Harga Apple iPhone 12 Pro Terbaru 2024 dan Spesifikasi

iPhone 12 Pro

Fitur Unggulan


  • Layar Super Retina XDR OLED, mendukung Dolby Vision
  • Mendukung Sensor UWB
  • Kinerja tangguh yang didukung dengan Neural Engine
  • Punya LiDAR Scanner
  • Mendukung Dolby Vision Recording, fitur perekaman video bak profesional

Selengkapnya: Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Pro

Spesifikasi iPhone 12 Pro

Umum
RilisNovember 2020
JaringanGSM, CDMA, HSPA, EVDO, LTE, 5G
SIM CardSingle SIM (Nano-SIM and/or eSIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat189 gram
Dimensi146.7 x 71.5 x 7.4 mm
MaterialDepan kaca Gorilla Glass, Belakang kaca Gorilla Glass, Frame stainless steel
WarnaSilver, Graphite, Gold, Pacific Blue

Layar
TipeSuper Retina XDR OLED, HDR10, Dolby Vision
Ukuran6.1 inci, ~86.0% rasio layar ke body
Resolusi1170 x 2532 pixel, rasio 19.5:9, ~460 ppi

Platform
OSiOS 14.1, upgrade ke iOS 15.1
ChipsetApple A14 Bionic (5 nm)
CPUHexa-core (2x3.1 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm)
GPUApple GPU (4-core graphics)

Memori
Internal6/128 GB, 6/256 GB, 6/512 GB
JenisNVMe
EksternalTidak ada

Kamera Belakang
Resolusi 12 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS 12 MP, f/2.0, 52mm (telephoto), 1/3.4", 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom 12 MP, f/2.4, 13mm, 120˚ (ultrawide), 1/3.6" TOF 3D LiDAR scanner (depth)
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120/240fps, 10‑bit HDR, Dolby Vision HDR (up to 60fps), stereo sound rec.

Kamera Depan
Resolusi12 MP, f/2.2, 23mm (wide), 1/3.6" SL 3D, (depth/biometrics sensor)
FiturHDR
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120fps, gyro-EIS

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmTidak ada

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
RadioTidak ada
NFCAda
USBLightning, USB 2.0

Fitur
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
LainnyaSiri natural language commands and dictation, Ultra Wideband (UWB) support

Baterai
TipeLi-Ion, non-removable
Kapasitas2815 mAh
FiturFast charging 20W, USB Power Delivery 2.0, MagSafe wireless charging 15W, Qi magnetic fast wireless charging 7.5W

Benchmark
Antutu (v8)587.084

Harga iPhone 12 Pro

Harga
6/128 GB - Rp 18.000.000 6/256 GB - Rp 20.500.000 6/512 GB - Rp 25.000.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Apple iPhone 12 Pro

Apple iPhone 12 Pro keluaran tahun berapa?

Pada bulan Oktober 2020, Apple secara global meluncurkan iPhone 12 Pro. Smartphone ini kemudian resmi hadir di pasar Indonesia pada bulan Desember 2020. Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan seri iPhone 12 reguler dan iPhone 12 Pro Max. Harga iPhone 12 Pro pada saat itu berada di tengah-tengah rentang harga antara iPhone 12 dan iPhone 12 Pro Max.

Seperti apa desain iPhone 12 Pro?

Desain iPhone 12 Pro memancarkan kesan kemewahan dengan frame yang dirancang datar atau flat. Meskipun memiliki frame yang datar, ponsel ini tetap nyaman dipegang, terutama berkat sudut-sudutnya yang dibuat melengkung.

Bagian belakangnya menampilkan kamera utama, LiDAR scanner, dan dual-LED flash. Di tengahnya, terdapat logo Apple seperti biasa. Di sisi kiri, terdapat slot SIM dan tombol volume, sedangkan di sisi kanan, terdapat tombol Power. Pada bagian bawah, terdapat port Lightning, mouthpiece, dan speaker stereo.

Di bagian depan, Apple tetap menggunakan desain notch atau poni di atas layar. Notch tersebut menyertakan kamera Structured 3D Light di sebelah kiri dan kamera selfie di sebelah kanan. Kamera depan ini dapat digunakan untuk Face Unlock guna membuka kunci ponsel.

Selain tampil mewah, bodi ponsel ini juga tergolong tangguh. iPhone 12 Pro menggunakan kaca Ceramic Shield dengan tambahan kristal keramik mikroskopis. Kekuatannya dinyatakan empat kali lipat lebih baik daripada iPhone 11. Bahan ini juga tahan terhadap goresan dan noda berkat lapisan oleophobic Apple yang anti sidik jari. Pilihan material ini sejalan dengan harganya yang tidak murah saat diluncurkan.

iPhone 12 Pro memiliki dimensi 146.7 x 71.5 x 7.4 mm dan berat 189 gram. Berbeda dengan edisi Pro Max yang lebih besar dengan ukuran 160.8 x 78.1 x 7.4 mm dan berat 228 gram. Meskipun demikian, keduanya memiliki ketebalan yang sama, yaitu 7.4 mm.

Perlu diperhatikan bahwa ponsel ini sedikit licin, sehingga disarankan untuk menggenggamnya dengan hati-hati agar tidak terjatuh. Pengguna juga dapat menggunakan case tambahan untuk meningkatkan pegangan dan keamanan.

Apa saja pilihan warna iPhone 12 Pro?

iPhone 12 Pro dapat ditemukan dalam beberapa pilihan warna, termasuk Silver, Graphite, Gold, dan Pacific Blue. Jika Anda menginginkan warna yang netral, baik Silver maupun Graphite bisa menjadi pilihan yang sesuai. Namun, jika Anda ingin memiliki ponsel dengan desain yang unik dan sedikit berbeda, maka Gold dan Pacific Blue dapat menjadi opsi yang tepat!

Apakah iPhone 12 Pro tahan air?

iPhone seri 12 Pro telah mendapatkan sertifikasi tingkat ketahanan air IP68. Artinya, ponsel ini dapat tetap berfungsi dengan baik bahkan setelah terendam dalam air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.

Namun, perlu diingat bahwa perangkat dengan sertifikasi IP68 pada dasarnya tidak dirancang untuk bertahan dalam air laut atau air yang mengandung klorin. Selain itu, segel karet pelindung pada perangkat ini juga dapat mengalami pengikisan seiring waktu, yang mungkin mengurangi tingkat ketahanannya terhadap air.

Berapa ukuran layar iPhone 12 Pro?

iPhone seri 12 Pro hadir dengan layar berukuran 6,1 inci yang cukup luas, memberikan rasio layar-ke-bodi sebesar 86%. Dimensi ini sudah mencukupi untuk kebutuhan menonton film dan bermain game dengan nyaman.

Tidak hanya dari segi ukuran, kualitas layar iPhone 12 Pro juga sangat baik. Layarnya menggunakan teknologi Super Retina XDR OLED dengan resolusi 1170 x 2532 pixel. Dengan spesifikasi ini, visual pada layarnya terlihat jernih dan warnanya kaya.

Keunggulan layar Super Retina XDR ini semakin terlihat dengan dukungan HDR10 dan Dolby Vision. Hal ini berarti pengguna dapat menikmati konten dengan resolusi tinggi dari berbagai platform streaming.

Layar smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur True Tone dan dukungan Wide Color, sehingga warna yang dihasilkan cukup akurat dan dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitarnya.

Namun, disayangkan bahwa iPhone 12 Pro masih memiliki refresh rate sebesar 60 Hz. Meskipun demikian, untuk ponsel sekelasnya, terdapat beberapa ponsel lain yang telah menggunakan refresh rate lebih tinggi, seperti 90 Hz dan 120 Hz. Keberadaan refresh rate yang lebih tinggi dapat membuat pergerakan visual pada layar terasa lebih mulus.

Berapa kapasitas baterai iPhone 12 Pro?

iPhone 12 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2815 mAh. Meskipun kapasitas baterai ini belum termasuk yang terbesar, daya tahan baterai smartphone ini tergolong cukup awet untuk penggunaan sehari-hari.

Ponsel ini dapat bertahan selama 18 jam dengan pemakaian panggilan telepon secara terus-menerus. Sementara itu, untuk menonton video secara terus-menerus, daya tahan baterainya mencapai 14 jam.

Apakah iPhone 12 Pro sudah fast charging?

Ya, iPhone 12 Pro telah dilengkapi dengan fitur Fast Charging menggunakan teknologi USB Power Delivery. Namun, sayangnya, Apple tidak menyertakan adaptor pengisi daya dalam paket pembelian, sehingga Anda perlu membelinya secara terpisah.

Untuk memanfaatkan fitur pengisian cepat, Anda perlu memperoleh adaptor 20W yang dapat dengan mudah ditemukan. Dengan adaptor 20W ini, Anda hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mengisi baterai hingga 50%.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi MagSafe hingga 15W. Fitur ini memungkinkan Anda mengisi daya secara nirkabel, memberikan kemudahan untuk mengisi baterai di berbagai tempat dan waktu.

Berapa resolusi kamera iPhone 12 Pro?

iPhone 12 Pro dilengkapi dengan tiga kamera belakang, yaitu kamera 12 MP (wide), kamera telefoto 12 MP dengan zoom optik 2x, dan kamera ultrawide 12 MP. Selain itu, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan TOF 3D LiDAR scanner untuk lensa depth-nya.

Sebagai ponsel iPhone pertama yang menggunakan teknologi LiDAR, cara kerja ini melibatkan pemantulan cahaya dari objek di sekitarnya, diikuti dengan pengukuran jarak objek berdasarkan waktu yang diperlukan cahaya untuk kembali terpantul.

Sementara sensor ToF (time-of-flight) berfungsi untuk mendeteksi kedalaman lingkungan sekitar dan menciptakan efek bokeh atau latar belakang yang kabur. Sensor ini memungkinkan pengguna mengambil foto potret, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang rendah, dengan hasil yang realistis.

Apakah kualitas kamera iPhone 12 Pro bagus?

Secara keseluruhan, kualitas kamera utama iPhone 12 Pro mampu menghasilkan foto yang tajam dengan white balance dan warna yang akurat. Dukungan teknologi Smart HDR juga membuat gambar dari kamera ini terlihat alami tanpa tampilan yang berlebihan.

Kamera ini juga dapat diandalkan untuk pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya atau malam hari berkat adanya fitur Night Mode yang aktif secara otomatis. Dengan fitur ini, hasil foto tetap terang, detail, dan minim noise.

Untuk kamera selfie di bagian depan, fokus dan hasil fotonya juga sangat baik. Keberadaan structured-light 3D scanner menambahkan kejernihan dan kecerahan pada hasil foto.

Selain itu, semua kamera pada ponsel ini mendukung perekaman video hingga resolusi 4K@60 fps. Bukan hanya itu, kualitas perekaman ditingkatkan dengan fitur Cinematic Stabilization (EIS, EIS+OIS) dan Expanded Dynamic Range.

Hasil video yang dihasilkan oleh iPhone 12 Pro sangat memuaskan, bahkan dengan fitur Dolby Vision HDR yang dapat digunakan pada semua lensa kamera dengan semua frame rates. Dengan demikian, hasil video terlihat cerah, tajam, dan realistis.

Berapa RAM iPhone 12 Pro?

Apple iPhone 12 Pro dilengkapi dengan RAM sebesar 6 GB. Kapasitas RAM ini sudah cukup memadai untuk mendukung kinerja multitasking yang lancar.

Untuk penyimpanan, smartphone ini tersedia dalam beberapa varian. Pengguna dapat memilih kapasitas memori internal sebesar 128GB, 256GB, dan 512GB.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada slot untuk memori eksternal pada perangkat ini. Jika memori tambahan diperlukan, opsi pengguna dapat diupgrade ke iCloud+ untuk menyimpan berbagai file di cloud, sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Apple iPhone 12 Pro pakai chipset apa?

iPhone 12 Pro menggunakan chipset Apple A14 Bionic sebagai otaknya. Apple mengklaim bahwa performa A14 Bionic ini 50% lebih cepat dibandingkan dengan chipset sebelumnya, A13 Bionic. Selain itu, chipset ini telah menggunakan fabrikasi 5 nm dengan 11,8 miliar transistor, serta dua inti Firestorm yang dapat mencapai clock speed hingga 3,1 GHz.

Dengan spesifikasi dapur pacu yang canggih tersebut, performa smartphone ini tergolong sangat tinggi. Cocok digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari seperti menjelajahi internet, mengakses media sosial, dan melakukan multitasking.

Dalam tes AnTuTu, seri ini mencapai skor sebesar 596244, angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max yang hanya mencapai skor 536883.

Apakah iPhone 12 Pro cocok buat gaming?

Ya, iPhone 12 Pro sangat cocok untuk bermain game kasual. Dengan performa chipset A14 Bionic yang cepat, pengguna dapat menikmati pengalaman bermain game dengan grafis sedang hingga berat tanpa masalah yang berarti.

Contohnya, bermain game seperti Samurai Jack dari Apple Arcade atau Genshin Impact dapat dilakukan tanpa mengalami stutter yang mengganggu. Layar Super Retina XDR OLED juga memberikan kualitas visual yang sangat baik, meningkatkan pengalaman bermain game menjadi lebih immersif.

Apple iPhone 12 Pro pakai iOS versi berapa?

Pada saat diluncurkan, iPhone 12 Pro berjalan dengan sistem operasi iOS 14. Salah satu fitur menarik dari sistem operasi ini adalah App Library, yang memungkinkan pengguna menyembunyikan home screen tertentu.

Sebagai contoh, pengguna dapat menyembunyikan home screen yang berisi aplikasi game saat sedang bekerja, atau menyembunyikan halaman yang berisi aplikasi pekerjaan saat berlibur.

Selain itu, fitur penting lain dari iOS 14 adalah peningkatan keamanannya. Pengguna dapat memilih browser dan aplikasi email default ke aplikasi selain yang dikeluarkan oleh Apple. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah mengetahui jika mikrofon dan kamera ponsel sedang aktif dengan melihat indikator di sisi kanan atas.

Seperti halnya seri iPhone lainnya, iPhone 12 Pro juga mendapatkan dukungan pembaruan sistem operasi. Sebagai contoh, pada bulan September 2023, seri ini mendapatkan dukungan untuk upgrade ke iOS 17. Dengan melakukan upgrade sistem operasi, ponsel akan menerima pembaruan antarmuka dan fitur yang lebih baru.

Apakah iPhone 12 Pro bisa dual SIM?

iPhone seri 12 Pro mendukung penggunaan dual SIM yang terdiri dari satu kartu nano-SIM dan satu eSIM. Sistem eSIM tidak memerlukan slot kartu fisik; sebaliknya, aktivasinya dilakukan dengan memindai kode barcode yang diberikan oleh operator. Untuk mengaktifkan eSIM, Anda dapat menghubungi kantor penyedia layanan untuk mendapatkan kode barcode tersebut.

Apakah iPhone 12 Pro sudah 5G?

Ya, iPhone 12 Pro dari Apple sudah kompatibel dengan jaringan GSM, CDMA, HSPA, EVDO, 4G LTE, dan 5G.

Bagaimana kualitas audio iPhone 12 Pro?

Kualitas audio pada iPhone 12 Pro dapat dianggap sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya. Dengan penggunaan stereo speakers dan teknologi spatial audio, ponsel ini mampu menghasilkan kualitas suara yang seimbang ketika didengarkan. Meskipun demikian, ada beberapa masukan yang menyatakan bahwa speaker bagian atasnya kurang menghasilkan bass yang kuat.

Apakah iPhone 12 Pro punya fitur NFC?

iPhone 12 Pro telah dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication). Fitur komunikasi jarak dekat ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran tanpa kontak menggunakan Apple Pay.

Apakah iPhone 12 Pro ada sensor sidik jari?

Ponsel ini tidak memiliki sensor sidik jari atau fingerprint scanner. Sebagai gantinya, pengguna dapat menggunakan Face ID, sebuah sensor yang dapat mengenali wajah yang telah didaftarkan ke perangkat.

Dengan fitur keamanan Face ID yang diaktifkan, pengguna dapat mengonfirmasi pembelian, melakukan pembayaran, dan mengakses berbagai aplikasi dengan menggunakan pengenalan wajah.

Apakah iPhone 12 Pro masih layak dibeli?

Membeli iPhone 12 Pro bekas adalah pilihan yang layak dipertimbangkan, terutama jika Anda mencari harga yang lebih terjangkau. Dengan harga yang lebih murah, Anda masih bisa menikmati kinerja cepat, layar berkualitas, dan kemampuan kamera yang handal untuk penggunaan sehari-hari. Desainnya tetap terlihat modern dan stylish, sehingga tidak terasa ketinggalan zaman dibandingkan dengan varian iPhone lainnya.

Sejak perilisan iPhone 13 series setahun setelahnya, status iPhone 12 series telah dihentikan atau tidak lagi diproduksi. Oleh karena itu, jika Anda tidak dapat menemukan produk dalam kondisi baru, membeli iPhone 12 Pro bekas masih bisa menjadi alternatif yang baik.

Namun, seperti halnya pembelian perangkat bekas lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, dukungan upgrade sistem operasi pada iPhone bekas memiliki batasan waktu. Biasanya, Apple memberikan pembaruan iOS selama lima tahun setelah peluncuran. Oleh karena itu, pertimbangkan waktu pembelian sehingga Anda dapat memastikan bahwa iPhone 12 Pro bekas yang Anda pilih masih dapat di-upgrade ke versi iOS terbaru atau tidak.

Absennya dukungan upgrade sistem operasi dapat mempengaruhi kemampuan pengguna untuk menggunakan fitur dan peningkatan keamanan terbaru. Beberapa aplikasi juga mungkin tidak lagi kompatibel. Namun, jika hal-hal ini tidak menjadi masalah, pembelian iPhone 12 Pro bekas tetap menjadi pilihan menarik.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.