10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A12 yang Wajib Diketahui

Apakah Anda sedang menanti produk OPPO berikutnya dengan harga yang ramah di kantong? Jika iya, OPPO A12 mungkin bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Smartphone yang ditujukan untuk segmen entry-level ini hadir dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang cukup mumpuni untuk mendukung aktivitas sehari-hari Anda.

OPPO A12

Spesifikasi OPPO A12
  • Layar: IPS LCD 6.22 inci
  • Chipset: MediaTek Helio P35
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Kamera: 13 MP (wide)2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 4230 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi OPPO A12 dan Harganya

Sebagai salah satu merek ponsel terkemuka di pasaran, OPPO terus berinovasi dan memberikan produk berkualitas bagi konsumennya. OPPO A12 tidak terkecuali, menawarkan sejumlah keunggulan di berbagai aspek. Namun, seperti halnya perangkat lainnya, OPPO A12 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan apakah OPPO A12 adalah pilihan yang tepat, berikut adalah 10 kelebihan dan kekurangannya yang dibahas secara lebih mendalam.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A12

Kelebihan OPPO A12

Dalam beberapa rilis ponsel terbaru, terlihat tren penghilangan dukungan terhadap memori eksternal, digantikan dengan kapasitas memori internal yang besar. Meskipun demikian, masih ada sebagian orang yang menginginkan kehadiran slot memori eksternal. Hal ini menjadi salah satu keunggulan OPPO A12 yang dilengkapi dengan slot microSD khusus hingga kapasitas 256 GB.

Slot Eksternal

OPPO A12 memiliki satu slot yang terletak di sisi kiri bodi, berdekatan dengan tombol volume. Slot ini dapat membuka tiga tray - dua tray untuk kartu SIM dan satu untuk memori eksternal.

Dengan baterai berkapasitas 4230 mAh, OPPO A12 mampu mendukung berbagai aktivitas dalam ponsel dengan durasi yang panjang. Kapasitas baterai yang besar memang menjadi faktor kunci dalam sebuah ponsel.

Baterai 4230 mAh

Bagi pecinta binge-watching atau gamer yang bermain sepanjang hari, kapasitas baterai OPPO A12 sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan. Anda dapat bermain game selama 8 jam atau streaming video HD selama 17 jam sebelum baterai habis. Dengan harga yang terjangkau, kapasitas baterai 4230 mAh ini memberikan nilai yang baik bagi pengguna.

Audio Dirac

OPPO memasukkan fitur unik pada OPPO A12, yaitu audio Dirac yang berguna untuk menyesuaikan kualitas audio dengan aktivitas yang sedang dilakukan.

Fitur ini tidak memerlukan tindakan apapun untuk diaktifkan. Saat bermain game, mendengarkan musik, atau menonton film, fitur ini akan secara otomatis beralih mode untuk menciptakan pengalaman audio yang optimal untuk setiap aktivitas.

Untuk memberikan pengalaman yang memukau, banyak produsen ponsel kini menanamkan layar berukuran besar pada produk mereka. OPPO A12 memiliki layar sentuh kapasitif berukuran 6,22 inci yang mencakup sebagian besar bagian depan ponsel. Layar ini dilindungi oleh kaca pelindung Gorilla Glass 3 untuk melindungi dari goresan.

Layar ini juga meningkatkan estetika ponsel dengan penempatan kamera depan berponi dan bezel tipis. OPPO A12 menampilkan desain modern yang berkelas.

Fingerprint Sensor dan Face Unlock

Meskipun harga terjangkau, OPPO A12 tetap menyertakan fitur-fitur terbaru, seperti fitur Face Unlock.

Selain sensor sidik jari di bagian belakang, OPPO A12 juga dapat mengenali wajah pengguna menggunakan sensor AI yang dapat mendeteksi 128 poin biometrik pada wajah. Sensor wajah ini mampu membuka layar hanya dalam 0,08 detik, dengan tingkat akurasi yang tinggi untuk keamanan.

Desain Bodi OPPO A12

Seperti yang diharapkan dari ponsel OPPO, desain bodinya selalu menjadi daya tarik utama. OPPO A12 memiliki desain bodi belakang dengan aksen berlian dan dua varian warna yang tersedia, hitam dan biru.

Desain belakang ini memberikan kesan mewah dengan aksen berlian yang tampak seperti berlian sungguhan. Bahan materialnya bukan glossy, sehingga lebih tahan terhadap goresan dan nyaman digenggam.

Kekurangan OPPO A12

Di era modern ini, banyak HP yang menggunakan layar terbaru seperti AMOLED. Layar AMOLED memiliki keunggulan seperti hemat daya dan warna yang lebih akurat.

Sementara layar IPS LCD pada OPPO A12 tidak mampu menampilkan warna hitam sebenarnya. Layar ini juga masih memancarkan backlight saat mati, yang bisa menghabiskan daya secara tidak efisien. Layar AMOLED juga memiliki kontras yang lebih baik. Beberapa HP di segmen harga yang sama bahkan sudah menggunakan layar Super AMOLED.

OPPO A12 memiliki kapasitas baterai besar yang tahan lama. Namun, kekurangannya adalah tidak mendukung fast charging, yang bisa membuat pengisian baterai memakan waktu lebih lama.

Meski hasil gambar dari kamera OPPO A12 bagus, namun ponsel ini hanya memiliki dua kamera belakang. Beberapa fitur kamera yang tersedia termasuk time-lapse photography, mode profesional, mode potret, AR Stickers, dan 6x digital zoom. Perekaman video juga mendukung resolusi 1080p. Meski begitu, beberapa HP dengan harga serupa sudah memiliki tiga atau empat kamera belakang, termasuk lensa ultrawide.

OPPO A12 menggunakan ColorOS 6.1 berbasis Android Pie saat pertama kali rilis. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi yang menginginkan fitur Android 10 terbaru out of the box.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.