3 Cara Cek Touchscreen HP Samsung A03s dengan Akurat

Apakah Anda sedang mengalami kendala dengan layar sentuh pada ponsel Android? Sedang mencari cara yang efektif untuk memeriksa dead pixel atau memastikan beberapa bagian layar yang tidak responsif?

Samsung Galaxy A03s didesain dengan perpaduan tampilan yang sesuai untuk kategori perangkat entry-level yang memiliki sedikit nuansa premium, menjadikannya pilihan yang menarik untuk dimiliki.

Kualitas keseluruhan perakitan ponsel ini tergolong solid. Layar depannya menggunakan teknologi PLS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan rasio aspek 20:9.

Meskipun bezelnya sedikit lebih tebal di bagian bawah, bagian atas dan sampingnya memiliki bezel yang lebih tipis. Layar ini mampu menampilkan konten dengan warna-warni yang kaya dan hemat daya, berkat teknologi PLS LCD.

Layar merupakan komponen kunci pada smartphone, dan ketidakresponsifan atau kemungkinan adanya dead pixel bisa menjadi tanda awal kerusakan pada layar sentuh. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi layar sentuh pada ponsel Anda.

Cara Cek Layar LCD Samsung A03s

Pengguna smartphone biasanya melakukan pengujian kesehatan layar saat membeli ponsel bekas, serta untuk mencari tahu penyebab masalah layar yang tidak responsif.

Jika Anda menghadapi masalah dengan layar, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membagikan dua cara mudah untuk mengecek layar sentuh Samsung Galaxy A03s.

1. Cek Layar Sentuh Menggunakan Kode

Cek Layar Samsung A03s dengan Kode

Cara paling sederhana untuk memeriksa kondisi layar pada Hp Samsung A03s adalah dengan menggunakan kode rahasia yang disediakan oleh perangkat. Metode ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengujian perangkat secara langsung tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkah detail untuk melakukan pengujian layar menggunakan kode rahasia:

  • Buka aplikasi Telepon di Hp Samsung A03s.
  • Ketikkan kode rahasia *#0*# dan tekan tombol panggil.
  • Perangkat akan memindahkan Anda ke halaman pengujian diagnostik yang menyediakan berbagai pilihan untuk menguji berbagai komponen perangkat, termasuk Kamera, Layar Sentuh, Sensor, dan fitur lainnya.

Untuk menguji sensitivitas layar sentuh, ikuti langkah-langkah ini:

  • Pilih opsi "Touch" dari menu diagnostik.
  • Geser jari Anda melintasi kotak-kotak kecil yang muncul pada layar. Lakukan ini sampai semua kotak berubah warna menjadi hijau, menunjukkan bahwa layar sentuh berfungsi dengan baik.

Catatan: Jika Hp Anda sudah diperbarui ke versi perangkat lunak terbaru, gunakan kode *#*#88#*#* dan pilih opsi LCM untuk memeriksa LCD atau Touchpanel untuk menguji layar sentuh.

Setelah menyelesaikan pengujian layar, Anda dapat kembali ke halaman utama diagnostik untuk menguji komponen perangkat lainnya. Untuk keluar dari mode diagnostik atau pengujian, cukup tekan dua kali tombol kembali (Back).

Metode ini memberikan cara yang efektif dan cepat bagi pengguna Samsung A03s untuk memeriksa dan memastikan bahwa layar sentuh perangkat berfungsi dengan optimal tanpa memerlukan instalasi aplikasi tambahan atau bantuan teknisi.

2. Cek Touchscreen Menggunakan Samsung Members

Cek Layar Sentuh Samsung A03s dengan Samsung Members

Metode yang dapat digunakan untuk menguji layar Hp Samsung A03s adalah melalui aplikasi Samsung Members. Aplikasi ini tidak hanya memberikan dukungan teknis, tetapi juga berfungsi sebagai sumber informasi dan interaksi antara pengguna Samsung secara global.

Samsung Members tersedia secara default di sebagian besar smartphone Galaxy, namun bagi pengguna yang tidak menemukannya, aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store atau Galaxy Store. Ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan berbagai fitur, termasuk pengujian perangkat untuk memastikan fungsi optimal.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Samsung Members untuk menguji layar sentuh Hp Samsung A03s secara detail:

  • Buka aplikasi Samsung Members. Jika belum terinstal, unduh dan instal dari Play Store atau Galaxy Store.
  • Tap "Get Help" dan pilih "Start". Pilih opsi "Touch Screen" untuk memulai pengujian layar sentuh.
  • Gesekkan jari Anda melintasi kotak-kotak yang muncul pada layar sampai semua kotak berubah warna.
  • Setelah selesai, aplikasi akan memberikan hasil pengujian. Jika statusnya menunjukkan "Normal", ini menandakan bahwa layar sentuh berfungsi dengan baik.

Samsung Members tidak hanya memberikan tes untuk layar sentuh, tetapi juga untuk berbagai komponen lain seperti kamera, speaker, mikrofon, sensor, dan banyak fitur lainnya. Pengguna dapat mengakses sumber daya ini untuk mendapatkan rekomendasi terkait penggunaan smartphone Galaxy mereka, serta solusi untuk masalah teknis yang mungkin terjadi.

Dengan memanfaatkan Samsung Members, pengguna Samsung A03s dapat memastikan bahwa perangkat mereka beroperasi dengan optimal dan mendapatkan akses kepada informasi terbaru mengenai produk dan teknologi Samsung.

Akhir Kata

Anda dapat melakukan pengujian terhadap layar sentuh HP Samsung menggunakan kode Rahasia atau aplikasi Samsung Members sebelum membeli ponsel bekas atau hanya untuk memverifikasi dead pixel pada ponsel.

Itulah dua cara untuk menguji atau memeriksa layar sentuh ponsel Galaxy. Selain itu, terdapat tips menarik lainnya tentang cara screenshot Samsung A03s tanpa tombol yang mudah dilakukan.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.