Mengetahui Lebih Dalam Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.3 Ini!

HMD Global kembali memperkenalkan ponsel Nokia terbaru, Nokia 5.3, yang menawarkan harga yang cukup terjangkau serta keunggulan dalam sistem operasinya. Dengan banderol harga Rp2.999.000,-, Nokia 5.3 berusaha bersaing dengan sejumlah ponsel lain di kisaran harga 3 jutaan untuk menunjukkan daya saingnya di pasaran. Namun, apa sebenarnya yang membuat Nokia 5.3 menonjol?

Nokia 5.3

Spesifikasi Nokia 5.3
  • Layar: IPS LCD, 6.55 inches
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi Nokia 5.3 dan Harganya

Untuk mengetahuinya, kita perlu mengevaluasi baik dan buruknya ponsel ini. Dengan demikian, kita dapat menilai apakah Nokia 5.3 memberikan nilai yang sebanding dengan harganya. Tanpa menunggu lebih lama, mari kita simak kelebihan dan kekurangan Nokia 5.3.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.3

Kelebihan

Ponsel Nokia sering dikenal dengan keunggulan fitur NFC, dan hal ini juga berlaku untuk Nokia 5.3. NFC memungkinkan transfer data yang mudah antar perangkat, serta digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembayaran digital dan penggunaan kartu eMoney.

Nokia 5.3 menjalankan sistem operasi Android One, yang merupakan versi murni dari Android tanpa tambahan aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Ini membuat pengalaman pengguna lebih bersih dan minim bloatware. Selain itu, Nokia 5.3 akan menerima pembaruan keamanan selama dua tahun, memastikan keamanan perangkat Anda.

Ponsel ini juga memiliki slot microSDXC terpisah, yang memungkinkan pengguna untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 512 GB tanpa harus mengorbankan slot SIM kedua. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengelola ruang penyimpanan Anda.

Di bagian kamera, Nokia 5.3 memiliki sensor utama 13 MP, sensor ultra-wide 5 MP, dan dua sensor 2 MP untuk makro dan kedalaman. Meskipun kamera ini tidak menawarkan resolusi tinggi seperti ponsel lain, hasil fotonya masih cukup baik terutama dalam kondisi pencahayaan yang baik.

Baterai Nokia 5.3 berkapasitas 4000 mAh, yang diklaim dapat bertahan hingga 2 hari dengan penggunaan normal. Namun, penggunaan yang intensif seperti bermain game atau menggunakan GPS dapat mengurangi masa pakai baterai ini. Meskipun demikian, ponsel ini masih mampu memberikan pengalaman streaming film atau TV selama 7-8 jam.

Desain belakang Nokia 5.3 menampilkan empat kamera yang disusun dalam modul lingkaran di tengah, memberikan tampilan yang segar dan estetis. Ponsel ini juga tersedia dalam tiga varian warna yang menarik, yakni Cyan (biru), Sand (kuning pasir), dan Charcoal (hitam).

Kekurangan

Ponsel Nokia 5.3, meskipun memiliki chipset Snapdragon 665 yang cukup baik, belum optimal untuk bermain game kompetitif. Dalam pengujian benchmark, Nokia 5.3 kalah dari Redmi Note 9 Pro yang memiliki performa lebih tinggi pada harga yang sama.

Meskipun Snapdragon 665 mampu menjalankan game berat, Nokia 5.3 tidak dirancang khusus untuk penggemar game. Dalam pengujian game, Nokia 5.3 mampu menjalankan PUBG Mobile dengan rata-rata frame rate 26 FPS pada pengaturan balance, sedangkan Redmi Note 9 sudah bisa menjalankan PUBG Mobile pada pengaturan HD tanpa kendala.

Kapasitas memori internal Nokia 5.3 sebesar 64 GB tergolong sedikit untuk ponsel seharga 3 jutaan. Meskipun ada pilihan RAM 3 GB, 4 GB, dan 6 GB yang memuaskan, Nokia 5.3 kalah bersaing dalam hal penyimpanan internal dibandingkan dengan ponsel lain yang sudah mencapai 128 GB.

Layar Nokia 5.3 berukuran 6,55 inci dengan desain poni tetesan air. Meskipun lega, layar ini menggunakan panel IPS LCD yang kurang bagus dalam hal ketajaman dan kontras warna jika dibandingkan dengan layar AMOLED.

Nokia 5.3 tidak mendukung fast charging dan hanya memiliki durasi pengecasan standar 10 W. Dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk mengisi daya dari 12% hingga 95%, membuatnya kalah bersaing dengan ponsel lain yang sudah didukung fast charging 18 W.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.