tangan kanan atau tangan kiri, tergantung pada preferensi Anda.
  6. Saat Anda melakukan gerakan ini dengan benar, layar akan berkedip sejenak, dan hasil tangkapan layar akan otomatis disimpan ke galeri ponsel Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tanpa harus menyentuh tombol fisik pada Samsung Galaxy A23 5G Anda. Pastikan untuk mengaktifkan fitur Gesture terlebih dahulu di pengaturan ponsel Anda.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A23 5G dengan Menu Asisten

Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dengan mudah tanpa harus menggunakan tombol fisik melalui fitur Menu Asisten pada Samsung Galaxy A23 5G. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan Menu Asisten di pengaturan ponsel Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan di Samsung Galaxy A23 5G.
  2. Selanjutnya, pilih menu "Aksesibilitas" (Accessibility) dan kemudian masuk ke opsi "Interaksi dan Kecekatan" (Interaction and Dexterity).
  3. Di dalam opsi ini, aktifkan Menu Asisten dengan menggeser toggle ke posisi aktif.
  4. Setelah fitur Menu Asisten diaktifkan, Anda akan melihat tombol melayang berupa ikon berbentuk empat kotak di layar.
  5. Ketika Anda mengetuk ikon tersebut, akan muncul beberapa tombol pintasan, dan salah satunya akan berguna untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat.
  6. Untuk mengambil tangkapan layar, masuk ke tampilan layar yang ingin Anda ambil. Setelah itu, ketuk ikon kotak Menu Asisten.
  7. Kemudian, ketuk ikon gambar layar untuk mulai mengambil tangkapan layar. Hasil tangkapan layar akan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik, dan Anda tidak perlu menggerakkan tangan. Pastikan untuk mengaktifkan Menu Asisten di pengaturan ponsel Anda agar fitur ini berfungsi dengan baik.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A23 5G dengan Aplikasi

Jika Anda menginginkan lebih banyak fitur dan kemampuan khusus saat melakukan tangkapan layar, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi screenshot biasanya menawarkan berbagai fitur tambahan, seperti metode pengambilan screenshot yang lebih mudah dan alat-alat pengeditan yang lebih canggih.

Untuk membantu Anda menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi tangkapan layar yang cocok untuk perangkat Samsung dan ponsel Android lainnya.

1. Screenshot by Splend Apps

Aplikasi ini menyediakan pengalaman pengambilan tangkapan layar yang mudah dan memuaskan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah tombol overlay yang dapat ditempatkan sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan beberapa cara, mulai dari mengetuk ikon di bilah notifikasi hingga menekan tombol fisik seperti yang biasanya digunakan untuk mengambil tangkapan layar.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengatur waktu hitung mundur sebelum tangkapan layar diambil. Ini sangat berguna ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar dari video atau film.

Setelah selesai mengambil tangkapan layar, hasilnya akan tersimpan di galeri ponsel Anda. Anda juga memiliki opsi untuk sedikit mengedit tangkapan layar atau berbagi mereka ke media sosial. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunduh aplikasi Splend Apps ini dari Play Store.

2. Screenshot by Blosgraph

Aplikasi tangkapan layar dari Screenshot by Blosgraph masih tetap menjaga tampilan antarmuka yang sederhana dan praktis sebagai kelebihan utamanya. Selain itu, aplikasi ini ringan dan tidak membebani RAM karena ukurannya yang kecil. Kelebihan utama lainnya adalah kualitas gambar yang dihasilkan oleh aplikasi ini sangat baik, dan ia dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap, termasuk opsi untuk mengedit gambar dan berbagi ke media sosial.

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah adanya iklan yang muncul dalam aplikasi ini karena aplikasinya gratis. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat mengambil tangkapan layar dari konten yang dilindungi. Kekurangan lainnya adalah aplikasi ini menambahkan bilah tambahan di status bar, yang dapat sedikit merepotkan ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Salah satu fitur yang paling oke dalam aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Ketika dicoba, fitur ini terbukti cukup cepat dan mudah digunakan.

3. Screenshot Quick by DM Tech

Jika Anda merasa bosan dengan cara mengambil tangkapan layar yang sudah ada, Anda dapat mencoba aplikasi Screenshot Quick dari pengembang DM Tech. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi tangkapan layar Android dengan ukuran kecil dan antarmuka yang sederhana, sehingga dapat digunakan di berbagai perangkat Android, baik yang lama maupun yang baru.

Seperti aplikasi sebelumnya, Screenshot Quick memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar menggunakan beberapa metode, termasuk tombol overlay, getaran perangkat, ikon di bilah notifikasi, dan tombol fisik.

Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengatur tingkat kualitas dari hasil tangkapan layar. Anda dapat memilih dari enam tingkat kualitas berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini juga mendukung format file PNG dan JPG, dan hasil tangkapan layarnya disimpan dalam album khusus.

Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengambil tangkapan layar secara bertubi-tubi, yang sangat berguna ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar dari video atau konten yang bergerak.

Jadi, jika Anda mencari cara baru untuk mengambil tangkapan layar di perangkat Android Anda, Screenshot Quick bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba.

4. Screenshot Easy

Bagi pemilik HP Android, Screenshot Easy adalah salah satu aplikasi yang mudah digunakan. Aplikasi gratis ini memiliki ukuran yang kecil namun dilengkapi dengan beragam fitur lengkap. Tidak heran, aplikasi ini mendapatkan banyak tanggapan positif dari pengguna Android.

Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah cara penggunaannya yang sangat sederhana. Anda hanya perlu mengetuk ikon kamera untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengambilan tangkapan layar dengan menggoyangkan HP. Aplikasi ini juga menyediakan fasilitas pengeditan yang cukup baik. Anda dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar dari halaman web, film, hingga permainan.

Ketika kami mencoba, aplikasi ini merespons dengan cepat ketika ikon kamera disentuh. Namun, ketika mencoba menggoyangkan HP, terdapat sedikit jeda dalam pengambilan tangkapan layar, bahkan beberapa kali tidak berhasil mengambil tangkapan layar. Meskipun begitu, aplikasi ini tetap mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Fitur App Drawer MIUI 11 di HP Xiaomi

5. Screen Master

Aplikasi ini mirip dengan aplikasi screenshot lainnya, dengan antarmuka yang cukup sederhana dan praktis, membuatnya mudah digunakan. Aplikasi ini juga ringan dan tidak membebani RAM. Kelebihan utamanya adalah kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik, dan fitur yang lengkap, termasuk fitur pengeditan dan kemampuan berbagi ke media sosial.

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah adanya iklan yang muncul karena aplikasi ini gratis. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat mengambil gambar dari konten yang dilindungi. Kekurangan lainnya adalah adanya bilah tambahan di status bar, yang bisa sedikit merepotkan saat ingin mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Saat dicoba, fitur ini ternyata cukup cepat dan mudah digunakan.

Dengan sejumlah fitur tersebut, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi tangkapan layar terbaik yang tersedia di Play Store. Tidak heran aplikasi gratis ini telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna dan mendapatkan peringkat ulasan 4,7. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering mengambil tangkapan layar di HP Anda.

Demikianlah beberapa metode umum dan khusus yang bisa dicoba oleh pengguna Samsung Galaxy A23 5G ketika ingin mengambil tangkapan layar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.