Harga Apple iPhone SE (2020) Terbaru 2024 dan Spesifikasi

iPhone SE (2020)

Fitur Unggulan


  • Layar Retina Display yang cerah
  • Apple iPhone yang terjangkau
  • Kualitas kamera oke
  • Mendukung Wireless Charging
  • Performa tergolong bagus di kelasnya berkat Apple A13 Bionic

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE (2020)

Spesifikasi iPhone SE (2020)

Umum
RilisApril 2020
JaringanGSM, CDMA, HSPA, EVDO, LTE
SIM CardNano-SIM dan atau eSIM

Body
Berat148 gram
Dimensi138.4 x 67.3 x 7.3 mm
MaterialDepan kaca, Belakang kaca, Frame alumunium
WarnaBlack, White, Red

Layar
TipeRetina IPS LCD
Ukuran4.7 inci, ~65.4% rasio layar ke body
Resolusi750 x 1334 pixel, rasio 16:9, ~326 ppi

Platform
OSiOS 13, upgrade ke iOS 15.1
ChipsetApple A13 Bionic (7 nm+)
CPUHexa-core (2x2.65 GHz Lightning + 4x1.8 GHz Thunder)
GPUApple GPU (4-core graphics)

Memori
Internal3/64 GB, 3/128 GB, 3/256 GB
JenisNVMe
EksternalTidak ada

Kamera Belakang
Resolusi 12 MP, f/1.8 (wide), PDAF, OIS
FiturQuad-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120/240fps, HDR, OIS, stereo sound rec.

Kamera Depan
Resolusi7 MP, f/2.2
FiturHDR
Video1080p @30fps; gyro-EIS

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmTidak ada

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS
RadioTidak ada
NFCAda
USBLightning, USB 2.0

Fitur
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, gyro, compass, barometer
LainnyaSiri natural language commands and dictation

Baterai
TipeLi-Ion, non-removable
Kapasitas1821 mAh
FiturFast charging 18W, Qi wireless charging

Benchmark
Antutu (v8)462.727

Harga iPhone SE (2020)

Harga

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Apple iPhone SE (2020)

Apple iPhone SE 2020 keluaran tahun berapa?

Apple mengumumkan seri SE 2020 untuk pertama kalinya pada bulan April 2020.

Seperti apa desain iPhone SE 2020?

Desain generasi kedua iPhone SE ini hampir serupa dengan iPhone 8, tetapi dengan dimensi yang lebih kecil, yakni 138,4 x 67,3 x 7,3 mm. Bobotnya juga ringan, hanya 148 gram, membuatnya nyaman untuk digunakan dengan satu tangan.

Bagian depan dan belakang ponsel ini dilapisi panel kaca dengan rangka aluminium dan tampilan glossy, memberikan kesan elegan dan menawan. Penggunaan panel kaca membuat bagian belakang mudah terkena sidik jari, sehingga disarankan untuk menggunakan casing tambahan guna menjaga kebersihannya.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dan tombol Home yang berfungsi sebagai sensor Touch ID. Sebagai opsi konektivitas, ponsel ini dilengkapi dengan port Lightning untuk pengisian baterai, serta memiliki slot Nano-SIM dan eSIM.

Apa saja pilihan warna iPhone SE 2020?

Apple menyediakan tiga opsi warna untuk seri SE 2020, yakni hitam (Midnight), putih (Starlight), dan merah (Red).

Apakah iPhone SE 2020 tahan air dan debu?

iPhone SE 2 telah mendapatkan sertifikasi tingkat IP67 sesuai standar EIC. Artinya, ponsel ini sudah memiliki ketahanan terhadap tumpahan air dan debu. Bahkan, iPhone SE 2 dapat bertahan di dalam air hingga kedalaman maksimal 1 meter selama 30 menit.

Berapa inci ukuran layar iPhone SE 2020?

SE 2020 dilengkapi dengan layar 4,7 inci, yang tergolong kecil bila dibandingkan dengan ponsel sekelasnya. Meskipun demikian, ukuran layar ini sudah lebih besar daripada generasi sebelumnya, yaitu iPhone SE 2016.

Spesifikasi layarnya menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 750 x 1334 piksel (~326 ppi density). Meski resolusinya tergolong rendah, ponsel ini mengadopsi teknologi layar Retina HD dan True Tone. Dengan demikian, tampilan layar tidak hanya jernih, tetapi juga kaya warna dan nyaman bagi mata. Menonton video di YouTube atau bermain game pada ponsel ini menjadi pengalaman yang lebih nyaman.

Apple iPhone SE 2020 pakai chipset apa?

Ponsel ini menggunakan chipset Apple A13 Bionic yang dipasangkan dengan CPU Hexa-core dan GPU 4-core graphics Apple. Chipset A13 Bionic termasuk dalam kategori flagship dan memiliki konfigurasi performa yang sama dengan seri iPhone 11.

Dengan daya pacu yang dimilikinya, pengguna dapat dengan leluasa mengeksplor berbagai game dan aplikasi Augmented Reality (AR) di smartphone ini dengan performa yang mulus. Untuk skor AnTuTu, ponsel iPhone SE generasi kedua ini mencapai skor 492.166 poin. Meskipun skornya cukup baik, namun perlu diakui bahwa skor tersebut kurang bersaing jika dibandingkan dengan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max yang dirilis pada tahun sebelumnya.

Berapa RAM iPhone SE 2020?

Apple menghadirkan RAM sebesar 3GB untuk mendukung kinerja dapur pacu SE 2020. Pengguna juga memiliki pilihan untuk memilih kapasitas penyimpanan internal sesuai kebutuhan, yakni 64GB, 128GB, dan 256GB.

Apple iPhone SE 2020 pakai iOS apa?

Generasi kedua iPhone SE sudah dilengkapi dengan iOS 13 yang dapat ditingkatkan hingga iOS 17. Saat pertama kali diluncurkan, iOS 13 membawa berbagai fitur dan perbaikan visual dibandingkan versi sebelumnya.

Fitur yang disematkan dalam sistem operasinya sangat menarik, termasuk Security Key untuk Apple ID, Advanced Data Protection, tampilan Dark Mode terbaru, dan pilihan suara Siri yang baru.

Salah satu peningkatan yang ditekankan adalah Advanced Data Protection, yang mencakup notifikasi tambahan dan perbaikan Bluetooth serta Wi-Fi untuk mencegah aplikasi mengakses informasi lokasi pengguna tanpa izin.

iPhone SE Generasi ke-2 dapat mendukung pembaruan sistem operasi, termasuk pembaruan hingga iOS 17.

Apakah iPhone SE 2020 cocok untuk gaming?

iPhone SE ini memiliki kinerja yang memadai untuk penggemar game kasual seperti Candy Crush Saga. Namun, untuk mereka yang lebih suka bermain game yang lebih berat seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact, mungkin akan merasa kurang puas.

Hal ini terutama disebabkan oleh ukuran layarnya yang kecil. Ukuran tersebut membuat kontrol game menjadi lebih rapat dan sulit karena jari dapat menutupi sebagian layar. Selain itu, kapasitas baterainya juga tergolong kecil, sehingga pengguna mungkin perlu mengisi daya secara lebih sering.

Apakah kualitas kamera iPhone SE 2020 bagus?

iPhone SE 2020 menyajikan kamera utama 12 MP (f/1.8). Meskipun hanya mengandalkan satu kamera, performanya tetap sangat baik. Keberadaan fitur Smart HDR pada smartphone ini dapat menghasilkan tampilan warna yang alami. Ponsel ini juga memiliki zoom digital 5x dan kemampuan untuk mengambil foto panorama.

Dalam hal perekaman video, kualitas kamera ini juga sangat baik. Perekamannya dapat mencapai resolusi dari 1080P hingga 4K, dengan frame rate 24 fps, 30 fps, dan 60 fps.

Kamera ini sangat cocok digunakan untuk memperbarui konten media sosial, membuat video Tiktok, atau merekam vlog saat berpergian. Selain itu, menonton berbagai tayangan film menjadi lebih seru berkat dukungan Dolby Vision yang dimilikinya.

Untuk kamera selfie, iPhone SE 2 dilengkapi dengan lensa 7 MP. Foto yang dihasilkan sangat baik jika diambil dalam kondisi pencahayaan yang cukup, dan mampu menampilkan rona warna kulit dengan baik. Namun, sayangnya, kualitasnya dapat menurun dalam kondisi minim cahaya.

Spesifikasi selfie camera-nya juga mendukung Mode Potret, namun hanya berfungsi untuk wajah manusia. Jika digunakan untuk mengambil foto objek, fitur bokeh-nya mungkin kurang optimal.

Apakah Apple iPhone SE 2020 ada ultrawide?

Tidak, ponsel Apple ini hanya memiliki 2 lensa kamera dan belum dilengkapi dengan lensa ultra wide. Meskipun demikian, kamera masih dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti Quad-LED dual-tone flash, HDR, panorama, dan juga kemampuan merekam video 1080p.

Berapa kapasitas Baterai iPhone SE 2020?

Baterai iPhone SE ini memiliki kapasitas yang tergolong kecil, hanya sekitar 1821 mAh. Hal ini cukup disayangkan mengingat banyak smartphone lain yang telah dibekali dengan baterai berkapasitas hingga 5000 mAh.

Meskipun demikian, berkat prosesor Apple Bionic A13 dan layar yang kompak, baterai ponsel ini sebenarnya mampu bertahan cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Jika digunakan untuk aktivitas seperti browsing atau multitasking biasa, baterainya dapat bertahan kurang lebih selama 13 jam.

Apakah iPhone SE 2020 sudah dibekali dengan fast charging?

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang kecil, keuntungan dari iPhone ini adalah dukungan untuk fast charging 18W. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit.

Namun, perlu diingat bahwa charger yang disertakan dalam kotak pembelian hanya memiliki daya 5W. Untuk menikmati waktu pengisian daya yang lebih cepat, pengguna perlu membeli adaptor fast charging secara terpisah.

Apakah Apple iPhone SE 2020 sudah mendukung wireless charging?

Iya, Apple telah melengkapi iPhone ini dengan fitur pengisian daya nirkabel menggunakan teknologi Qi. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi baterai ponsel tanpa perlu menggunakan kabel dengan lebih leluasa.

Apakah iPhone SE 2020 sudah 5G?

Namun, sayangnya, iPhone SE 2 belum mendukung teknologi konektivitas 5G. Pengguna hanya dapat mengandalkan jaringan 4G LTE untuk koneksi ponsel.

Apakah iPhone SE 2020 ada Face ID?

Tidak, smartphone dari seri Apple ini tidak memasukkan fitur Face ID. Walaupun begitu, fitur keamanannya tetap cukup handal dengan adanya tombol utama Home yang dilengkapi dengan taptic engine dan sensor sidik jari.

Apakah iPhone SE 2020 masih layak dibeli?

iPhone SE 2 bekas layak dipertimbangkan, terutama bagi mereka yang mencari ponsel dengan harga terjangkau. Dengan menemukan produk bekas yang berkualitas, Anda dapat menikmati fitur-fitur yang ditawarkan oleh ponsel ini sambil tetap menghemat biaya.

Meskipun desainnya tidak mengalami perubahan, kinerjanya tetap solid untuk penggunaan sehari-hari berkat dukungan chipset A13 Bionic yang ada di dalamnya. Kualitas foto dan video dari kamera juga tetap memuaskan.

Namun, jika Anda memerlukan ponsel dengan performa lebih tinggi untuk bermain game berat seperti Genshin Impact atau kegiatan pengeditan video, mungkin lebih baik memilih seri iPhone yang lebih baru, seperti iPhone 13 atau iPhone 14.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.