Cara Screenshot Realme C31 dengan Mudah dan Cepat

Cara Screenshot HP Realme C31

Sebagai salah satu produsen smartphone, Realme selalu menyematkan fitur-fitur modern pada semua perangkat mereka, termasuk fitur seperti Gesture Screenshot 3 Jari dan Cuplikan Layar Panjang. Di bawah ini, Anda dapat melihat panduan penggunaan fitur-fitur tersebut.

Realme C31 dirilis pada akhir Maret 2022 dengan sistem operasi kustom Realme R berbasis Android 11. Sayangnya, banyak fitur yang telah dipangkas dalam ponsel ini, berbeda dari pendahulunya.

Kemungkinan hal ini disebabkan oleh penggunaan OS Realme R yang ditujukan khusus untuk smartphone dengan spesifikasi entry-level.

Cara mengambil tangkapan layar di Realme C31 sangat mudah, karena Anda dapat melakukannya dengan menekan kombinasi tombol atau melalui akses ke pusat kontrol. Selain fitur bawaan ini, Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar.

Baca juga : Cara Screenshot Realme C17 Praktis dan Simpel

Cara Screenshot di HP Realme C31

Menggunakan Tombol Fisik

Cara ini memungkinkan pengguna Android untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah. Hampir semua smartphone Android memiliki tombol fisik yang memungkinkan pengguna untuk membuat tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka area yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar.
  2. Tekan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan.
  3. Proses pengambilan tangkapan layar akan ditandai dengan layar yang berkedip dan bunyi seperti saat mengambil foto dengan kamera.
  4. Gambar tangkapan layar akan muncul sejenak dan otomatis tersimpan.
  5. Anda dapat menemukan hasil tangkapan layar yang telah disimpan di galeri ponsel Anda.

Melalui Control Center

Control Center adalah sebuah panel yang berisi berbagai fungsi yang memungkinkan akses cepat ke fitur atau aplikasi. Fitur ini juga dikenal sebagai Quick Panel atau Panel Pengaturan Cepat, yang mencakup opsi seperti Bluetooth, mengambil tangkapan layar, mengaktifkan Wi-Fi, dan banyak lagi. Berikut adalah panduan langkah demi langkah.

  1. Siapkan bagian layar yang ingin Anda tangkap.
  2. Selanjutnya, buka Control Center dengan mengusap layar dari atas ke bawah.
  3. Cari dan ketuk ikon "Screenshot".
  4. Setelah itu, akan muncul pratinjau tangkapan layar, dan di bagian bawah terdapat opsi untuk mengedit dan berbagi.
  5. Setelah selesai, tangkapan layar yang dibuat oleh sistem akan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Itulah dua cara yang paling praktis dan cepat untuk mengambil tangkapan layar di Realme C31.

Apakah Realme C31 Bisa Screenshot 3 Jari?

Untuk saat ini, tampaknya fitur tersebut belum tersedia. Kita berharap bahwa pada pembaruan ke Android 12, Realme akan mempertimbangkan untuk melengkapi ponsel C31 dengan fitur gesture screenshot tiga jari. Semoga pembaruan tersebut akan memberikan fitur tambahan yang berguna bagi pengguna.

Baca juga : Cara Main Ome TV Server Luar Negeri di Android

Kenapa Realme C31 Tidak Bisa Screenshot Panjang?

Pada smartphone yang menggunakan antarmuka Realme R, tampaknya tidak tersedia fitur untuk mengambil tangkapan layar panjang. Untuk melakukan tangkapan layar panjang, pengguna hanya dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti LongShot atau Stitchcraft.

Kami berharap bahwa fitur-fitur ini mungkin akan disertakan dalam pembaruan sistem operasi terbaru. Itulah cara untuk mengambil tangkapan layar di Realme C31 yang dapat kami bagikan, dan kami berharap Anda berhasil dalam mencobanya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.