Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno3

OPPO Reno pertama kali hadir pada tahun 2019, dan pada tahun 2020, berbagai produk baru diluncurkan dengan merek Reno. Ini menunjukkan bahwa OPPO Reno series mencakup berbagai kelas produk, mulai dari menengah hingga atas.

OPPO Reno3

Spesifikasi OPPO Reno3
  • Rilis: April 2020
  • Layar: AMOLED 6,4 inci, 1080 x 2400 pixels
  • Chipset: Helio P90 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (uses shared SIM slot)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 13 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4025 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi OPPO Reno3 dan Harganya

OPPO Reno hadir dengan seri kelas atas seperti OPPO Reno 10x Zoom dan seri kelas menengah seperti OPPO Reno2 F. Dengan beragam produk ini, bisa diprediksi bahwa akan ada lebih banyak varian OPPO Reno di masa depan, termasuk OPPO Reno3.

OPPO Reno3 dijual dengan harga sekitar Rp5 jutaan (saat artikel ini ditulis), yang kemungkinan akan turun seiring berjalannya waktu. Harganya tidak terlalu jauh dari OPPO Reno2 F, sehingga OPPO Reno3 dapat dianggap sebagai penerus dari model sebelumnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang OPPO Reno3, mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya. Namun sebelum itu, mari kita lihat spesifikasi dari OPPO Reno3 terlebih dahulu.

Kelebihan OPPO Reno3

OPPO Reno3 memiliki layar berukuran 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan kerapatan layar 411 ppi. Layar ini menggunakan panel AMOLED yang memberikan tampilan yang bagus, terutama dengan fitur Always-on-display yang disediakan.

Layar OPPO Reno3

Meskipun layarnya tidak sepenuhnya full screen karena adanya kamera waterdrop, layar OPPO Reno3 tetap dianggap bagus. Kapasitas baterainya adalah 4.025 mAh, yang tergolong standar, namun daya tahannya dianggap baik. Dengan penggunaan yang tidak terlalu intensif, ponsel ini dapat bertahan hingga 2 hari 11 jam. Uji PCMark Battery Life juga memberikan skor yang bagus, mencapai 14 jam 57 menit.

Ponsel ini mendukung pengisian cepat VOOC 3.0, yang memungkinkan pengisian 50% dalam 30 menit dan pengisian penuh dalam 73 menit. Ponsel ini juga memiliki Sensor biometrik yang cepat, baik sensor pengenalan wajah maupun sidik jari di layar.

Kamera OPPO Reno3

OPPO Reno3 memiliki empat kamera belakang: kamera utama 48 MP, kamera telefoto 13 MP dengan 2x optical zoom, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera monokrom 2 MP. Hasil foto dari ponsel ini dianggap baik dengan mode HDR yang efektif.

Fitur menarik dari kamera ini adalah kemampuan untuk masuk ke mode 108 MP Ultra Clear Image dan Ultra Dark Mode untuk pemotretan dalam kondisi gelap. Fitur Dazzle Color juga hadir untuk menghasilkan warna yang cerah.

Kamera depannya adalah 44 MP dengan fitur AI Beauty dan Ultra Night Selfie Mode untuk selfie dalam kondisi gelap. Ponsel ini juga bisa merekam video dengan resolusi 1080p 60fps dengan stabil berkat fitur Ultra Steady Video 2.0.

OPPO Reno3 juga disertai dengan earphone berkualitas dalam kotak penjualannya, yang menambah nilai tambah bagi pengguna yang menghargai kualitas audio yang baik.

Kekurangan OPPO Reno3

OPPO Reno3 memiliki beberapa kekurangan yang cukup mencolok. Chipset yang digunakan adalah Mediatek Helio P90, yang meskipun meningkat dibandingkan dengan Helio P70 yang digunakan pada OPPO Reno2 F, namun tidak memberikan performa yang sebanding dengan harga ponsel ini. Meskipun chipset ini mampu menghasilkan skor yang cukup baik dalam benchmark, namun penggunaan Helio P90 menunjukkan bahwa OPPO Reno3 tidak fokus pada performa yang optimal untuk harga yang ditawarkan.

OPPO Reno 3

Kekurangan lain dari OPPO Reno3 adalah bobotnya yang tergolong berat. Dengan layar 6,4 inci, ponsel ini memiliki bobot yang mendekati 200 gram, membuatnya terasa cukup berat.

Meskipun demikian, performa OPPO Reno3 masih cukup baik untuk bermain gim seperti PUBG Mobile dan COD Mobile dengan pengaturan grafis yang cukup tinggi. Namun, penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama untuk bermain gim bisa menyebabkan peningkatan suhu bodi yang cukup signifikan.

Ketidakhadiran fitur NFC juga menjadi salah satu kekurangan dari OPPO Reno3. Fitur ini seharusnya hadir dalam ponsel di kelas harga ini untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan.

Bodi polikarbonat yang menyerupai kaca pada OPPO Reno3 memberikan kesan premium namun rentan terhadap sidik jari. Penggunaan kasing pelindung sangat disarankan untuk menjaga penampilan ponsel ini.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.