Harga Samsung Galaxy A23 5G Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A23 5G

Fitur Unggulan


  • Layar PLS LCD dengan refresh rate 120Hz
  • SoC mid range Snapdragon 695
  • Permukaan body dengan polesan matte yang tidak licin
  • Konektivitas 5G, WiFi 5 dan NFC
  • Baterai besar 5000 mAh, didukung dengan teknologi fast charging 25W
  • Kamera utama 50 MP yang dilengkapi OIS

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G

Umum
Rilis September 2022
JaringanGSM, HSPA, LTE, 5G
SIM CardSingle SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat197 gram
Dimensi165.4 x 76.9 x 8.4 mm
MaterialDepan Kaca Gorilla Glass 5, Belakang Plastik, Frame Plastik
WarnaBlack, White, Peach, Blue

Layar
TipeIPS LCD, 120 Hz
Ukuran6.6 inci, ~82.5% rasio screen-to-body
Resolusi1080 x 2408 pixel, rasio 20:9, ~400 ppi

Platform
OSAndroid 12, One UI 4.1
ChipsetQualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm)
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 660 Silver)
GPUAdreno 619

Memori
Internal4/64 GB, 6/128 GB, 8/128 GB
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF, OIS 5 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/5", 1.12┬Ám 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, panorama, HDR
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi8 MP, f/2.2, (wide)
Fitur-
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.1, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
RadioFM Radio
NFCAda
USBUSB Type-C 2.0

Fitur
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, compass
LainnyaVirtual proximity sensing

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5000 mAh
FiturFast charging 25W

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Samsung Galaxy A23 5G

Harga
6/128 GB - Rp 4.000.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Samsung Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G keluaran tahun berapa?

Samsung Galaxy A23 5G pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 dengan opsi RAM sebesar 6GB. Namun, pada akhir Maret 2023, Samsung memperkenalkan varian dengan RAM 8GB ke pasar Indonesia.

Harga Samsung A23 5G sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan versi 4G-nya. Meskipun demikian, perbedaan harganya tidak terlalu signifikan, sehingga pengguna dapat memperoleh smartphone kelas menengah dengan dukungan jaringan 5G yang lebih cepat daripada 4G.

Seperti apa desain Samsung Galaxy A23 5G?

Samsung A23 5G mengusung desain simpel ala Galaxy A Series dengan tampilan bodi yang minimalis. Ornamen pada perangkat ini tidak berlebihan, dan modul kameranya memiliki desain yang sederhana dan elegan. Sayangnya, HP ini memiliki lapisan glossy yang membuatnya rentan terhadap bekas atau jejak sidik jari.

Fitur-fitur utama ditempatkan secara standar. Tombol volume dan power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari terletak di sisi kanan ponsel. Sementara itu, di sisi kiri terdapat slot dual SIM dan microSD.

Bagian atas hanya dilengkapi dengan mikrofon, sedangkan bagian bawah menampilkan port pengisian USB Type-C, jack headphone 3,5 mm, mikrofon, dan speaker.

Dari segi ukuran, Galaxy A23 5G memiliki dimensi yang identik dengan versi 4G, yaitu 165,4 x 76,9 x 8,4 mm. Namun, bobotnya sedikit lebih berat, mencapai 197 gram.

HP Samsung A23 5G tersedia dalam warna apa saja?

Samsung Galaxy A23 5G dapat dibeli dalam tiga varian warna yang berbeda, yakni Hitam, Biru, dan Peach. Jika Anda menginginkan tampilan yang misterius namun tetap elegan, disarankan untuk memilih varian Hitam. Di sisi lain, apabila Anda lebih menyukai warna-warna pastel, Biru dan Peach adalah pilihan yang cocok!

Berapa ukuran layar Samsung Galaxy A23 5G?

Samsung Galaxy A23 5G menghadirkan layar berukuran 6,6 inci yang memberikan tampilan yang luas, terutama dengan desain notch Infinity-V display yang diterapkannya. Layar yang luas ini sangat cocok bagi pengguna yang gemar menikmati konten multimedia, seperti menonton film dan bermain game.

Meskipun menggunakan panel PLS LCD, resolusi FHD+ 1080 x 2408 piksel atau 400ppi memberikan visual yang sangat baik. Tingkat kecerahan maksimal mencapai 508 nits, dan dengan pengaturan manual yang dikombinasikan dengan tingkat warna hitam yang pekat, rasio kontrasnya juga terlihat cukup baik. Tampilan warna yang akurat dengan target DCI-P3 memberikan pengalaman visual yang memanjakan mata.

Dengan dukungan refresh rate adaptif hingga 120Hz, pengalaman menjelajah konten di layar PLS LCD berukuran 6,6 inci ini menjadi lebih mulus. Tak hanya itu, smartphone ini dilengkapi dengan perlindungan layar dari Gorilla Glass 5, menjadikannya lebih tahan terhadap goresan dan benturan ringan.

HP Samsung Galaxy A23 5G RAM nya berapa?

Samsung Galaxy A23 5G dapat dipilih dengan dua opsi RAM, yaitu 6 GB dan 8 GB.

Varian 6 GB merupakan pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga Samsung A23 5G versi 8 GB. Meskipun begitu, untuk pengguna yang menginginkan performa yang lebih tinggi, varian 8 GB menjadi opsi yang lebih baik.

Meskipun terdapat perbedaan pada kapasitas RAM, baik versi 6 GB maupun 8 GB memiliki memori internal sebesar 128 GB. Kapasitas ini sudah cukup untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna. Jika ada kebutuhan tambahan, pengguna masih dapat memperluas kapasitas penyimpanan dengan menggunakan kartu memori eksternal.

HP Samsung A23 5G pakai OS Android berapa?

Ketika pertama kali diluncurkan, Samsung Galaxy A23 5G menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka One UI 4.1. Antarmukanya dirancang agar responsif, intuitif, dan nyaman, baik saat melakukan pengaturan widget maupun personalisasi tema dan tampilan.

Sistem operasi ini juga dilengkapi dengan dukungan Samsung Knox, yang berfungsi untuk melindungi data di ponsel. Dengan fitur keamanan berlapis dari Samsung Knox, informasi yang tersimpan di ponsel dijamin lebih aman dari potensi serangan malware dan ancaman berbahaya lainnya.

Tidak hanya itu, sistem juga memberikan kontrol lebih pada notifikasi, meminta persetujuan pengguna sebelum mengizinkan aplikasi baru mengirim notifikasi atau memberikan opsi untuk menonaktifkannya secara default. Kontrol notifikasi menjadi lebih mudah diakses, memungkinkan pengguna untuk mengubahnya sesuai dengan preferensi masing-masing. Dari segi tampilan, kontras warna yang lebih baik, ikon aplikasi yang menarik, dan kemudahan pengenalan semakin menambah kualitas visual.

Samsung juga memberikan dukungan untuk pembaruan sistem operasi pada Galaxy A23 5G, memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade ke versi Android 13 dan One UI 5. Dengan melakukan upgrade, pengguna dapat menikmati perubahan pada performa dan antarmuka pengguna.

Bagaimana performa Samsung Galaxy A23 5G?

Secara keseluruhan, kinerja Samsung Galaxy A23 5G terasa cukup tangguh untuk kebutuhan sehari-hari. Perangkat ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 695 yang didukung oleh CPU Octa-core dan kartu grafis GPU Adreno 619 untuk pemrosesan grafisnya.

Dengan kombinasi spesifikasi tersebut, pengguna dapat mengandalkan performa yang baik untuk berbagai kegiatan multitasking sehari-hari, seperti chatting, menjelajah internet, atau melakukan streaming video.

Berapa skor Antutu Samsung Galaxy A23 5G?

Samsung Galaxy ini berhasil mencapai skor 318,821 di AnTuTu, menempatkannya dalam kelas skor yang dapat dianggap cukup tangguh. Meskipun berada di bawah Poco M4 5G, namun masih berada di atas Galaxy A23, A22 5G, dan Moto G62. Hal ini menunjukkan bahwa performa ponsel ini dapat diandalkan untuk kegiatan multitasking.

Apakah Samsung A23 5G cocok buat bermain game?

Berkat chipset Snapdragon 695 yang dimilikinya, Samsung Galaxy A23 5G memiliki kemampuan untuk memainkan game dari kategori ringan hingga berat. Salah satu game yang dapat dimainkan tanpa kendala adalah PUBG Mobile, bahkan ketika menggunakan pengaturan grafis pada level High. Bagi penggemar game balap, memainkan Asphalt 9 dengan pengaturan grafis tertinggi juga dapat dilakukan tanpa hambatan yang signifikan.

Frame rate yang dihasilkan cukup stabil tanpa adanya lag yang mengganggu. Keberadaan refresh rate 120Hz pada ponsel ini juga turut menyumbang pada pengalaman bermain dengan pergerakan layar yang lebih lancar.

Tak hanya itu, Samsung Galaxy A23 5G dilengkapi dengan fitur Game Booster yang dapat mempelajari pola bermain pengguna. Game Booster tidak hanya membantu mengoptimalkan kinerja baterai, suhu, dan memori pada ponsel, tetapi juga memblokir notifikasi dan aplikasi latar belakang untuk memastikan pengalaman bermain yang lebih fokus dan nyaman.

Apakah kualitas kamera Samsung Galaxy A23 5G bagus?

Samsung Galaxy A23 5G menawarkan kualitas kamera yang baik dengan empat kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, wide), kamera ultra wide 5 MP (f/2.2), kamera macro 2 MP (f/2.4), dan depth sensor 2 MP (f/2.4). Kombinasi ini mampu menghasilkan foto yang cukup baik, termasuk digital zoom hingga 10x dari kamera utama.

Kamera utama dilengkapi dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) untuk memastikan foto yang lebih stabil. Gambar yang dihasilkan memiliki kecerahan dan detail yang baik, terutama dalam kondisi siang hari. Warna yang dihasilkan dinamis dan sesuai dengan keaslian objek yang difoto.

Untuk fotografi di malam hari, fitur Night Mode hadir sebagai solusi untuk menghasilkan gambar yang tetap jernih dalam kondisi cahaya rendah.

Kamera selfie memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2, memberikan hasil yang cukup baik dengan warna kulit yang natural dan detail yang memadai. Fitur Beautify juga disertakan untuk membuat kulit terlihat lebih halus.

Samsung juga menambahkan fitur unik, yaitu Augmented Reality (AR) Zone, yang memungkinkan pengguna membuat avatar, stiker, dan dekorasi gambar dalam dunia virtual yang diciptakan oleh Samsung.

Dalam hal perekaman video, kualitasnya standar dengan resolusi 1080p@30 fps, tanpa opsi 4K. Meskipun begitu, adanya fitur OIS membantu menjaga kestabilan rekaman video.

Berapa mAh kapasitas baterai Samsung A23 5G?

Samsung A23 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas baterai ini, pengguna dapat menjelajah internet selama kurang lebih 18 jam atau menonton video selama 15 jam.

Daya tahan baterai juga ditingkatkan oleh fitur Adaptive Power Saving Mode. Saat diaktifkan, fitur ini akan mengaktifkan mode hemat daya pada ponsel, meningkatkan efisiensi konsumsi baterai. Fitur ini menjadi sangat berguna ketika baterai sudah hampir habis dan tidak ada charger di sekitar.

Apakah HP Samsung A23 5G ada teknologi fast charging?

Samsung Galaxy A23 5G telah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat 25W. Baterai ponsel dapat diisi dari 0% hingga 100% dalam waktu 1 jam 40 menit. Meskipun tidak termasuk yang tercepat, hal ini bisa dimaklumi mengingat kapasitas baterainya yang cukup besar, yakni 5000 mAh.

Apakah kualitas audio Samsung Galaxy A23 5G bagus?

Kualitas audio pada ponsel Samsung ini termasuk bagus di kelasnya. Meskipun hanya dilengkapi dengan satu speaker di bagian bawah, suaranya cukup kuat. Kualitas suara, terutama pada vokal dengan sedikit bass dan high range, terdengar cukup baik. Cocok digunakan untuk menonton film atau mendengarkan musik favorit.

Apakah Samsung A23 5G bisa dual SIM?

Tentu saja, Samsung A23 5G dilengkapi dengan slot dual SIM card, memungkinkan penggunaan dua nomor berbeda dalam satu ponsel. Untuk dapat memanfaatkan fitur ini, pastikan menggunakan kartu SIM berjenis nano SIM.

Letak sidik jari Samsung A23 5G di mana?

Samsung telah menempatkan sensor sidik jari atau fingerprint di tombol power di sisi kanan ponsel. Sensor ini terbukti responsif, cepat, dan akurat. Penempatan pada tombol power memudahkan pengguna untuk mengaksesnya ketika ingin membuka kunci ponsel.

Apakah Samsung Galaxy A23 5G tahan air?

Tidak, Samsung A23 5G juga belum dilengkapi dengan sertifikasi IP67, yang berarti tidak tahan air dan debu.

Apakah Samsung A23 5G ada fitur NFC?

Ya, Samsung Galaxy A23 5G dilengkapi dengan fitur NFC. Fitur ini mempermudah pengguna dalam melakukan transfer data dan transaksi non-tunai secara lebih praktis. Selain itu, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac untuk mendukung kelancaran koneksinya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.