Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Itel Vision 5, Smartphone Murah dengan Spesifikasi Menawan

Itel Indonesia tampaknya sedang agresif merambah pasar smartphone Tanah Air setelah merilis seri Itel A60s dan Itel S23 4G yang cukup menarik perhatian. Kini, Itel Indonesia kembali meluncurkan smartphone entry-level terbaru mereka, khususnya di segmen Rp 800 ribuan, melalui seri Itel Vision 5. 

Itel Vision 5

onsel ini dirancang untuk penggunaan standar karena ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A yang cukup terbatas, sehingga kurang mumpuni untuk penggunaan game berat masa kini. Meskipun begitu, smartphone ini sudah menyuguhkan fitur-fitur menarik yang jarang ditemukan pada ponsel sekelasnya.

Salah satunya adalah kehadiran sensor sidik jari di belakang bodi, yang jarang ditemukan di kelas harganya. Bahkan, ponsel dengan harga Rp 1 jutaan pun cukup jarang menyematkan sensor sidik jari, baik di belakang maupun di samping bodi. 

Selain itu, Itel Vision 5 juga dilengkapi layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+. Ponsel ini juga memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 18W.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Itel Vision 5 beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan berikut.

Kelebihan Itel Vision 5

Kelebihan Itel Vision 5

1. Layar Luas

Smartphone murah Itel Vision 5 dilengkapi dengan layar sentuh waterdrop notch dengan rasio aspek 20:9 berukuran 6,6 inci. Layar ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel. Layar tersebut menawarkan kerapatan hingga 282 ppi (pixel per inch) dan kecerahan mencapai 450 nits, yang menurut penulis masih bisa diandalkan ketika digunakan di luar ruangan.

Meskipun merupakan smartphone murah, layar Itel Vision 5 hanya mendukung refresh rate 60Hz. Meski tidak semulus layar ponsel dengan harga di atasnya yang sudah mendukung refresh rate 90Hz, penggunaan Itel Vision 5 masih cukup nyaman untuk aktivitas sehari-hari.

Menariknya, layar Itel Vision 5 mendukung 5 titik sentuhan secara bersamaan. Hal ini sudah lebih dari cukup mengingat jarang sekali penggunaan yang membutuhkan lebih dari satu atau dua sentuhan. Untuk bermain game, pun hanya membutuhkan tiga atau empat sentuhan saja.

2. Desain Estetik

Keunggulan yang dimiliki oleh Itel Vision 5 terletak pada desainnya. Meskipun berada di kelas entry-level, desainnya memberikan kesan yang berbeda. Desainnya terlihat menarik dengan kilauan cahaya yang membuatnya terlihat elegan.

Selain itu, desain housing kamera juga terlihat rapi dengan tiga lingkaran di dalamnya. Meskipun hanya satu kamera yang berfungsi, ukurannya dibuat lebih besar untuk estetika.

Meskipun terbuat dari bahan plastik, material pada Itel Vision 5 terasa berbeda saat disentuh. Ini karena adanya tekstur garis-garis tipis yang memberikan pegangan yang baik dan tidak licin, serta tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Selain itu, bodi Itel Vision 5 juga memiliki keunggulan dalam tahan debu dan air, meskipun sertifikasinya tidak dijelaskan secara rinci. Ketahanan ini membuatnya lebih menarik dibandingkan smartphone entry-level lainnya di kelas Rp 1 jutaan.

3. Kamera Memadai di Kelasnya

Sektor fotografi Itel Vision 5 tergolong memadai untuk kelas harganya dengan konfigurasi tiga kamera di bagian belakang. Kamera utamanya adalah 8 MP dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.8, dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash.

Kamera kedua adalah kamera QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor, sedangkan kamera ketiga juga QVGA sebagai AI Camera. Kombinasi dua kamera belakang ini dapat menghasilkan efek bokeh atau portrait, yang disebut oleh Itel sebagai Blur Effect.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 5 MP dengan sensor BSI CMOS 1/5 inci 1.12um piksel dan bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Untuk perekaman video, kamera belakang mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps sementara kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 720p@30fps.

4. Performa Masih Oke

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, ponsel ini tidak dirancang untuk bermain game berat saat ini, melainkan untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing, scrolling media sosial, dan sebagainya.

Hal ini karena ponsel ini hanya menggunakan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A55 64-bit, terdiri dari quad-core berkecepatan 1,6 GHz dan quad-core berkecepatan 1,2 GHz, dengan memori RAM 3 GB dan Memory Fusion 3 GB, serta GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8322.

Berdasarkan data dari Nanoreview, Unisoc SC9863A mencapai skor 156.960 pada pengujian AnTuTu v10, yang dianggap standar untuk kelas harganya. Sedangkan untuk pengujian Geekbench 6, skornya adalah 165 untuk single-core dan 730 untuk multi-core.

5. Adanya Slot MicroSD

Keunggulan lain dari Itel Vision 5 adalah adanya slot khusus untuk microSD, yang memungkinkan penggunaan triple slot untuk dua kartu SIM dan satu microSD.

Keberadaan slot microSD sangat penting karena penyimpanan internal Itel Vision 5 hanya 32 GB. Kapasitas tersebut terasa kurang tanpa slot microSD. Dengan slot microSD, pengguna dapat melakukan ekspansi hingga 128 GB untuk performa optimal.

6. Sistem Operasi yang Ringan

Itel memahami cara membuat smartphone entry-level mereka bekerja optimal. Salah satunya dengan menggunakan sistem operasi Android Go Edition.

Penggunaan Android 12 Go Edition membuat Itel Vision 5 lebih ringan dan responsif. Meski spesifikasinya terbatas, antarmuka yang ringan dan minim bloatware membuat performanya tetap lancar.

Dengan sedikit aplikasi bawaan, kapasitas RAM dan memori tidak cepat terkuras, sehingga pengguna bisa memanfaatkannya secara maksimal.

7. Fingerprint dan Face Unlock

Metode pembukaan layar yang cepat dan praktis masih cukup langka di kelas entry-level. Meski kebanyakan smartphone sudah dilengkapi fitur Face Unlock, hanya sedikit yang juga menyertakan sensor sidik jari.

Jika Anda mencari smartphone di bawah Rp 1 juta dengan sensor sidik jari, Itel Vision 5 bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun Face Unlock bisa diandalkan, keamanan sensor sidik jari lebih baik.

8. Baterai Besar, Ada Fast Charging

Sebagai smartphone entry-level, performa baterai yang tahan lama merupakan hal yang penting. Itel Vision 5 menawarkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang mampu bertahan seharian penuh dengan sekali pengisian daya. Kapasitas ini memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari seperti chatting, telepon, browsing, dan menonton.

Selain itu, fitur pengisian cepat hingga 18W membuat Itel Vision 5 semakin menarik. Fitur ini jarang ditemukan di kelas entry-level, bahkan beberapa ponsel seperti Vivo Y17s hanya menawarkan pengisian cepat 15W.

Kekurangan Itel Vision 5

Kekurangan Itel Vision 5

1. Masih Menggunakan microUSB

Di tengah tren peralihan mayoritas smartphone ke port USB Type-C, Itel Vision 5 malah masih menggunakan port microUSB 2.0. Port ini dianggap sudah ketinggalan zaman karena pengguna harus memperhatikan posisi ujung kabel charger sebelum mencolokkannya.

Selain itu, port microUSB 2.0 juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan USB Type-C. Namun, keuntungannya, port microUSB 2.0 ini sudah mendukung USB OTG (On-The-Go), yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan berbagai peripheral seperti keyboard, mouse, HDD, flashdisk, dan lainnya.

2. Tanpa WiFi Dual Band dan Bluetooth Jadul

Salah satu kekurangan utama dari Itel Vision 5 adalah tidak mendukung Wi-Fi Dual Band, hanya Wi-Fi 4 saja. Ini berarti ponsel hanya dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan pita 2,4 GHz saja. Kekurangan ini disayangkan karena Wi-Fi 4 sudah dianggap usang. Perbedaannya terlihat jelas terutama dalam hal kecepatan jika dibandingkan dengan Wi-Fi 5.

Selain itu, jaringan 2,4 GHz juga tidak dapat mendeteksi Wi-Fi di tempat umum karena sebagian besar menggunakan router Wi-Fi 5.

Versi Bluetooth pada Itel Vision 5 juga tergolong kuno karena hanya menggunakan Bluetooth 4.2 yang memiliki kecepatan transfer data yang lambat.

Harga dan Spesifikasi Itel Vision 5

Spesifikasi 
  • Warna : Midnight Black, Mint Green, dan Digital Silver.
  • Dimensi : 164.5 x 76.04 x 8.75 mm.
  • Berat : 187 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A.
  • GPU : PowerVR GE8322.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition, Itel OS 8.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 8 MP + QVGA + AI QVGA.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :


Itel Vision 5 merupakan salah satu smartphone murah terbaru di pasar Indonesia yang menawarkan fitur lengkap di kelasnya. Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh dengan pengisian cepat 18W, sensor sidik jari di belakang bodi, dan fitur Memory Fusion.

Selain itu, smartphone entry-level ini juga dapat diandalkan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari berkat dukungan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci dan resolusi HD+.

Harga smartphone entry-level Itel Vision 5 terbaru di Indonesia adalah Rp899.000 untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.