3 Cara Color Grading Video di Android

Sebuah video yang direkam terkadang memiliki kondisi yang kurang menyenangkan untuk dilihat, seperti gambar terlalu terang atau terlalu gelap, gambar video terlihat pucat, buram, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian orang melakukan Color Grading terhadap video mereka.

Color Grading Video

Tujuannya adalah agar video mereka enak untuk dilihat. Namun sebelumnya, apakah teman-teman tahu apa itu color grading? Nah, color grading adalah proses pewarnaan pada gambar/video untuk meningkatkan kualitas dan nilai estetikanya.

Bagi sebagian orang, color grading sangatlah penting, bahkan dalam pengeditan film juga menggunakan color grading di setiap bagian video yang direkam. Tujuannya agar gambar dapat dinikmati oleh penonton. Koreksi tone warna (color tuning) bisa kalian coba agar kita tahu apakah warna yang kita pakai cocok di video kita.

Penggunaan color grading tidak harus sama karena tiap editor memiliki selera dan kebutuhannya sendiri. Namun yang harus diperhatikan dalam pemberian color grading adalah jangan sampai merusak warna elemen utamanya (manusia). Oleh karena itu, mari kita belajar mengcolor grading video.

Aplikasi Color Grading Video di Android

Jika Anda mencari di Play Store dengan kata kunci color grading video, maka akan ada banyak pilihan aplikasi yang muncul. Namun, tidak semua aplikasi dapat bekerja secara maksimal dan sesuai dengan keinginan kita.

Dari sekian banyak aplikasi yang ada, di sini saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi color grading video terbaik dan keren menurut saya. Tentunya, aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Berikut adalah daftarnya.

  • 3DLUT
  • VSCO
  • Kinemaster
  • InShot
  • PowerDirector
  • Pixlr

Cara Color Grading Video di Android

Color grading video biasanya hanya dapat dilakukan menggunakan PC atau laptop dengan software seperti Adobe Premiere. Sedangkan untuk Android, hanya bisa mengcolor grading foto menggunakan aplikasi Lightroom, Snapseed, dan lainnya.

Namun, seiring berkembangnya zaman, sekarang ini kita juga dapat melakukan hal tersebut menggunakan Android. Untuk hasilnya sendiri, menurut saya sangat puas dan keren, tidak kalah dengan menggunakan PC.

Akan tetapi, itu juga tergantung bagaimana kita memilih tone warna. Kecanggihan smartphone yang ada saat ini, menjadikan proses editing menjadi lebih praktis dan mudah.

Untuk cara color grading video di Android, kita membutuhkan sebuah aplikasi tambahan yang harus kalian download dan install di Android. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

1. Color Grading Video dengan Aplikasi 3DLUT

Aplikasi pertama ini merupakan aplikasi color grading video yang biasa digunakan oleh para editor sebagai sentuhan akhir setelah mengedit video. Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat video kita tampak seperti video profesional.

Selain video, kita juga dapat memperbaiki kualitas gambar agar layak untuk dilihat. Setiap efek filternya sangat keren dan ada banyak yang dapat digunakan. Selain itu, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Selain filter, kita juga dapat melakukan pengaturan atau penyesuaian warna dasar (kecerahan, kontras, dan sebagainya).

Untuk tutorial penggunaannya, sebagai berikut:

1. Buka aplikasi 3DLUT di Android kalian. Jika belum ada, silahkan download di Play Store.

2. Kemudian pada tampilan awalnya, pilih "Open Gallery". Nantinya, kalian akan diarahkan ke galeri dan cari video yang akan digunakan.

Color Grading Video di 3DLUT

3. Jika video sudah masuk ke aplikasi 3DLUT, selanjutnya di bagian atas ada dua pilihan yaitu "BASIC" dan "LUT". Saran saya, pilih dulu "BASIC", atur kecerahan, kontras, saturasi, dan lainnya dengan cara menarik bulatan di kanan layar ke atas atau ke bawah.

Cara Color Grading Video di 3DLUT

4. Jika dirasa sudah pas, maka selanjutnya pilih "LUT". Nantinya akan ada banyak sekali filter-filter yang bisa kalian coba. Kalian cukup klik satu filter yang akan dipakai.

Cara Color Grading Video di 3DLUT

5. Langkah selanjutnya, tekan tanda centang di bagian kanan atas untuk menyimpan. Jangan lupa matikan tanda watermark dan pilih "Save to Gallery".

Cara Color Grading Video di 3DLUT

6. Tunggu sampai proses penyimpanan selesai, lalu lihatlah hasilnya.

Kelebihan dari aplikasi 3DLUT ini adalah sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Fasilitas yang ada juga keren dengan berbagai filter yang disediakan.

Kekurangannya, pada saat pengeditan di bagian LUT, terkadang pilihan filter warnanya agak lama muncul sehingga memakan banyak waktu.

2. Color Grading Video dengan Aplikasi VSCO

Aplikasi selanjutnya adalah VSCO. Aplikasi ini dulunya hanya dikenal sebagai aplikasi untuk mengedit foto atau gambar saja. Namun, tahukah kalian bahwa VSCO juga dapat digunakan untuk mengatur color grading sebuah video.

Penggunaannya juga sangat mudah dan simpel. Ada banyak sekali filter keren yang bisa kalian coba. Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, kalian akan diminta untuk login menggunakan akun Google yang kalian miliki.

Berikut ini tutorial cara menggunakannya:

1. Pertama, download aplikasinya di Play Store. Setelah itu, siapkan footage video yang ingin kalian edit color grading-nya.

2. Jika sudah terinstall, buka aplikasinya lalu di tampilan awal lakukan login menggunakan akun Google kalian.

3. Apabila muncul jendela pembayaran, pilih tanda silang di pojok kiri atas layar HP kalian.

4. Selanjutnya, pilih "Import" yang bertanda Plus "+" di kanan bawah.

Cara Color Grading Video di VSCO

5. Langkah selanjutnya, geser ke samping untuk bagian pemilihan video. Cari video yang ingin kalian edit color grading-nya lalu impor.

Cara Color Grading Video di VSCO

6. Pada menu editing, kalian tinggal pilih filter warna apa yang kalian inginkan.

Cara Color Grading Video di VSCO

7. Jika dirasa filter warnanya kurang pas, kalian juga bisa mengaturnya lagi seperti kontras, kecerahan, dan lainnya dengan cara pilih tool garis tiga seperti di bawah ini.

Cara Color Grading Video di VSCO

8. Apabila semuanya sudah selesai, selanjutnya tekan "Berikutnya" di bagian kanan atas layar HP kalian untuk menyimpan hasil video kalian.

Kelebihan dari aplikasi VSCO ini adalah sangat simpel dan mudah untuk digunakan. Selain itu, filter warna yang ada cukup bervariasi dan keren.

Kekurangannya, untuk color grading sebuah video hanya diberikan 7 hari trial gratis, selebihnya kita akan dikenakan biaya langganan per tahun.

3. Color Grading Video dengan Aplikasi Kinemaster

Aplikasi yang terakhir adalah Kinemaster. Aplikasi yang sudah populer di kalangan editor Android ini memang selalu memberikan fitur-fitur yang berkualitas. Bukan hanya mengedit video saja, namun di dalamnya kita juga dapat mengatur color grading.

Berbagai filter yang sangat bagus tentu sangat memanjakan kita. Selain itu, ada juga penyesuaian warna dasar yang bisa kita mainkan. Ok, langsung saja kita coba tutorialnya di bawah ini.

1. Buka aplikasi Kinemaster, kemudian pilih tanda Plus "+" untuk membuat proyek baru.

2. Setelah masuk ke tampilan pengeditan, pilih "Media" dan cari video yang akan kita atur color grading-nya.

3. Jika sudah, langkah selanjutnya klik videonya, lalu pada menu di sebelah kanan, gulir ke bawah dan cari "Filter Warna". Di situ ada banyak kategori filter warna yang bisa kita pakai gratis.

Cara Color Grading Video di Kinemaster

4. Jika video terlalu gelap atau terlalu terang, kita bisa atur dengan cara memilih "Penyesuaian Warna". Akan ada tiga jenis pengaturan yaitu kecerahan, kontras, dan saturasi. Atur sesuai keinginan.

Cara Color Grading Video di Kinemaster

5. Selesai.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kita bisa langsung melakukan proses pengeditan video dan color grading dalam satu aplikasi sehingga kita tidak perlu menggunakan aplikasi lain. Semua filternya gratis dan bisa digunakan.

Kekurangannya, pada pengaturan penyesuaian warna hanya terdiri dari tiga jenis penyesuaian saja.

Akhir Kata

Bagaimana? Tertarik mencobanya? Kalau begitu, tunggu apa lagi, langsung saja kalian praktikkan di smartphone kalian. Itulah beberapa penjelasan seputar color grading dan cara color grading video di Android beserta aplikasinya. Jika kalian memiliki rekomendasi lain, silahkan komentar di bawah.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian yang lain agar kalian dapat menghasilkan video yang keren dan profesional. Sampai bertemu di artikel berikutnya dan tetap semangat!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.