Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone SE 2020

iPhone selalu menjadi pilihan banyak orang karena desainnya yang trendi, kinerja kamera yang canggih, dan harganya yang tinggi, menjadikannya produk yang meningkatkan status sosial seseorang. Namun, tahukah Anda bahwa iPhone tidak selalu mahal?

Apple iPhone SE 2020

Spesifikasi iPhone SE 2020
  • Rilis: April, 2020
  • Layar: Retina IPS LCD, 750 x 1334 piksel
  • Chipset: Apple A13 Bionic
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64/128/256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 12 MP
  • Kamera Depan: 7 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 1821 mAh

Selengkapnya :

Ya, ada iPhone SE yang pertama kali dirilis pada tahun 2016. Harga saat peluncurannya hanya sekitar Rp 6 juta di luar Indonesia. Hal ini berbeda dengan kebanyakan produk iPhone lainnya yang biasanya dihargai antara Rp 9 juta hingga Rp 11 juta pada saat peluncuran. Yang menarik, fiturnya bahkan tidak jauh berbeda dari iPhone 6s.

Sekarang, Apple telah merilis iPhone SE 2020 dengan karakteristik yang sama – murah namun berkualitas. Meskipun harganya terjangkau, beberapa spesifikasi dan performanya bahkan sebanding dengan ponsel flagship yang harganya lebih tinggi. Penasaran dengan ponsel fenomenal ini? Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Apple iPhone SE 2020.

Kelebihan Apple iPhone SE 2020

Kelebihan iPhone SE 2020

Sebagai upgrade dari iPhone SE sebelumnya, tentu saja terdapat berbagai perkembangan dalam hal spesifikasi dan fitur. Apple iPhone SE 2020 juga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan ponsel lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan Apple iPhone SE 2020.

1. Didukung Kualitas Layar Retina Display yang Cerah

Kelebihan pertama iPhone SE 2020 terletak pada layarnya. Ponsel ini dilengkapi dengan layar Retina Display IPS LCD 4,7 inci dengan resolusi 750 x 1334 piksel. Penggunaan panel ini menghasilkan kualitas layar yang cerah, sehingga memudahkan pengguna untuk melihat layar di luar ruangan atau di bawah sinar matahari.

Fitur True Tone pada layarnya juga memberikan kelebihan, di mana layar dapat menyesuaikan tampilan warnanya secara otomatis berdasarkan kondisi pencahayaan sekitarnya. Hal ini membuat iPhone SE 2020 menjadi pilihan yang baik.

2. Hadir dengan Performa Bagus Berkat Chipset Andalan di Kelasnya

Meskipun iPhone SE 2020 tersedia dengan harga yang terjangkau, namun performanya tidak bisa dianggap remeh. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Apple A13 Bionic dan GPU Mali-G76 MP16, yang mampu bersaing dengan smartphone terbaik lainnya. Berdasarkan sejumlah pengujian, iPhone SE 2020 bahkan mampu menyaingi performa dari iPhone 11 dan 11 Pro.

Dengan RAM 3GB dan pilihan penyimpanan internal 64GB, 128GB, dan 256GB, iPhone SE 2020 menawarkan performa yang tangguh, menjadi salah satu keunggulannya.

3. Kualitas Kamera yang Mampu Menghasilkan Gambar Sangat Baik

Kualitas kamera iPhone memang tidak perlu diragukan lagi, termasuk kamera pada iPhone SE 2020. Apple menghadirkan kamera pada ponsel ini dengan resolusi 12MP untuk kamera belakang dan 7MP untuk kamera depan.

Meskipun hanya menggunakan single lensa untuk kedua kamera tersebut, hasil yang ditawarkan tetap luar biasa. Lensa 12MP pada kamera belakang mampu merekam video 4K secara stabil berkat adanya Optical Image Stabilizer. Selain itu, hasil kualitas kamera iPhone SE 2020 hampir sama dengan kualitas kamera iPhone 11.

4. Hadir dengan Fitur Wireless Charging

Salah satu kelebihan iPhone SE 2020 adalah fitur pengecasan tanpa kabel, atau wireless charging. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai non-removable Li-Po berkapasitas 1821 mAh. Fitur wireless charging menambah kesan canggih pada smartphone ini, seolah-olah menjadi salah satu fitur unggulan pada ponsel zaman sekarang. Hal ini cukup mengesankan mengingat fitur ini biasanya hanya ditemukan pada ponsel dengan harga yang fantastis.

5. Harganya Paling Terjangkau untuk Sebuah iPhone

Harga selalu menjadi pertimbangan utama saat membeli HP baru. Konsumen ingin memastikan bahwa produk yang dibelinya sepadan dengan harga yang dibayarkan. Dengan Apple iPhone SE 2020, Anda akan mendapatkan nilai yang tinggi sesuai dengan harga yang Anda bayarkan.

iPhone SE 2020 ini memiliki harga yang terjangkau untuk setiap varian ROM-nya. Varian 64 GB dijual dengan harga sekitar Rp 6 jutaan, sementara varian tertinggi dengan kapasitas 256 GB dijual sekitar Rp 8 jutaan. Bagi Anda yang ingin memiliki produk iPhone tanpa harus menunggu harga turun, iPhone SE 2020 adalah pilihan yang sangat baik.

Kekurangan Apple iPhone SE 2020

Kekurangan iPhone SE 2020

Setelah mengetahui beberapa keunggulan tadi, mungkin Anda langsung tergoda untuk membelinya. Namun, sebelum memutuskan, ada baiknya untuk juga mempertimbangkan beberapa kekurangan yang akan dijelaskan di bawah ini agar tidak menyesal.

1. Bodi Kecil

Setiap orang memiliki preferensi masing-masing, termasuk dalam memilih ukuran HP. Sebagian orang setuju bahwa layar yang lebih besar dapat memberikan pengalaman bermain game dan menonton Netflix yang lebih baik.

Ukuran layar iPhone SE 2020 hanya 4,7 inci dengan dimensi bodi 138,4 x 67,3 x 7,3 mm. Jika Anda merasa kurang puas dengan ukuran layar ini, masih banyak HP dengan harga sekitar Rp 6 jutaan yang memiliki layar lebih besar, yaitu 6 inci ke atas.

2. Tanpa Fitur Night Mode pada Kameranya

Meskipun kemampuan kamera iPhone SE 2020 telah disebutkan sebelumnya, sayangnya ponsel ini tidak dapat menghasilkan foto yang baik dalam kondisi gelap. Anda hanya bisa mengandalkan lampu flash sebagai sumber cahaya utama.

Namun, lampu flash ini tidak sebaik fitur Night Mode pada iPhone 11 yang mampu menghasilkan foto malam yang penuh kontras dan detail.

3. Fitur FaceID Absen

Bagi yang mengharapkan opsi tambahan untuk membuka kunci layar, mungkin akan sedikit kecewa dengan iPhone SE 2020. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur Face ID untuk membuka kunci layar menggunakan pengenalan wajah.

Padahal, Apple adalah salah satu produsen pertama yang memperkenalkan fitur ini. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan iPhone sebelumnya, mungkin akan merasa sedikit aneh tanpa fitur ini.

4. Bezel Terlalu Besar

Bezel adalah ruang kosong yang terletak di sekitar layar HP. Jika Anda melihat tren HP terbaru, kebanyakan HP sekarang memiliki layar yang hampir tanpa bezel untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih imersif.

Namun, iPhone SE 2020 memiliki bezel di bagian atas dan bawah layar yang cukup besar. Hal ini menjadi lebih mencolok karena ukuran layarnya yang kecil.

5. 3.5mm Jack Audio Tidak Tersedia

iPhone memang telah menghilangkan konektivitas 3,5 mm sejak tahun 2016. Meskipun begitu, hal ini cukup disayangkan karena iPhone SE sebelumnya masih memiliki konektivitas ini.

Jika Anda ingin menggunakan headset dengan jack 3,5 mm, Anda perlu membeli adapter Lightning to 3,5 mm jack yang dijual terpisah. Apple juga memiliki produk headset nirkabel bernama AirPods, namun harganya cukup tinggi, terutama mengingat headset ini hanya kompatibel dengan perangkat Apple.

Kesimpulan

iPhone SE 2020 memang tidak cocok untuk semua orang. Meskipun memiliki kelebihan yang mencengangkan di beberapa area, namun juga diimbangi dengan beberapa kelemahan yang mungkin menjadi pertimbangan penting bagi sebagian orang.

Performa chipset yang dimiliki iPhone SE 2020 tidak boleh diremehkan. Jarang ada HP dengan harga yang bisa mengalahkan performa Samsung Galaxy S20 Ultra, menunjukkan keistimewaan HP ini. Performa kameranya juga hampir sebanding dengan iPhone 11 di siang hari, sebuah keunggulan yang patut diapresiasi untuk HP dengan harga sekitar Rp 6 jutaan.

Namun, Anda perlu terbiasa dengan desain yang mirip dengan HP keluaran lama, layar kecil, dan bezel yang besar. Jika Anda sering menggunakan kamera pada malam hari, iPhone SE 2020 mungkin kurang cocok untuk Anda.

Bagaimana pendapat Anda setelah melihat kelebihan dan kekurangan iPhone SE 2020 di atas? Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Silakan tinggalkan komentar di bawah! Jika Anda memutuskan untuk membelinya, silakan klik link ini.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.