8 Tips Supaya Tampilan Android Lebih Cantik dan Menarik

Kehadiran smartphone saat ini sangatlah canggih dan berkembang pesat. Banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel, seperti melakukan panggilan video, pembayaran digital, bermain game, dan masih banyak lagi.

Tips Supaya Tampilan Android Lebih Cantik dan Menarik

Salah satu jenis smartphone yang sangat populer di masyarakat adalah yang menggunakan sistem operasi Android. Selain harganya yang terjangkau, alasan lainnya adalah fleksibilitas untuk mengakses dan memodifikasi sistem sesuai keinginan pengguna.

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang bersifat open source. Ini memungkinkan para pengembang untuk mengembangkan aplikasi dan fitur-fitur baru untuk smartphone agar lebih baik dan canggih.

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh pengguna Android adalah mengubah tampilan ponsel mereka agar terlihat lebih menarik. Setiap merek ponsel seperti Oppo, Samsung, Vivo, dan lainnya memiliki ciri khasnya sendiri.

Namun, terkadang kita merasa bosan dengan tampilan standar ponsel kita. Oleh karena itu, kita perlu menambahkan fitur-fitur tambahan atau melakukan modifikasi tampilan agar ponsel kita terlihat lebih estetik dan menarik, sesuai dengan keinginan kita.

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik tampilan hp Anda. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa ponsel Android yang memerlukan izin khusus untuk mengakses sistem operasi, yang memerlukan proses rooting. Namun, ada juga cara yang dapat dilakukan tanpa rooting.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempercantik tampilan Android Anda.

1. Menggunakan Launcher

Launcher

Jika Anda ingin dengan mudah mempercantik tampilan hp tanpa harus repot memodifikasi fitur satu per satu, Anda bisa menggunakan launcher. Launcher mencakup semua hal yang berkaitan dengan tampilan layar utama dan ikon-ikonnya.

Launcher telah menjadi pilihan populer untuk mempercantik tampilan layar hp sesuai keinginan. Mereka menawarkan berbagai fitur seperti wallpaper, widget, ikon, dan banyak lagi.

Jika Anda bingung memilih aplikasi launcher terbaik untuk Android, salah satu rekomendasi terbaik adalah Nova Launcher. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna di Play Store. Selain mudah digunakan, Nova Launcher memiliki banyak fitur yang lengkap.

Salah satu keunggulan utama dari Nova Launcher adalah tampilan visualnya yang mengesankan, memberikan kesan mewah dan estetis. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store. Jika Anda ingin mendownloadnya, Anda bisa mengakses link berikut.

2. Mengganti Wallpaper

Wallpaper

Kalau Anda ingin merubah tampilan android menjadi lebih keren dengan cara yang simpel, maka Anda bisa mengganti wallpaper Anda dengan gambar yang keren. Wallpaper yang pas akan membuat ikon yang ada di atasnya terlihat jelas, selain itu Anda juga akan nyaman memandangi ponsel Anda.

Anda juga bisa merubah wallpaper layar kunci hp Anda dengan gambar yang berbeda dari layar utama agar tidak bosan. Atau untuk lebih keren lagi, Anda bisa menggunakan live wallpaper, sehingga tampilan layar Anda lebih elegan dan hidup.

Sebenarnya untuk mendapatkan wallpaper tidak memerlukan aplikasi khusus, atau bahkan tidak memerlukan aplikasi. Anda bisa mencarinya sendiri di google. Akan tetapi jika Anda ingin mendapatkan wallpaper yang berbeda dari yang lain, maka Anda harus mencoba aplikasi ini.

Nama aplikasi untuk mengganti wallpaper tersebut adalah Wallpaper. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi wallpaper terbaik yang pernah saya coba. Di dalamnya terdapat ratusan wallpaper keren, unik, dan estetik.

Selain itu, aplikasi Wallpaper memberikan fitur kategori sehingga memudahkan Anda untuk mencari, misalnya wallpaper alam, aksi, cinta, dan lain-lain.

Wallpaper merupakan aplikasi dari Google LLC dan sudah diunduh di play store lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. Untuk link downloadnya bisa Anda cari di play store, atau melalui link di bawah ini.

3. Menggunakan Tema

Tema

Merubah tema menjadi salah satu faktor yang berperan menjadikan tampilan ponsel Anda terlihat lebih keren. Bagaimana tidak, saat kita menggunakan tema tertentu, maka beberapa atribut di ponsel kita seperti ikon aplikasi, wallpaper utama, dan wallpaper kunci akan berubah sesuai tema.

Caranya yang simple dan mudah membuat beberapa pengguna selalu menggonta-ganti tema hp mereka agar tidak bosan. Dengan begitu, tentunya tampilan hp Anda akan lebih cantik lagi.

Di sebagian ponsel mungkin sudah tersedia aplikasi mengganti tema bawaan. Akan tetapi, buat yang belum ada, tenang, Anda bisa mencoba sebuah aplikasi mengganti tema yang tak kalah kerennya dan tentunya dapat mempercantik tampilan hp Anda.

Aplikasi yang kita pakai adalah Wallpaper Tema. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 1000 jenis tema yang keren dan estetik. Semua tema dapat Anda gunakan secara gratis. Oo iya, yang lebih keren lagi, Anda bisa membuat tema sendiri dengan menggunakan foto selfie.

Keren banget kan aplikasinya. Selain itu, fitur lainnya adalah Anda dapat mengatur jumlah ikon yang akan ditampilkan dan juga Anda dapat menyusun aplikasi yang Anda suka di dalam folder. Aplikasi dari Jepang ini sangat nyaman dan aman untuk digunakan.

Wallpaper Tema memiliki ukuran yang cukup ringan. Untuk link mendownloadnya ada di bawah ini. Anda juga bisa mengunduhnya langsung di play store.

4. Menambah Widget

Widget

Cara selanjutnya untuk mempercantik tampilan Android adalah dengan menambahkan Widget. Apa itu Widget? Widget adalah perwakilan dari sebuah aplikasi yang dapat digunakan secara langsung tanpa harus membuka aplikasi sesungguhnya.

Dengan adanya widget, Anda tidak perlu lagi masuk ke menu dan menggeser-geser layar untuk mencari aplikasi yang diinginkan sehingga memudahkan para pengguna Android. Widget biasanya diletakkan di bagian homescreen. Contohnya saja widget cuaca, jam, pencarian Google, pemutar musik, dan masih banyak lagi.

Untuk menambahkan widget, Anda bisa menggunakan widget bawaan ponsel yang sudah disediakan. Akan tetapi, jika Anda bosan dengan widget yang itu-itu saja atau desainnya yang kurang menarik, Anda bisa menggunakan aplikasi widget.

Aplikasinya adalah KWGT. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Play Store secara gratis. Dengan aplikasi KWGT, selain Anda bisa memasang widget yang unik-unik, Anda juga bisa mengkustom widget Anda sendiri sesuai yang diinginkan.

Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi KWGT ini, bisa mendownloadnya di bawah ini atau langsung ke Play Store.

5. Mengganti Ikon

Ikon

Setiap smartphone memiliki ciri khas pada ikon menu mereka. Misalnya saja Samsung, Vivo, iPhone, dan lainnya. Dengan perbedaan ini, setiap merek smartphone dikenal oleh para penggunanya. Ikon yang unik tentunya membuat nyaman untuk dilihat, membuat tampilan ponsel kalian tampak berbeda dari yang lain.

Untuk mengganti ikon, sebenarnya sangat mudah sekali. Kalian bisa menggunakan Launcher atau mengganti tema ponsel kalian, maka ikon akan berubah sesuai dengan tema yang diterapkan. Akan tetapi, jika kalian ingin memodifikasi ikon sendiri, silahkan pakai aplikasi ini.

Namanya adalah Pixel Pie Icon Pack. Aplikasi icon pack ini menyediakan 10.000 jenis icon. Bukan itu saja, kalian dapat membuat desain ikon kalian sendiri lhoo. Aplikasi Pixel Pie diunduh di Play Store lebih dari 1 juta kali dan menjadi salah satu aplikasi mengganti ikon yang banyak dipakai.

6. Menggunakan Gaya Keyboard

Gaya Keyboard

Cara berikutnya yang efektif untuk mempercantik tampilan layar Android kalian adalah dengan mengganti keyboard bawaan kalian. Tidak semua orang menyukai keyboard default bawaan ponsel. Mungkin karena tidak menarik, kaku, dan jenis fontnya yang kurang unik.

Nah, agar tampilan Android tampak cantik, kalian bisa pakai aplikasi keyboard. Ada banyak aplikasi keyboard yang bisa kalian coba dan download di Play Store langsung. Namun, admin akan merekomendasikan sebuah aplikasi yang mungkin cocok buat kalian.

Aplikasinya adalah Microsoft SwiftKey Keyboard. Kalau kalian mencari yang ringan, maka bisa coba aplikasi ini. Microsoft SwiftKey Keyboard memiliki ukuran hanya 9 MB saja namun memiliki fitur yang keren banget.

Ada banyak stiker dan GIF seru yang diberikan. Selain itu, ada fitur prediksi otomatis sehingga pengetikan menjadi lebih cepat dan akurat. Terdapat 100+ jenis tema yang bisa dipakai, dan kalian juga dapat membuat tema kalian sendiri dengan foto sebagai latar belakangnya.

7. Mengubah Gaya Font

Gaya Font

Disebagian Android mungkin sudah menyediakan berbagai font yang bagus. Namun tidak semua ponsel mendukung fitur tersebut sehingga hanya dapat menggunakan font standar yang dipakai oleh kebanyakan smartphone.

Tentunya hal tersebut membuat kita bosan, dan tampilan ponsel menjadi biasa-biasa saja. Untuk itu, perlu dilakukan variasi agar ponsel kalian tampak kece.

Untuk hp kalian yang belum memiliki fitur pengubah font, kalian dapat menggunakan aplikasi ini sebagai solusinya.

Aplikasinya bernama HiFont. Kalian dapat menggunakan ratusan font dengan aplikasi ini secara gratis. Bukan hanya itu, ada juga emoticon lucu dan keren yang bisa dipakai. Aplikasi HiFont sudah tersedia di Google Play Store.

Ukurannya pun cukup ringan, sekitar 15 MB saja, serta sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna. Yang ingin mendownload aplikasinya bisa melalui link yang sudah ada di bawah ini.

8. Menggunakan Animasi Layar

Mungkin kalian pernah melihat di laptop atau PC ada sebuah animasi yang bergerak-gerak di layar seperti animasi hewan, karakter kartun, orang, dan sebagainya. Nah, ternyata kalian juga bisa memasangnya di layar ponsel kalian.

Berbeda dengan live wallpaper, animasi layar ini akan bergerak-gerak bebas menyusuri layar hp kalian. Inilah yang menjadikan tampilan ponsel lebih menarik dan unik.

Fitur ini mungkin belum ada di smartphone, maka dari itu kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang ada di Play Store untuk membuatnya.

Aplikasinya adalah Shimeji. Bisa dibilang aplikasi Shimeji menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk menambah animasi di layar hp. Ada lebih dari 100 karakter animasi gratis yang dapat menghiasi layar ponsel kalian. Ada berbagai fitur juga yang diberikan seperti mengatur kecepatan animasi dan ukurannya.

Aplikasi ini sangat ringan, hanya sekitar 3 MB saja, sehingga tidak akan membebani penyimpanan ponsel kalian. Tunggu apa lagi, silahkan download di Play Store. Bisa juga langsung klik link yang sudah admin siapkan di bawah ini.

Demikianlah 8 Cara Mempercantik Tampilan Android yang bisa kalian pakai. Dengan begitu, tampilan layar kalian menjadi lebih menarik dan tidak membosankan sehingga kalian bisa betah berlama-lama dengan smartphone kalian.

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman kalian yang lain dan silahkan kunjungi artikel admin yang lainnya. Semoga bermanfaat sampai bertemu di artikel selanjutnya.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.