Cara Split Screen Samsung A04, A04E dan A04S Dalam Tampilan Layar Terpisah

Layar Belah Samsung

Samsung Galaxy A04e menampilkan layar PLS (Plane to Line Switching) berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD Plus dan notch untuk kamera selfie. Layar ini tidak hanya memberikan kenyamanan visual yang luar biasa tetapi juga menghasilkan reproduksi warna yang cerah dan kontras yang tajam berkat teknologi panel PLS yang digunakannya.

Antarmuka One UI 4.1 pada Galaxy A04e menawarkan berbagai fitur kustomisasi yang mengesankan. Mulai dari wallpaper default yang menarik perhatian, ikon yang stylish, hingga keseluruhan tata letak yang menarik bagi pengguna. Ini semua ditujukan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal dan menyenangkan.

Selain itu, Samsung telah memuat beberapa aplikasi pra-instal pada perangkat ini, seperti Galaxy Store dan aplikasi pihak ketiga lainnya. Namun, kebanyakan dari aplikasi ini dapat dihapus atau disembunyikan dengan mudah, memberikan fleksibilitas tambahan kepada pengguna dalam mengelola ruang penyimpanan dan antarmuka pengguna mereka.

Dengan layarnya yang luas, Samsung A04e memfasilitasi pengalaman multitasking yang lancar, memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas seperti menonton video di YouTube sambil menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp secara bersamaan. Fitur split screen yang ada memperbolehkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar, meningkatkan efisiensi dan produktivitas penggunaan sehari-hari.

Bagi pengguna yang ingin memanfaatkan fitur split screen di Samsung Galaxy A04 Series, kalian bisa mengikuti panduan di bawah ini.

Apa Itu Split Screen?

Split Screen atau Layar Belah adalah salah satu fitur di Android yang memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan. Anda dapat menonton film di Netflix sambil mengirim tweet di Twitter, atau menonton video di YouTube sambil mengobrol menggunakan WhatsApp atau Telegram.

Fitur ini sangat berguna dan penting untuk diketahui cara penggunaannya. Bagi yang ingin mengaktifkan split screen di Samsung, simak caranya pada ulasan di bawah ini. Ketiga metode ini juga dapat diterapkan pada seri Galaxy A04, A04e, dan A04s.

Cara Layar Belah (Split Screen) di Samsung Galaxy A04 Series

Fitur Multi Window atau Split Screen memungkinkan pengguna Samsung untuk menampilkan dua aplikasi secara bersamaan di layar ponsel. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggunakan dua aplikasi secara bersamaan tanpa perlu menutup salah satu dari aplikasi tersebut.

Cara menggunakan Split Screen di Samsung sangat mudah dan tidak banyak berubah dari sebelumnya. Pengguna hanya perlu membuka halaman Recent Apps dan mengetuk aplikasi yang ingin dibuka dalam mode layar belah.

Untuk panduan lengkapnya, berikut cara mengaktifkan split screen di Samsung A04 Series.

1. Menggunakan Fitur Tampilan Layar Pisah

Fitur Tampilan Layar Terpisah Samsung A04

Hampir semua smartphone Samsung, termasuk Galaxy A04, A04e, dan A04s, telah dilengkapi dengan fitur Layar Pisah. Fitur ini dikenal juga dengan istilah Split Screen atau Multi Window.

Berikut adalah panduan penggunaannya:

  • Buka salah satu aplikasi yang mendukung layar pisah, seperti Whatsapp atau Youtube.
  • Ketuk tombol Recent Apps yang terletak di bagian bawah layar.
  • Pilih ikon aplikasi yang ingin Anda gunakan dalam layar pisah.
  • Pilih opsi Buka dalam tampilan layar pisah atau Open in split screen view.
  • Setelah layar terbagi menjadi dua bagian, pilih aplikasi kedua yang ingin Anda gunakan secara bersamaan.

2. Mengaktifkan Multi Window Semua Aplikasi

Multi Window Samsung A04 Semua Aplikasi

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua aplikasi dapat dijalankan dalam mode layar pisah secara default. Oleh karena itu, Samsung telah melengkapi fitur ini dengan Multi Window Semua Aplikasi dalam pengaturan One UI.

Untuk mengaktifkan kemampuan ini untuk semua aplikasi dan game, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Settings atau Pengaturan.
  • Gulir ke bawah dan ketuk opsi Advanced Features (Fitur Lanjutan), lalu pilih opsi Labs.
  • Aktifkan opsi Multi Window Semua Aplikasi.

Tambahan catatan: Opsional, Anda juga dapat mengaktifkan opsi lain seperti Layar Penuh Dalam Tampilan Layar Terpisah dan Usap untuk Tampilan Pop-up.

Setelah mengaktifkan pengaturan ini, semua aplikasi akan dapat dijalankan dalam mode layar pisah. Silakan coba kembali menggunakan fitur layar pisah seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Cara Keluar Dari Mode Split Screen Samsung

Setelah menggunakan fitur Layar Pisah dan ingin keluar dari mode tersebut, caranya lebih mudah daripada mengaktifkannya. Anda hanya perlu menyeret bilah pembatas antara dua aplikasi.

Untuk menutup aplikasi di bagian bawah, tarik bilah pembatas ke bawah. Sedangkan untuk menutup aplikasi di bagian atas, tarik bilah ke atas.

Dengan demikian, Anda telah menyelesaikan tutorial cara menggunakan layar pisah pada Samsung A04e. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam melakukan multi-tasking di smartphone dengan layar besar seperti Galaxy A04, Galaxy A04s, dan model lainnya.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.