Menarik, Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 12 Pro

Ketika Anda mencari ponsel flagship yang tidak hanya canggih tetapi juga inovatif, Anda tidak akan salah dengan produk Apple ini. iPhone 12 Pro adalah salah satu bagian dari seri iPhone 12 yang dianggap sebagai "anak kedua" setelah varian Pro Max, tetapi tetap lebih unggul daripada iPhone 12 reguler dan iPhone 12 Mini.

Apple iPhone 12 Pro

Spesifikasi Apple iPhone 12 Pro
  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: Super Retina XDR OLED, 6,1 inci
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • CPU: Hexa-core
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP + 12 MP + ToF 3D LiDAR Scanner
  • Kamera Depan: 12 MP + SL 3D
  • Baterai: Li-Ion 2.815 mAh

Selengkapnya :

Berbeda dengan iPhone 11 series yang hanya menawarkan tiga varian, iPhone 12 series hadir dengan empat varian yang dapat dipilih. Bagi yang tertarik dengan versi Pro ini, mungkin ingin mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu, berikut beberapa poin yang dapat Anda simak.

Kelebihan Apple iPhone 12 Pro

Kelebihan iPhone 12 Pro

Sebagai versi Pro dari model standarnya, iPhone 12 Pro diharapkan memiliki beberapa keunggulan yang dapat membuat penggunanya bangga. Mari kita langsung lihat poin-poin kelebihan iPhone 12 Pro berikut ini!

1. Tampilan Desain Premium Berkat Body yang Kokoh dan Memukau

Kelebihan pertama dari iPhone 12 Pro dapat dilihat dari desainnya yang sangat menawan. Body ponsel ini dirancang dengan sangat mewah dan kokoh, mempertahankan tampilan ikonik yang menarik. Bingkai smartphone ini terbuat dari stainless steel medis yang sangat tahan terhadap korosi dan merupakan jenis stainless steel yang sangat tahan lama.

Layar iPhone 12 Pro dilapisi dengan Ceramic Shield yang membuatnya empat kali lebih tahan terhadap kerusakan dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, iPhone 12 Pro memiliki sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu. Ponsel ini juga tersedia dalam beberapa varian warna premium seperti Pacific Blue, Gold, Silver, dan Graphite, memberikan tampilan yang sangat mewah.

2. Layar Cerah dan Terang

Pada bagian layar, iPhone 12 Pro juga menawarkan keunggulan dengan panel Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci. Layar ini memiliki tingkat kecerahan tipikal hingga 800 nits dan kecerahan maksimal hingga 1.200 nits. Dilengkapi dengan fitur HDR10, Dolby Vision, dan refresh rate 60 Hz.

Dengan fitur-fitur tersebut, layar iPhone 12 Pro dapat memberikan pengalaman maksimal saat digunakan untuk menonton film atau aktivitas multimedia lainnya. Keterbacaan layar juga tetap baik saat digunakan di bawah sinar matahari, sehingga pengguna tidak akan terganggu dalam melakukan aktivitas outdoor.

3. Performa Bertenaga Berkat Chipset Terbaik

Untuk performa, iPhone 12 Pro menggunakan chipset paling bertenaga di industri, yaitu Apple A14 Bionic. Chipset ini sangat powerful untuk memenuhi kebutuhan komputasi dan gaming. Apple A14 Bionic hadir dengan fabrikasi 5 nm dan terdiri dari 11,8 miliar transistor.

Dengan konfigurasi CPU hexa-core, Apple A14 Bionic memiliki dua inti Firestorm dengan clock speed mencapai 3,1 GHz, serta enam inti Icestorm berkecepatan 1,8 GHz yang dapat ditingkatkan hingga 3,1 GHz melalui teknologi TurboBoost. Chipset ini juga dilengkapi dengan modem 5G terintegrasi.

4. Kualitas Foto dan Perekaman Terbaik

Kelebihan berikutnya dari iPhone 12 Pro terletak pada sektor kamera. Ponsel ini dilengkapi dengan kamera utama 12MP f/1.6, kamera telefoto 12MP dengan OIS dan zoom lossless hingga 2X, kamera ultrawide 12MP dengan FOV 120 derajat, dan sensor LiDAR Scanner sebagai sensor kedalaman. Untuk kamera depan, terdapat kamera 12MP f/2.2 dengan sensor 1/3,6 inci, serta sensor SL 3D sebagai sensor kedalaman.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera iPhone 12 Pro sudah terbukti sangat baik. Selain itu, untuk perekaman video, kamera ini juga memiliki kualitas Dolby Vision yang unggul dibandingkan HDR10. Dengan kemampuan merekam video hingga resolusi 4K 60 FPS, iPhone 12 Pro mampu memberikan rentang dinamis dan reproduksi warna yang terbaik.

5. Fitur Canggih LiDAR Scanner

Dalam hal fitur, iPhone 12 Pro juga tidak kalah canggihnya. Salah satu fitur unggulannya adalah LiDAR Scanner yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan karakter sprite dalam permainan seperti Pokemon Go ke dalam lingkungan nyata di sekitar mereka.

Teknologi LiDAR (Light Detection and Ranging) memungkinkan objek AR untuk menyesuaikan posisinya berdasarkan jarak antara objek nyata secara real-time. Bahkan, objek AR dapat berinteraksi dengan perabotan di dalam rumah. Selain itu, iPhone 12 Pro juga memiliki fitur MagSafe yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai aksesoris magnet yang dapat ditempelkan ke bagian belakang smartphone.

Salah satu contohnya adalah MagSafe Wireless Charger yang memungkinkan pengisian daya baterai secara nirkabel dan praktis. Selain itu, ada juga MagSafe Wallet yang dapat digunakan untuk menyimpan kartu seperti KTP atau kartu ATM di dalam body iPhone 12 Pro.

Kekurangan Apple iPhone 12 Pro

Kekurangan iPhone 12 Pro

Meskipun mengusung identitas Pro, perangkat ini tidak luput dari beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa poin kekurangan iPhone 12 Pro yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Tidak Tersedia Kepala Casan dan Earphone

Demi mendukung kelestarian lingkungan, Apple memilih pendekatan untuk mengurangi frekuensi pendistribusian produk secara massal dengan membuat boks kemasannya lebih kecil. Hal ini bertujuan agar lebih banyak produk yang dapat dimuat dalam satu kontainer.

Namun, keputusan ini berdampak pada boks pembelian yang tidak lagi menyertakan charger dan earphone di dalamnya, sehingga konsumen harus membelinya secara terpisah. Meskipun dengan harga yang sangat mahal, konsumen mungkin mengharapkan kepala charger dan earphone disertakan. Namun, hal ini adalah ciri khas produk Apple di mana konsumen sering kali dihadapkan pada biaya tambahan.

2. Peningkatan dari Versi Reguler Cukup Minim

Meskipun bernama "Pro", iPhone 12 Pro tidak memiliki peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan versi reguler. Perbedaan utamanya terletak pada pilihan warna, varian memori internal, RAM, dan jumlah kamera belakang. iPhone 12 reguler dijual dengan harga mulai dari $799 atau sekitar Rp11,3 juta (64 GB).

Sementara itu, iPhone 12 Pro dihargai mulai dari $999 (sekitar Rp14,2 juta) untuk varian 128 GB. Dengan selisih harga sekitar $200 atau hampir Rp3 juta, tampaknya tidak terlalu berharga untuk memilih iPhone 12 Pro daripada versi reguler, mengingat sedikitnya peningkatan yang ditawarkan. Namun, ini tentu kembali pada preferensi masing-masing konsumen.

3. Laju Penyegaran 60Hz

Salah satu fitur yang tidak dapat diabaikan pada ponsel canggih di tahun 2020 adalah tingkat refresh rate yang tinggi. Sayangnya, iPhone 12 Pro hanya memiliki refresh rate 60 Hz, sementara pesaingnya seperti Samsung Galaxy Note20 series sudah dilengkapi dengan 120 Hz.

Bahkan, tingkat refresh rate tinggi juga tersedia pada ponsel menengah seperti Realme 7, Realme Narzo, dan Xiaomi POCO X3 NFC. Sebenarnya, telah beredar rumor bahwa iPhone 12 Pro akan memiliki refresh rate 120 Hz. Namun, Apple memilih untuk tidak menyertakan fitur ini. Meskipun demikian, setidaknya ponsel ini masih dilengkapi dengan layar OLED yang berkualitas.

Kesimpulan

Setelah melihat berbagai kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 12 Pro, diharapkan Anda mendapatkan gambaran mengenai fitur apa yang dapat diharapkan dari ponsel ini. Jika Anda menginginkan performa gaming terbaik dan ingin mencoba fitur LiDAR Scanner, iPhone 12 Pro adalah pilihan yang tepat.

Namun, ketiadaan fitur Touch ID dan refresh rate 60 Hz membuat ponsel ini terasa sedikit "kurang lengkap" dan kalah bersaing dengan ponsel-ponsel pesaingnya, terutama jika Anda sudah terbiasa menggunakan sensor sidik jari dan refresh rate tinggi pada ponsel sebelumnya.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.