Duel ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5 dengan Selisih Harga Beda Tipis, Mana yang Lebih Baik?

Dalam beberapa waktu terakhir, persaingan di pasar smartphone kelas entry-level semakin sengit, terutama dalam rentang harga di bawah Rp 1 juta. Setidaknya ada dua pilihan yang dapat dipertimbangkan, yaitu ZTE Blade A53 Pro dan Itel Vision 5. Kedua smartphone terbaru ini menggunakan prosesor Unisoc SC9863A yang cukup handal namun kurang cocok untuk bermain game berat. Dengan spesifikasi yang terbatas, keduanya lebih cocok digunakan untuk aktivitas standar seperti browsing, media sosial, dan sejenisnya.

ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision

Kedua ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat bertahan sepanjang hari. Selain itu, keduanya juga memiliki sensor sidik jari di bagian belakang bodi, sebuah fitur keamanan canggih yang jarang ditemukan pada ponsel entry-level dengan harga di bawah Rp 1,5 juta. Dengan perbedaan harga 200 ribu, antara ZTE Blade A53 Pro dan Itel Vision 5, mana yang lebih baik?

Spesifikasi ZTE Blade A53 Pro

Spesifikasi ZTE Blade A53 Pro

Spesifikasi ZTE Blade A53 Pro
  • Warna : Mint Green dan Midnight.
  • Dimensi : 164.8 x 75.8 x 8.7 mm.
  • Berat : 198 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A.
  • GPU : PowerVR GE8322.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, MyOS 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 10W wired.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :

Spesifikasi Itel Vision 5

Spesifikasi Itel Vision 5

Spesifikasi Itel Vision 5
  • Warna : Midnight Black, Mint Green, dan Digital Silver.
  • Dimensi : 164.5 x 76.04 x 8.75 mm.
  • Berat : 187 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A.
  • GPU : PowerVR GE8322.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition, Itel OS 8.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 8 MP + QVGA + AI QVGA.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :

ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5: Beda Harga 200 Ribu, Mana yang Lebih Baik?

ZTE Blade A53 Pro memiliki desain menarik dengan layar waterdrop notch dan frame yang nyaman dipegang karena melengkung. Bagian belakangnya memiliki aksen strip pantulan dinamis dan tersedia dalam warna Mint Green dan Midnight.

Sementara itu, desain Itel Vision 5 juga menarik dengan kesan yang berbeda. Kilauan cahaya yang dimunculkan membuatnya terlihat menarik.

Desain housing kamera pada Itel Vision 5 juga terlihat rapi dengan tiga lingkaran di dalamnya. Meskipun demikian, hanya satu kamera yang berfungsi sehingga ukurannya dibuat lebih besar.

Meskipun terbuat dari plastik, material yang digunakan pada Itel Vision 5 terasa berbeda saat disentuh karena memiliki tekstur garis-garis tipis. Bodinya tidak licin dan tidak meninggalkan bekas sidik jari saat disentuh.

1. Performa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baik ZTE Blade A53 Pro maupun Itel Vision 5 menggunakan chipset yang sama. Keduanya didukung oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A55 64-bit, terdiri dari quad-core 1,6 GHz dan quad-core 1,2 GHz, serta GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8322.

Namun, ZTE Blade A53 Pro sedikit unggul dalam hal RAM dengan kapasitas 4 GB, sehingga lebih baik dalam menjalankan banyak aplikasi atau multitasking. Sementara itu, Itel Vision 5 memiliki keterbatasan performa karena hanya memiliki RAM 3 GB.

2. Kamera

Dalam hal fotografi, ZTE Blade A53 Pro menawarkan lebih banyak fitur daripada Itel Vision 5. Blade A53 Pro dilengkapi dengan kamera utama 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3,06 inci dengan piksel sebesar 1,12um. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Selain itu, Blade A53 Pro juga memiliki kamera kedua berkekuatan 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh dalam mode potret.

Sementara itu, Itel Vision 5 hanya memiliki kamera utama 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci dengan piksel sebesar 1,12um. Kamera ini dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash.

Vision 5 juga dilengkapi dengan kamera kedua berkekuatan QVGA sebagai depth sensor untuk efek bokeh, dan kamera ketiga berkekuatan QVGA sebagai AI Camera. Kombinasi ketiga kamera ini memungkinkan Vision 5 menghasilkan efek blur atau bokeh, yang disebut oleh Itel sebagai Blur Effect.

3. Fast Charging

Meskipun keduanya memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh, Itel Vision 5 memiliki keunggulan dengan fitur pengisian cepat 18W, sementara ZTE Blade A53 Pro hanya mendukung pengisian standar 10W atau 5 Volt 2 Ampere.

4. Memori Internal

Dalam hal penyimpanan, ZTE Blade A53 Pro unggul atas Itel Vision 5 karena memiliki penyimpanan internal 64 GB eMMC 5.1, sedangkan Itel Vision 5 hanya memiliki 32 GB eMMC 5.1. Meskipun demikian, keduanya memiliki slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Harga ZTE Blade A53 Pro dan Itel Vision 5

ZTE Blade A53 Pro

ZTE Blade A53 Pro adalah salah satu smartphone terbaru dengan harga terjangkau di pasar Indonesia. Smartphone ini menawarkan fitur menarik seperti sensor sidik jari di bagian belakang, baterai berkapasitas besar 5000 mAh, dan Extended RAM. Selain itu, ZTE Blade A53 Pro juga dapat diandalkan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari berkat dukungan SoC Unisoc SC9863A dan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+. Harga terbaru ZTE Blade A53 Pro di Indonesia adalah Rp1.099.000 untuk varian dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Di sisi lain, Itel Vision 5 juga merupakan salah satu smartphone terbaru dengan harga terjangkau di pasar Indonesia. Smartphone ini menawarkan fitur lengkap seperti baterai berkapasitas besar 5000 mAh dengan pengisian cepat 18W, sensor sidik jari di bagian belakang, dan fitur Memory Fusion. Itel Vision 5 juga dapat diandalkan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari berkat dukungan SoC Unisoc SC9863A dan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+. Harga terbaru Itel Vision 5 di Indonesia adalah Rp1.299.000 untuk varian dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Saat ini, Itel Vision 5 dapat diperoleh dengan harga Rp899.000.

Kesimpulan

Itel Vision 5

Jika Anda sudah membaca ulasan mengenai ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5 yang telah saya rangkum di atas, ZTE Blade A53 Pro bisa dikatakan lebih unggul. Meskipun keduanya mengincar segmen entry-level dengan karakteristik yang serupa, ZTE Blade A53 Pro menonjol karena memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang lebih besar, sehingga performanya lebih optimal. Selain itu, kamera belakangnya juga lebih memadai.

Di sisi lain, Itel Vision 5, meskipun hanya memiliki selisih harga 200 ribu, tidak begitu menonjol. Smartphone ini hanya unggul dalam hal pengisian cepat. Namun, pilihan antara keduanya kembali bergantung pada selera, kebutuhan, dan budget masing-masing pengguna.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.