Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Redmi Note 9

Di era digital saat ini, memiliki smartphone yang memiliki kualitas bagus namun tetap terjangkau bukanlah sekadar impian belaka. Salah satu contohnya adalah Redmi Note 9, penerus dari Redmi Note 8 yang telah hadir di Indonesia sejak bulan Juni 2020. Smartphone ini hadir dengan harga yang cukup bersahabat di kantong, dimulai dari Rp2.499.000,-.

Redmi Note 9

Spesifikasi Redmi Note 9
  • Layar: IPS LCD 6.53 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G85
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Kamera: 48 MP (wide)8 MP (ultrawide)2 MP (macro)2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 5020 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi Redmi Note 9 dan Harganya

Redmi Note 9 hadir dalam dua varian, yaitu versi Pro dan versi reguler. Meskipun versi reguler ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah daripada versi Pro, bukan berarti kelebihan yang dimiliki olehnya tidak dapat diapresiasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih rinci mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9, sehingga Anda dapat mempertimbangkan dengan lebih baik sebelum memutuskan untuk membeli.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9

Kelebihan

Redmi Note 9 adalah smartphone Xiaomi yang meskipun tidak termasuk dalam kategori harga atas, namun memiliki performa yang cukup baik. Smartphone ini menggunakan chipset MediaTek Helio G85 dengan fabrikasi 12nm. Chipset ini terdiri dari 8 inti, dengan 2 inti Cortex A75 berkecepatan 2.0 GHz dan 6 inti Cortex A55 berkecepatan 1,8 GHz. Di bagian pengolah grafis, Redmi Note 9 menggunakan Mali G52 MC2.

Perfoma Redmi Note 9

Performa chipset Helio G85 ini tergolong unggul dan bersaing di pasaran dengan harga sekitar Rp2-jutaan. Helio G85 mampu mencapai skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 205946, lebih tinggi dibandingkan dengan Redmi Note 8 yang menggunakan Snapdragon 665 dengan skor 169585 pada AnTuTu 8.

Baterai Jumbo Redmi Note 9

Baterai Redmi Note 9 memiliki kapasitas 5020 mAh, yang cukup besar untuk penggunaan sehari-hari. Smartphone ini dapat bertahan lama untuk bermain game, menonton video, atau bersosial media. Menurut GSMArena, Redmi Note 9 memiliki endurance rating dengan durasi 125 jam dan dapat bertahan 35 jam untuk menelepon pada jaringan 3G, serta 18 jam untuk menonton video atau browsing.

Redmi Note 9 masih menyediakan port audio 3.5mm, sehingga Anda dapat menggunakan headset atau speaker dengan mudah tanpa perlu mengaktifkan Bluetooth yang dapat menguras daya baterai.

Dari segi kamera, Redmi Note 9 dilengkapi dengan konfigurasi empat lensa, yaitu 48 MP (lebar), 8 MP (ultra lebar), 2 MP (makro), dan 2 MP (sensor kedalaman). Sedangkan kamera selfie memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.3. Hasil foto close up dan malam hari dari kamera Redmi Note 9 juga cukup baik.

Redmi Note 9 memiliki dua varian memori internal, yaitu 64 GB dengan RAM 3 GB dan 128 GB dengan RAM 4 GB. Dukungan slot microSD juga tersedia untuk memperluas penyimpanan.

Bodi Redmi Note 9

Bodi Redmi Note 9 dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 pada layar dan memiliki kemampuan anti air. Smartphone ini juga hadir dalam beberapa varian warna yang elegan, seperti Forest Green, Midnight Grey, dan Polar White.

Redmi Note 9 mendukung resolusi HD pada layanan streaming seperti Netflix karena memiliki lisensi Widevine L1, yang merupakan level keamanan tertinggi. Dengan demikian, Anda dapat menikmati konten dengan resolusi Full HD tanpa kendala.

Kekurangan

Redmi Note 9 hadir dengan fitur fast charging untuk mengisi daya baterai lebih cepat. Namun, fitur ini hanya mendukung daya 18 W, yang dianggap kurang cepat untuk mengisi baterai secara optimal. Menurut GSMArena, pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam, yang masih tergolong lama untuk standar fast charging.

Smartphone ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6,53 inci, yang umumnya ditemukan pada smartphone dengan harga sekitar Rp2-jutaan. Namun, layar ini memiliki kecerahan maksimal yang kurang baik, yaitu hanya 370 nits saat diatur secara manual. Hal ini membuat sulit untuk melihat layar di luar ruangan pada siang hari.

Redmi Note 9 juga dilengkapi dengan fitur NFC, namun fitur ini hanya tersedia pada model tertentu yang tidak dirilis di Indonesia, seperti model M2003J15SG. Jika NFC merupakan fitur yang penting bagi Anda, lebih baik memilih Redmi Note 9 Pro yang memiliki NFC pada semua modelnya.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.