Harga Oppo A12 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Oppo A12

Fitur Unggulan


  • Fitur keamanan AI Face Unlock dan pemindai sidik jari
  • Dual SIM
  • Uji pengendalian mutu ketat
  • Penutup belakang unik dengan desain Diamond Blaze
  • Slot microSD khusus up to 256 GB

Selengkapnya :Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12

Spesifikasi Oppo A12

Umum
RilisApril 2020
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat165 gram
Dimensi155.9 x 75.5 x 8.3 mm
MaterialDepan Kaca, Belakang Plastik, Frame Plastik
WarnaBlue, Black

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.22 inci, ~82.0% rasio layar ke body
Resolusi720 x 1520 pixel, rasio 19:9, ~270 ppi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie), ColorOS 6.1
ChipsetMediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
CPUOcta-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
Internal3/32 GB, 4/64 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1", 1.12µm, PDAF 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/2.0, 1/5", 1.12µm
FiturHDR
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
RadioFM Radio
NFCTidak ada
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas4230 mAh
FiturTidak ada

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Oppo A12

Harga
3/32 GB - Rp 1.300.000 4/64 GB - Rp 1.500.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang OPPO A12

OPPO A12 keluaran tahun berapa?

OPPO A12 secara resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan April 2020, membawa sejumlah spesifikasi yang menarik perhatian dalam kelasnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ponsel ini, silakan cek ulasan mengenai spesifikasi dan harga OPPO A12 di bawah ini!

Bagaimana desain OPPO A12?

Bagian belakang OPPO A12 mengadopsi konsep 3D Diamond Blaze dengan desain Diamond Cut, mirip dengan seri sebelumnya, yaitu OPPO A3. Pada seri A12 ini, OPPO menambahkan pola garis untuk meningkatkan tekstur agar tidak licin dan lebih tahan terhadap kotoran serta sidik jari.

Ukuran smartphone OPPO ini tetap nyaman digenggam dengan dimensi 155.9 x 75.5 x 8.3 mm. Bobot ponsel ini ringan, hanya sekitar 165 gram. Dengan bobot yang tergolong ringan tersebut, pengguna tidak akan merasa pegal saat memegangnya dalam jangka waktu yang lama.

Apa saja pilihan warna HP OPPO A12?

Ponsel OPPO seri A12 ini hadir dengan pilihan warna yang terbatas, hanya dua opsi yang tersedia, yaitu Biru dan Hitam.

Bagaimana tampilan layar OPPO A12?

OPPO A12 memiliki layar berukuran 6,22 inci yang memberikan tampilan yang luas. Bezel-nya cukup tipis dengan desain water drop notch, yang tidak mengurangi banyak area pada layar.

Ponsel ini menggunakan panel layar IPS LCD dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Meskipun spesifikasinya belum mencapai tingkat terbaik, namun sudah memuaskan untuk kelasnya.

Kontras warna yang dihasilkan terlihat seimbang dan cukup cerah, terutama ketika digunakan di dalam ruangan. Namun, beberapa pengguna menyatakan bahwa layar HP ini terasa kurang terang saat digunakan di luar ruangan pada siang hari.

OPPO telah melengkapi layar ini dengan Gorilla Glass 3 untuk memberikan perlindungan terhadap goresan dan benturan.

Berapa resolusi kamera OPPO A12?

Ponsel ini dilengkapi dengan sistem kamera ganda di bagian belakang. Konfigurasi kamera utamanya terdiri dari lensa 13 MP (f/2.2) yang dipasangkan dengan depth sensor 2 MP (f/2.4). Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera dengan resolusi 5 MP (f/2.0).

Apakah OPPO A12 ada kamera ultra wide?

Tidak, dalam hal spesifikasi kamera, OPPO A12 hanya dilengkapi dengan lensa wide dan sensor kedalaman.

Apakah kualitas kamera OPPO A12 bagus?

Kualitas kamera pada HP OPPO A12 tidak mengecewakan, terutama mengingat kelas harganya yang cukup terjangkau. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP, f/2.2 (wide) dan 2 MP, f/2.4 (depth), dilengkapi dengan fitur PDAF, LED flash, HDR, hingga Panorama untuk memaksimalkan hasil foto.

Gambar yang dihasilkan menampilkan detail yang memadai, dan warnanya tampak natural. Hasil foto dalam kondisi pencahayaan yang cukup juga terlihat tajam dan minim noise. Sayangnya, karena hanya memiliki dua lensa kamera, yaitu wide dan depth, pilihan mode fotografi menjadi terbatas.

Kamera depan 5 MP juga dilengkapi dengan fitur AI Beautification, Portrait, Bokeh, serta Dazzle Color Mode untuk mendukung pengambilan gambar yang lebih optimal. Hasil swafoto terlihat cantik namun tetap terlihat alami.

Untuk pengambilan video, perekaman smartphone ini memiliki resolusi maksimum 1080p@30fps. Kekurangan mode OIS maupun EIS membuat hasil video cenderung goyang dan kurang stabil.

Berapa mAh kapasitas baterai OPPO A12?

Ponsel OPPO A12 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4230 mAh. Kapasitas baterai ini sudah cukup tahan lama untuk kebutuhan sehari-hari. OPPO mengklaim bahwa baterai HP ini dapat bertahan hingga 8 jam saat digunakan untuk bermain game dan 17 jam untuk menonton video dengan kualitas gambar HD.

Apakah OPPO A12 sudah mendukung fast charging?

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar dalam kelasnya, smartphone ini tidak mendukung fitur Fast Charging. Proses pengisian daya ponsel memerlukan waktu yang lebih lama, memakan waktu lebih dari dua jam untuk mengisi ulang daya baterai dari nol hingga penuh.

Berapa watt charger baterai HP OPPO A12?

Ponsel OPPO ini hadir dengan adaptor charger berdaya 5V 2A, setara dengan 10 Watt. Meskipun angka ini tergolong kecil, hal ini dianggap kurang memuaskan mengingat kapasitas baterai OPPO A12 yang mencapai 4230 mAh.

HP OPPO A12 RAM berapa?

OPPO A12 menawarkan dua pilihan varian RAM dan memori internal. Pilihan yang dapat dipilih mencakup varian RAM 3 GB ROM 32GB dan varian RAM 4 GB ROM 64 GB. Kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kapasitas penyimpanan internal 32 GB atau 64 GB terasa kurang, kamu memiliki opsi untuk menambahkannya dengan menggunakan kartu memori eksternal hingga 256 GB.

Seperti apa performa OPPO A12?

Ponsel ini memiliki performa yang cukup baik, terutama untuk penggunaan sehari-hari. Ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P35 dengan CPU Octa-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320.

Dalam uji benchmark AnTuTu, OPPO A12 mencapai skor hingga 102866. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 41% dibandingkan dengan sebagian besar ponsel lain yang dirilis pada tahun yang sama.

Apakah HP OPPO A12 cocok digunakan untuk main game?

Ya, OPPO A12 menunjukkan performa yang baik ketika digunakan untuk bermain game. Berkat kehadiran prosesor Octa Core 12 nm, pengalaman bermain game Mobile Legends dengan pengaturan grafis tinggi di ponsel ini terasa cukup lancar. Namun, untuk PUBG Mobile, disarankan untuk memainkannya dengan pengaturan grafis rendah agar kinerjanya lebih mulus.

OPPO melengkapi ponsel ini dengan fitur Game Assistant yang terintegrasi dalam Game Space. Fitur ini memungkinkan pengaturan notifikasi aplikasi, panggilan telepon, dan pesan agar tidak mengganggu konsentrasi saat bermain game.

Tak hanya itu, Game Assistant juga menyediakan fitur Play AFK yang memungkinkan layar terkunci dapat dibuka dengan cepat. Aktivasi Game Assistant dapat dilakukan melalui menu Pengaturan.

OPPO A12 pakai OS Android berapa?

Saat diluncurkan, OPPO A12 berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dan antarmuka ColorOS 6.1. Sistem operasi ini membawa peningkatan dalam pengalaman navigasi dengan gerakan serta beberapa fitur menarik, seperti Adaptive Battery dan Digital Wellbeing.

Adaptive Battery adalah fitur baru pada Android 9.0 yang menggunakan machine learning untuk memahami pola penggunaan ponsel dan mengidentifikasi aplikasi yang sering atau jarang digunakan. Dengan cara ini, ponsel dapat mengelola penggunaan baterai berdasarkan aplikasi yang aktif.

Sementara Digital Wellbeing menyajikan beberapa opsi mode yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna. Misalnya, terdapat mode Do Not Disturb yang membungkam suara notifikasi dan visual yang mengganggu. Fitur lainnya adalah mode Wind Down yang dapat mengatur jadwal dan penggunaan aplikasi ponsel saat pengguna bersiap tidur.

OPPO tidak memberikan informasi resmi mengenai kemungkinan pembaruan sistem operasi untuk ponsel ini. Hal ini perlu dipertimbangkan terutama bagi mereka yang mencari ponsel dengan dukungan sistem operasi terbaru.

Bagaimana kualitas audio HP OPPO A12?

OPPO A12 telah dibekali dengan fitur Audio Dirac yang mampu menyesuaikan kualitas audio sesuai dengan aktivitas yang sedang berlangsung di smartphone. Fitur ini sudah diaktifkan secara otomatis. Sehingga, saat sedang menonton film, mendengarkan lagu, atau bermain game, ponsel ini secara otomatis beralih mode untuk menciptakan pengalaman audio terbaik sesuai dengan kegiatan pengguna.

Apakah OPPO A12 bisa dual SIM?

Iya, OPPO A12 dilengkapi dengan tiga slot kartu yang terdiri dari dua tray untuk penggunaan dual SIM card dan satu tray untuk kartu microSD.

Apakah OPPO A12 ada sensor sidik jari?

Iya, OPPO A12 dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari dan AI Face Unlock. Pembukaan kunci layar ponsel menjadi lebih aman dan praktis.

Apakah HP OPPO A12 tahan air?

Tidak. OPPO A12 tidak memiliki sertifikasi tahan air IP67 atau IP68. Sebaiknya hindari kontak dengan cairan untuk menjaga smartphone ini agar tidak cepat rusak.

Apakah OPPO A12 sudah 5G?

Tidak, sayangnya spesifikasi konektivitas OPPO A12 belum mendukung jaringan 5G dan hanya mendukung jaringan GSM / HSPA / LTE.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.