Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan & Kekurangan Advan G5 Sebelum Beli!

Harga menjadi salah satu pertimbangan utama saat seseorang memilih HP. Biasanya, pembeli akan menimbang harga berdasarkan spesifikasi yang dimiliki untuk melihat kelayakannya. Advan G5 adalah HP yang hanya dibanderol dengan harga Rp1.399.000,-. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Advan G5?

Advan G5

Spesifikasi Advan G5
  • Layar: IPS LCD 6.2 inches
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Selengkapnya : Spesifikasi Advan G5 dan Harganya

Harga Rp1.399.000,- ini sangat terjangkau untuk mendapatkan HP Android dengan spesifikasi yang tidak terlalu buruk. Bahkan tanpa melihat spesifikasinya, harga yang terjangkau selalu mampu menarik perhatian banyak orang, cocok untuk dibeli sebagai hadiah bagi anak-anak atau lansia.

Advan, sebagai merek HP buatan Indonesia, patut diapresiasi karena mampu menghadirkan produk yang ramah di kantong namun tetap menawarkan nilai yang cukup tinggi sesuai dengan harganya. Penasaran dengan Advan G5? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Advan G5 agar Anda tidak lagi penasaran.

Kelebihan Advan G5

Kelebihan Advan G5

Selain desainnya yang keren, apa saja yang membuat Advan G5 menarik? Berikut adalah beberapa poin kelebihan Advan G5 yang perlu kamu simak!

1. Triple Camera

Advan G5 adalah HP yang ditujukan untuk segmen entry-level, namun hal ini tidak berarti bahwa merk lokal ini mengabaikan sektor kamera. Meskipun lensa yang disematkan cenderung minim, Advan G5 sudah dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera. Ini merupakan peningkatan dibandingkan dengan Advan G3 Pro yang hanya memiliki dual camera.

Resolusi dari ketiga lensa tersebut adalah 13 MP, 0,3 MP, dan 0,3 MP. Apakah lensa-lensa ini mampu menghasilkan bidikan dan rekaman yang layak? Sebuah video yang diunggah oleh GontaGantiHP HD menyebutkan bahwa ketiga kamera ini masih cukup bagus untuk menghasilkan foto dengan detail yang terjaga, asalkan berada dalam kondisi pencahayaan yang baik.

Namun, saat kondisi gelap, hasilnya terlihat berbeda. HP ini tidak mampu memberikan eksposur yang cukup pada objek foto, namun keberadaan flash setidaknya cukup membantu untuk membuat hasil foto lebih layak dilihat.

Satu lagi kekurangan dari kameranya adalah rentang dinamis yang tidak begitu baik. Jika Anda berfoto dengan membelakangi sumber cahaya, hasil foto akan mengalami backlight. Tidak tersedia pula efek bokeh pada mode portrait, baik pada kamera belakang maupun kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP.

Namun, untuk HP seharga satu jutaan, beberapa hasil foto cukup bagus. Foto terlihat tajam dan objeknya pun menampilkan detail dengan baik meskipun mode malamnya kurang memuaskan.

2. Baterai Besar

Ponsel yang berkualitas tentunya akan memiliki salah satu dari ciri-ciri ini. Ponsel dengan kapasitas baterai yang besar akan memberikan penggunaan yang lebih lama. Itulah mengapa Advan G5, yang dilengkapi dengan baterai LiPo berkapasitas 4000 mAh, sangat layak diapresiasi.

Pada segmen harga entry-level, baterai dengan kapasitas 4000 mAh adalah nilai yang tinggi. Bahkan beberapa ponsel di kisaran harga 2 jutaan masih menggunakan baterai yang lebih kecil. Ini menunjukkan bahwa Advan memperhatikan kebutuhan konsumen akan ponsel dengan baterai yang tahan lama agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

3. OS Android 10

Advan G5, yang dirilis pada tahun 2020, tentu tidak ingin ketinggalan dalam menyajikan sistem operasi terbaru saat itu. Bagi Anda yang telah lama tidak mengganti ponsel dan ingin merasakan fitur eksklusif Android 10, Advan G5 bisa menjadi pilihan yang menguntungkan meskipun dengan budget terbatas.

Pada sistem operasi versi ini, berbagai fitur yang ditawarkan memang sangat inovatif. Anda dapat mengaktifkan mode gelap untuk seluruh sistem ponsel agar tampilan lebih nyaman dan hemat baterai. Fitur pengaturan notifikasi secara individual juga memungkinkan Anda untuk mengontrol notifikasi yang ingin ditampilkan.

Fitur Smart Reply-nya juga menarik, di mana Anda dapat membalas pesan langsung dari notifikasi tanpa harus membuka aplikasi pesan. Semua fitur ini (dan masih banyak lagi) sudah dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau seperti Advan G5.

4. Slot Memori Eksternal Khusus

Berkolaborasi dengan memori eksternal seperti microSD bisa jadi solusi menarik untuk menyimpan koleksi video favorit Anda, seperti film dan serial TV, pada Advan G5. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data saat melakukan reset pabrik, karena file-file tersebut disimpan secara terpisah. Selain itu, penggunaan memori internal yang lebih fokus untuk aplikasi juga menjadi lebih optimal.

Advan G5, yang juga mendukung dual SIM Card, menyediakan slot triple sehingga Anda dapat menambahkan microSD tanpa mengorbankan slot SIM Card lainnya. Meskipun kapasitas maksimalnya hanya 32 GB, microSD ini masih bisa menampung banyak musim atau film Blu-ray kesukaan Anda. Hal ini tentunya sangat menarik, bukan?

5. Desain Berkelas

Meskipun Advan G5 memiliki harga yang sangat terjangkau, hal ini tidak terlihat dari desainnya. Dengan dua varian warna (White Green dan Blue Purple) serta modul kamera tiga lensa yang mirip dengan iPhone 11, Advan G5 tampak sangat elegan dan berkelas.

Orang-orang yang melihat Anda menggunakan ponsel ini mungkin akan mengira bahwa ini adalah ponsel mahal, sehingga Advan G5 tetap pantas dipamerkan karena desainnya yang estetis.

Di bagian depan, layar IPS LCD 6,2 inci dengan desain poni atau waterdrop notch memberikan tampilan yang modern bagi Advan G5. Dengan desain ini, Advan G5 tidak ketinggalan zaman.

6. Ada 3.5mm Jack Audio

Advan G5 juga merupakan smartphone yang cocok digunakan untuk mendengarkan musik dengan menggunakan headset atau speaker eksternal. Hal ini karena Advan G5 masih dilengkapi dengan jack audio 3,5mm di bagian bawahnya.

Hal ini patut diapresiasi karena beberapa produsen smartphone mulai menghilangkan port ini untuk membuat produk mereka lebih tipis. Dengan adanya jack audio ini, Anda masih dapat menggunakan headset secara normal tanpa perlu membeli adapter tambahan.

7. Sudah USV Type-C

Selain jack audio 3,5mm, Advan G5 juga dilengkapi dengan port pengisian daya di bagian bawah bodinya. Ponsel ini menggunakan teknologi USB tipe-C atau USB Type-C. Di kelas harganya, masih jarang ditemui smartphone dengan port USB Type-C. Oleh karena itu, kehadiran USB Type-C di Advan G5 patut diapresiasi dan menjadi kelebihan tersendiri.

Kekurangan Advan G5

Kekurangan Advan G5

Sebagai HP dengan harga terjangkau, spesifikasi dan fitur Advan G5 mungkin tidak sekompetitif HP kebanyakan saat ini. Berikut adalah beberapa kekurangan Advan G5.

1. Memori Penyimpanan Kecil

Untuk dapat menyimpan banyak aplikasi, Anda memerlukan memori internal yang cukup besar. Saat ini, setidaknya membutuhkan 64 GB agar semua aplikasi seperti marketplace, ojek online, dan game dapat diinstal tanpa masalah.

Advan G5 dianggap kurang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengguna pada hal ini, karena hanya memiliki memori internal 32 GB.

2. Sensor Sidik Jari Absen

Fitur pembukaan kunci layar kini tidak hanya bergantung pada kata sandi, PIN, atau pola. Fitur-fitur canggih seperti sensor sidik jari atau Face Unlock sudah tersedia pada HP terbaru, bahkan pada HP dengan harga sekitar 1 jutaan seperti Lenovo A5 dan Asus Zenfone Max.

Namun, Advan G5 tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari. Padahal, beberapa generasi sebelum G5, Advan G2 sudah memiliki sensor sidik jari dan Face Unlock. Hal ini menunjukkan bahwa ketiadaan sensor sidik jari bukanlah karena alasan harga yang murah. Untungnya, Advan G5 masih memiliki fitur Face Unlock.

3. Tidak Dibekali Fast Charging

Anda tidak ingin menunggu HP Anda untuk mengisi daya selama berjam-jam, bukan? Oleh karena itu, sebaiknya pilih ponsel yang dilengkapi dengan fitur fast charging. Sayangnya, Advan G5 dengan baterai 4000 mAh tidak dilengkapi dengan fitur fast charging. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya akan cukup lama.

Padahal, banyak ponsel murah di kisaran harga 1 jutaan yang memiliki fitur fast charging. Sebagai contoh, Redmi 8A memiliki baterai 5000 mAh dengan fast charging 18 W.

Untuk mengatasi kekurangan ini, Anda dapat mengisi daya Advan G5 sebelum tidur sehingga saat Anda bangun, ponsel sudah terisi penuh. Atau, jika memungkinkan, Anda juga dapat menggunakan power bank. Meskipun demikian, bagi sebagian orang, kekurangan ini mungkin tidak menjadi masalah besar mengingat kapasitas baterai Advan G5 yang cukup awet.

Kesimpulan

Inilah 10 kelebihan dan kekurangan Advan G5, ponsel dengan harga terjangkau namun desain bodi layaknya flagship sekelas iPhone. Meskipun memiliki sejumlah kelemahan, Advan G5 memiliki keunggulan dengan triple kamera yang mampu menghasilkan foto yang bagus.

Bagi Anda yang ingin merasakan fitur Android 10 namun memiliki anggaran terbatas, Advan G5 merupakan pilihan yang sangat cocok. Terlebih lagi dengan baterai 4000 mAh yang mampu bertahan seharian. Secara keseluruhan, Advan G5 bisa dikatakan sebagai salah satu ponsel terbaik di segmen harga entry-level. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Dapatkan Advan G5 dengan mengklik link ini ya!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.