Cara Membuat Video Pembelajaran Lengkap dan Tidak Membosankan!

Saat ini, dunia pembelajaran telah berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Jika dulu pembelajaran hanya bisa dilakukan di kelas dengan mendengarkan penjelasan dari guru serta menggunakan materi manual seperti buku, kini semuanya dapat dilakukan secara online.

Video Pembelajaran

Hal ini memungkinkan pembelajaran tanpa batasan ruang dan waktu. Terlebih lagi, generasi saat ini sudah akrab dengan gadget yang terhubung dengan internet. Materi pembelajaran juga disajikan dalam berbagai bentuk media online seperti e-book, kelas digital, dan video pembelajaran.

Oleh karena itu, baik tenaga pengajar maupun peserta didik harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi ini agar tidak tertinggal. Belakangan ini, video pembelajaran menjadi sangat diminati oleh peserta didik. Mereka dapat mencari pembelajaran yang mereka butuhkan melalui platform media sosial seperti YouTube.

Selain itu, tenaga pengajar seperti guru dan dosen juga membuat video pembelajaran agar siswa dapat mengulang materi yang disampaikan jika diperlukan. Bagaimana cara membuat video pembelajaran seperti ruang guru? Berikut penjelasannya.

Hal-Hal yang Harus dipersiapkan Sebelum Membuat Video Pembelajaran

Untuk menghasilkan video pembelajaran yang menarik dan mudah dimengerti, kita perlu membuat video yang menarik dan penjelasan yang mudah dipahami. Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelum membuat video pembelajaran. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tentukan Materi dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi pembelajaran berasal dari silabus atau perencanaan pembelajaran yang disusun oleh para guru. Dari silabus tersebut, guru menyusun kembali bahan ajar dan indikator pencapaian secara terstruktur. Materi dan indikator tersebut disesuaikan dengan adaptasi pembelajaran online.

Materi yang disampaikan dianjurkan lebih sederhana agar mudah dimengerti oleh murid. Untuk materi yang lebih mendalam, guru dapat membagikan bahan ajar lain seperti e-book atau jurnal-jurnal yang mendukung pembelajaran murid.

2. Cari Ilustrasi dan Imajinasikan Konsepnya

Setelah materi dan indikator pembelajaran tersusun, langkah selanjutnya adalah mencari ilustrasi dan mengimajinasikan konsep. Diperlukan referensi untuk menemukan kreativitas dalam pembuatan video pembelajaran yang menyenangkan.

Saat mengimajinasikan konsep, disarankan untuk berhubungan dengan materi yang disampaikan. Selain hanya berbagai slide presentasi materi, guru dapat menyisipkan kuis tebak gambar atau kuis jawab cepat untuk meramaikan suasana dan membuat kelas menjadi lebih ceria.

3. Kumpulkan Aset Audio dan Visual

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan aset audio dan visual yang tepat, seperti gambar, video pendek, tabel, diagram, animasi, atau data lainnya. Aset audio atau visual yang dikumpulkan dapat berupa karya sendiri. Sebagai contoh, guru musik dapat merekam suaranya sendiri untuk memberi contoh materi, atau guru seni rupa dapat memotret karyanya sendiri untuk ditampilkan kepada murid.

Jika guru menggunakan materi audio dan visual dari situs-situs di internet, pastikan sumbernya kredibel. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan sumber saat memasukkan ilustrasi ini ke dalam video, karena adanya aturan hak cipta ketika menggunakan ilustrasi hasil karya orang lain, meskipun ilustrasi tersebut boleh digunakan untuk umum.

4. Susun Storyline

Setelah semua materi pembelajaran terkumpul, langkah selanjutnya adalah menyusunnya. Guru dapat membuat skrip dan alur cerita yang sistematis terlebih dahulu sebelum memasukkan semua materi dan aset audio dan visual.

Skrip dan alur cerita berfungsi sebagai panduan untuk arah pembicaraan guru saat direkam nanti. Anda dapat menulis ringkasan materi bahan ajar yang nantinya akan dibacakan di depan kamera.

5. Rekam Presentasi

Skrip dan alur cerita yang telah disusun kemudian diwujudkan menjadi audio visual. Bagi guru yang memiliki kamera digital atau DSLR, bisa menggunakannya. Namun, jika tidak memiliki kamera digital atau DSLR, Anda dapat menggunakan kamera smartphone.

Pastikan juga untuk menyediakan tripod untuk menjaga kestabilan video dan lampu video untuk mendukung pencahayaan. Keduanya akan membantu proses rekaman menjadi lebih baik.

Selain itu, siapkan alat perekam suara. Anda dapat menggunakan alat perekam suara atau menggunakan smartphone. Disarankan untuk meletakkan perangkat perekam suara di dekat sumber suara, misalnya di saku baju atau dekat dengan mulut, agar menghasilkan suara yang lebih jelas.

6. Olah Menjadi Video

Setelah rekaman video dan ilustrasi terkumpul, langkah terakhir dari pembuatan video pembelajaran adalah melakukan editing. Panduan edit video didasarkan pada storyline yang telah disusun dan konsep yang telah Anda garap. Dalam proses ini, Guru ditantang untuk berkreasi dan berpikir out of the box agar video pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membuat jenuh murid.

Jumlah slide materi pembelajaran juga perlu diperhatikan. Anda dapat menyisipkan game berupa kuis atau video pendek jika slide materi yang disampaikan cukup panjang.

Untuk melakukan editing video, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia, baik yang berbayar maupun gratis, antara lain:

  • Movie Maker dari Windows
  • Camtasia
  • Videoscribe
  • Corel Video Studio
  • Adobe Premier 

Setelah proses editing video selesai, render video dalam format mp4 atau format lainnya yang sesuai dengan ketentuan. Jika Anda ingin video pembelajaran yang telah Anda buat dapat diakses oleh banyak orang, Anda dapat mengunggahnya di platform video seperti YouTube.

Cara Membuat Video Pembelajaran dengan Kinemaster

Dewasa ini, sudah banyak aplikasi edit video yang memudahkan setiap orang untuk membuat video. Jika Anda ingin membuat video keren dengan cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi Kinemaster ini di smartphone Anda.

Kinemaster merupakan aplikasi editing video di Android yang sangat populer saat ini. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang memanjakan para penggunanya. Selain itu, cara menggunakan aplikasi Kinemaster juga sangat mudah. Bahkan, kita bisa mendapatkan banyak gambar ilustrasi yang bisa kita pakai secara gratis. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Download aplikasi Kinemaster dari Google atau Play Store. Setelah didownload, install aplikasinya.

2. Buka aplikasi Kinemaster, lalu untuk menambahkan video, klik Media dan cari video yang ingin Anda edit.

Membuat Video Pembelajaran dengan Kinemaster #1

3. Anda juga bisa menambahkan musik ke dalam video. Caranya, pilih Audio atau yang memiliki ikon nada di sebelah kanan. Selanjutnya, pilih lagu yang akan Anda pakai dan untuk menambahkannya, klik tanda Plus “+”.

4. Anda juga bisa menambahkan tulisan. Caranya, pilih layer atau Lapisan, lalu pilih Text. Di sini, Anda bisa memilih jenis font yang akan Anda pakai dan juga dapat mengatur warna teks.

5. Jika Anda menggunakan green screen saat merekam, Anda bisa mengeditnya dengan cara memasukkan sebuah video atau video seperti pada langkah nomor 2 tadi. Kemudian, pilih Lapisan/layer, akan ada beberapa pilihan yang keluar. Pilih Media, kemudian cari video yang sudah Anda rekam dengan green screen.

Membuat Video Pembelajaran dengan Kinemaster #2

6. Video yang Anda masukkan itu akan menjadi layer. Setelah itu, klik videonya dan di bagian kanan pilih Chroma Key/Kunci Kroma. Selanjutnya, atur hingga terlihat pas.

Membuat Video Pembelajaran dengan Kinemaster #3

7. Jika sudah, pilih Export di bagian kanan layar dan tunggu sampai proses export selesai.

Membuat Video Pembelajaran dengan Kinemaster #4

Kelebihan dari menggunakan aplikasi ini adalah kita bisa menambahkan beberapa ikon atau layer lain seperti efek, pewarnaan, stiker, dan lainnya.

Kekurangannya, aplikasi ini lambat mengexport jika melakukan rekaman dengan kamera DSLR.

Cara Membuat Video Pembelajaan dengan Power Point

Banyak yang beranggapan bahwa untuk membuat video pembelajaran di PC, harus menggunakan software yang memerlukan spesifikasi laptop yang tinggi seperti Adobe After Effect, Premiere Pro, Filmora, dan lain sebagainya.

Padahal, ada sebuah software bawaan yang juga bisa digunakan, yaitu Microsoft PowerPoint. Software ini dikenal sebagai software untuk pembuatan bahan presentasi yang biasa disebut dengan PPT. Namun, siapa sangka Anda juga bisa membuat video dari PowerPoint ini.

Software yang ringan dan sudah ada di setiap PC atau laptop yang Anda gunakan, maka sangat direkomendasikan untuk dicoba. Berikut ini adalah tutorial cara membuat video pembelajaran dengan PowerPoint.

1. Pertama, buatlah slide presentasi semenarik mungkin seperti biasa. Anda dapat menambahkan animasi, gambar bergerak, atau ilustrasi yang dapat Anda cari agar tampilannya lebih menarik.

2. Jika sudah jadi, selanjutnya pada menu bar, pilih File dan cari Save & Send, kemudian pada pilihan yang muncul, pilih Create a Video. Di sini, Anda dapat mengatur kualitas gambarnya menjadi Computer & HD Displays. Setelah itu, klik Create Video.

Membuat Video Pembelajaran dengan Power Point

3. Selanjutnya, pilih folder tempat Anda akan menyimpannya dan beri judul pada video, kemudian simpan.

4. Tunggu sampai proses export selesai. Semakin banyak slide yang Anda buat, maka proses export juga akan semakin lama.

5. Jika sudah selesai, lihatlah hasilnya.

Kelebihan dari software PowerPoint adalah sangat sederhana dan praktis digunakan serta dapat menambahkan banyak gambar dengan mudah.

Kekurangannya, motion yang ada terbatas, tidak dapat menggunakan layer, dan green screen.

Cara Membuat Video Pembelajaran tanpa Aplikasi

Untuk Anda yang tidak ingin repot mendownload dan menginstall aplikasi atau software, Anda juga dapat membuat video secara online. Artinya, di sini kita akan menggunakan sebuah website yang ada di internet di mana kita akan melakukan pengeditan secara online.

Nama website yang kita gunakan adalah Animaker. Website ini dapat diakses secara gratis dan berbayar. Namun, fitur gratisnya juga sangat bagus. Konsepnya di sini adalah kita sudah disediakan berbagai slide atau template dan animasi di dalamnya. Penasaran?

1. Buka aplikasi web browser yang Anda miliki, kemudian kunjungi website Animaker.com.

2. Pada tampilan awal, pilih "Create your first Video".

Membuat Video Pembelajaran Tanpa Aplikasi #1

3. Anda akan diminta untuk login. Anda dapat login menggunakan email Google atau menggunakan akun Facebook Anda.

4. Setelah login, tampilannya akan seperti gambar berikut. Untuk presentasi Anda, pilihlah yang Horizontal.

Membuat Video Pembelajaran Tanpa Aplikasi #2

5. Selanjutnya, pilih template yang akan Anda gunakan di video Anda nanti.

6. Anda akan masuk ke bagian penyetingan. Di sini, Anda dapat mengatur dan memilih karakter, menambah tulisan, memberikan animasi, dan lain-lain.

7. Jika semua sudah selesai, klik "Publish" di bagian kanan atas, lalu pilih "Download Video". Tunggu prosesnya sampai selesai.

8. Jika prosesnya lama, Anda dapat meninggalkannya terlebih dahulu. Nanti akan ada email yang masuk ke akun Anda jika prosesnya sudah selesai.

9. Selanjutnya, buka emailnya dan download video tersebut.

Kelebihannya, tidak perlu repot menginstal aplikasi, pengoperasiannya yang simpel dan mudah.

Kekurangannya, ada biaya untuk mendapatkan template yang premium.

Akhir Kata

Tidak sulit untuk membuat video pembelajaran. Terlebih lagi, ada kemudahan dan fitur-fitur keren yang bisa kita gunakan dari setiap cara yang sudah dijelaskan di atas. Jika masih ada yang bingung, Anda dapat bertanya di kolom komentar.

Demikianlah tutorial cara membuat video pembelajaran di HP dan Laptop. Jangan ragu untuk melihat tutorial-tutorial lainnya di laman ini. Semoga tutorial ini dapat membantu teman-teman semua. Semoga sukses dan tetap semangat!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.