6 Cara Mengatasi Layar HP Android Bergaris, Paling Ampuh!

cara mengatasi layar hp android bergaris

Pengguna smartphone saat ini benar-benar dimanjakan dengan layar HP yang menawan, dihiasi dengan berbagai tema yang menarik. Bahkan dengan harga yang terjangkau, kita bisa menikmati pengalaman menggunakan HP yang super mewah.

Namun, meskipun tampilannya memukau, terkadang masalah muncul saat layar LCD HP tiba-tiba mengalami garis-garis. Baik itu garis vertikal maupun horizontal, masalah ini tentu cukup mengganggu.

Tidak peduli merk smartphone apa yang kamu gunakan, seperti Asus, Xiaomi, Samsung, Vivo, dan lainnya, masalah ini bisa terjadi. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Dalam artikel ini, saya akan membagikan beberapa solusi yang mungkin dapat membantu kamu menyelesaikan masalah tersebut. 

Baca juga : Cara Menggunakan Aplikasi Terabox di iOS dan Android

Penyebab Layar Hp Android Bergaris

Sebelum kita mengupas masalah inti, yuk kita bahas sedikit tentang penyebab layar LCD HP bisa muncul garis-garis aneh. Sebenarnya, nggak ada penyebab pasti kenapa layar HP bisa jadi bergaris putih, hijau, warna-warni, atau bahkan goyang-goyang gitu.

Tapi, ada beberapa hal umum yang sering jadi penyebabnya, nih. Jadi, mari kita kupas satu per satu ya.

1. Akibat Terjatuh

Ini adalah salah satu penyebab umum mengapa layar HP bisa mengalami garis-garis. Apalagi jika layar HP tidak dilengkapi dengan pelindung, maka ketika HP jatuh, layarnya bisa rusak.

2. Hp Terkena Air

Tidak semua HP memiliki ketahanan terhadap air yang baik, sehingga jika terkena air, HP bisa mengalami error berupa garis vertikal atau horizontal pada layar. Jika HP terendam dalam air, masalah yang timbul mungkin akan lebih parah.

3. Layar Tertekan

Jika layar HP tertekan atau mengalami tekanan, misalnya karena tertindih atau terkena benda berat di bagian layar, hal itu dapat menyebabkan kerusakan berupa garis-garis pada layar.

4. Terjadi Error

Meskipun jarang terjadi, layar bisa mengalami error akibat kegagalan atau kesalahan saat melakukan root, ketidakstabilan sistem, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita akan membahas cara mengatasi layar HP yang bergaris. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu coba. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Atur Layar di Opsi Pengembangan

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan tanpa aplikasi adalah dengan melakukan pengaturan di Opsi Pengembang atau Developer Options.

Biasanya, di dalam menu tersebut terdapat pengaturan "Show Pointer Location" yang dapat digunakan untuk menghilangkan garis di layar HP. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Buka menu Pengaturan (Settings) di Android kamu.
  • Masuk ke bagian Pengaturan Tambahan (More Settings).
  • Pilih menu Opsi Pengembang (Developer Options). Jika opsi tersebut tidak terlihat, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Admin sudah pernah membuatkan tutorialnya di sini.
  • Matikan opsi "Show Pointer Location".
  • Secara otomatis, garis yang ada di layar akan menghilang.

Jika cara di atas masih belum berhasil, kamu dapat mencoba cara berikutnya.

2. Tekan Permukaan Layar HP

Berikutnya, cara mengatasi layar HP yang bergaris adalah dengan menekan permukaan layarnya. Terdengar sederhana, tapi siapa tahu itu bisa jadi solusi, kan.

Biasanya, jika layar HP tertekan oleh benda berat, akan ada titik tertentu yang tertekan lebih kuat, sehingga bisa menyebabkan error atau gangguan di dalamnya.

Dengan menekan-nekan layar, harapannya adalah bisa membuat layar kembali ke posisi semula sehingga garis-garis tersebut menghilang. Siapa tahu cara ini bisa membantu mengatasi masalah kamu.

3. Gunakan Aplikasi LCD Fixer

Ada banyak aplikasi yang dapat membantu mengatasi masalah pada layar ponsel, salah satunya adalah aplikasi bernama Dead Pixels Test and Fix. Aplikasi ini dirancang untuk mendeteksi dan memperbaiki garis-garis atau titik-titik mati pada layar HP.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Dead Pixels Test and Fix:

  • Unduh dan instal aplikasi Dead Pixel Test and Fix.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama, ketuk tombol "Check Dead Pixels and Fix Dead Pixels".
  • Aplikasi akan mulai melakukan pemeriksaan dan perbaikan.
  • Tunggu proses hingga selesai.

Dengan begitu, aplikasi ini dapat membantu mengatasi masalah garis-garis di layar HP kamu.

4. Reset Hp Andorid

Jika layar HP tidak pernah terjatuh, tertindih, atau tertimpa benda berat, namun muncul garis hijau, ada kemungkinan HP mengalami error, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya sebagai salah satu penyebab.

Jika saat booting garis vertikal atau horizontal tersebut menghilang, kemungkinan sistem mengalami masalah. Salah satu cara mengatasi layar HP bergaris adalah dengan melakukan reset HP.

Berikut cara melakukannya:

  • Masuk ke menu Pengaturan ponsel.
  • Buka pengaturan Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Jika tidak ada, masuk ke Pengaturan Tambahan terlebih dahulu.
  • Tap Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Selesai.

5. Keringkan Hp (Jika terkena air)

Jika garis muncul setelah HP terkena air, kemungkinan HP mengalami kerusakan akibat air yang masuk ke dalam komponen HP, menyebabkan konslet.

Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan HP dan mengeringkannya. Buka bagian belakang HP jika memungkinkan.

Biarkan HP dalam keadaan mati selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari agar air di dalamnya benar-benar mengering dan mengurangi risiko konsleting.

Setelah merasa HP sudah kering, coba hidupkan kembali dan periksa apakah garis telah menghilang. Jika belum, kemungkinan besar HP perlu diperiksa oleh teknisi profesional.

Baca juga : Cara Rename Foto atau Video di iPhone dan iPad

6. Ganti LCD

Jika semua cara sebelumnya tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mengganti LCD. Karena jika kerusakan sudah parah, akan sulit untuk mengembalikannya normal dengan cara-cara biasa.

Untuk mendapatkan tampilan layar seperti semula, Anda perlu mengganti LCD. Biaya penggantian LCD biasanya berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp400 ribu, tergantung pada merk HP yang digunakan.

Namun, penggantian LCD sebaiknya menjadi pilihan terakhir. Selama cara-cara sebelumnya berhasil, tidak perlu langsung mengganti LCD.

Itulah beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi layar HP yang bergaris. Jika Anda memiliki rekomendasi atau solusi lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Akhir Kata

Itulah tutorial cara mengatasi layar HP yang bergaris. Semoga berhasil!

Namun, jika cara-cara tersebut tidak memberikan hasil yang diharapkan, Anda harus membawa HP ke tempat service resmi.