Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C

Pada akhir bulan Juni 2020, Xiaomi, merek ponsel asal Tiongkok, mengumumkan peluncuran perangkat terbarunya, Redmi 9C, dengan harga yang sangat terjangkau. Peluncuran ponsel entry-level ini didasari oleh upaya Xiaomi dalam bersaing dengan Realme C11 yang berada dalam rentang harga yang sama.

Xiaomi Redmi 9C

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9C
  • Layar: IPS LCD 6.53 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Kamera: 13 MP (wide)2 MP (macro)2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi Redmi 9C dan Harganya

Redmi 9C merupakan bagian dari keluarga Redmi 9, bersama dengan Redmi 9 dan Redmi 9A. Dengan spesifikasi yang berada di tengah-tengah, ponsel ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan Mi Fans akan ponsel yang lebih ekonomis daripada Redmi 9, namun memiliki kinerja yang lebih baik dari Redmi 9A. Sebuah pertanyaan muncul, apa sajakah keunggulan dan kelemahan dari HP Redmi terbaru ini? Yuk, cari tahu pada artikel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C

Kelebihan

Redmi 9C, dengan harga yang lebih terjangkau daripada Redmi 9, menawarkan peningkatan nilai dalam segi penggunaan kamera. Redmi 9C menghadirkan triple camera yang terdiri dari lensa 13 MP (lebar), 5 MP (makro), dan 2 MP (kedalaman), mengurangi jumlah kamera dibandingkan dengan Redmi 9 yang memiliki quad camera. Meskipun tidak memiliki lensa ultra lebar, Redmi 9C masih menawarkan mode panorama untuk memperluas bidang pandang.

Triple Camera Xiaomi Redmi 9C

Kamera depan Redmi 9C memiliki resolusi 5 MP yang tidak hanya berfungsi sebagai kamera selfie, tetapi juga sebagai sarana facial recognition untuk membuka kunci layar. Meskipun kamera Redmi 9C dapat menghasilkan gambar dengan ketajaman yang baik dalam kondisi pencahayaan yang baik maupun minim, perbedaan kualitas gambar antara Redmi 9 dan Redmi 9C hanya sedikit terlihat.

Baterai Jumbo Xiaomi Redmi 9C

Selain itu, Redmi 9C dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang dan fitur Face Unlock untuk keamanan tambahan. Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, Redmi 9C dapat bertahan sepanjang hari, menjadikannya pilihan yang baik untuk pengguna yang menginginkan ponsel dengan daya tahan baterai yang baik.

Meskipun layar Redmi 9C hanya memiliki resolusi HD+ dengan ukuran 6,53 inci, layar ini cukup besar untuk menikmati konten multimedia. Performa Redmi 9C didukung oleh chipset Helio G35 dengan fabrikasi 12 nm dan prosesor 8 inti berkecepatan 2,3 GHz (ARM Cortex A53), serta pengolah grafis PowerVR GE8320. Chipset ini terbukti memiliki performa yang baik dalam kelasnya, melampaui chipset Snapdragon 450 yang biasanya ditemukan pada ponsel dengan harga serupa.

Chipset MediaTek Helio G35

Dengan skor benchmark Antutu v8 sebesar 110.505, Helio G35 berhasil menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 450 yang hanya mencapai 88168. Redmi 9C juga hadir dalam pilihan warna yang menarik seperti Sunrise Orange, Midnight Gray, dan Twilight Blue, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk memperluas penyimpanan.

Dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Redmi 9C merupakan pilihan yang menarik dalam segmen harga 1 jutaan, menawarkan nilai lebih bagi pengguna yang mengutamakan kualitas kamera, daya tahan baterai, dan performa yang baik.

Kekurangan

Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan saat memilih ponsel adalah ketahanan layarnya terhadap kerusakan akibat jatuh. Redmi 9C, sayangnya, tidak dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass pada layarnya, berbeda dengan Redmi 9 yang setidaknya dilapisi dengan Gorilla Glass 3. Bahkan Redmi 8, sebagai pendahulu dari seri ini, telah dilapisi dengan Gorilla Glass 5. Ini menunjukkan bahwa dari segi ketahanan layar, Redmi 9C sedikit kalah unggul dibandingkan dengan ponsel lain dalam rentang harga yang sama.

Xiaomi Redmi 9C

Kekurangan lainnya dari Redmi 9C adalah kurangnya dukungan fast charging. Dengan kapasitas baterai yang besar, proses pengisian daya Redmi 9C memerlukan waktu yang cukup lama. Karena tidak dilengkapi dengan fast charging, pengguna harus bersabar untuk menunggu pengisian daya ponsel hingga penuh dalam waktu yang lebih lama.

Namun, bagi yang membutuhkan fitur fast charging, Redmi 9 dapat menjadi alternatif yang lebih baik. Dengan dukungan pengecasan 18 W, Redmi 9 memiliki waktu pengisian daya yang lebih cepat dibandingkan dengan Redmi 9C.

Redmi 9C juga masih menggunakan charging port microUSB 2.0, yang dianggap inferior karena sulit dalam pemasangan kabel dan memiliki kelemahan dalam kecepatan transfer data. Meskipun hal ini mungkin dianggap wajar mengingat harga yang terjangkau, beberapa ponsel lain dalam kategori harga serupa, seperti Redmi 8, Redmi 9, dan Redmi 8A Pro, telah menggunakan USB tipe-C yang lebih modern.

Jadi, sebelum memutuskan untuk meningkatkan anggaran untuk ponsel dengan fitur yang lebih lengkap, penting untuk mempertimbangkan berbagai fitur dan spesifikasi yang disediakan oleh ponsel dalam rentang harga yang sama.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.