Yuk Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10A

Xiaomi baru saja merilis smartphone terbaru mereka, Redmi 10A, secara global pada bulan Maret 2022, dan baru mulai didistribusikan di Indonesia pada bulan Mei 2022. Redmi 10A adalah salah satu dari tiga varian Redmi seri angka, bersama dengan Redmi 10 dan Redmi 10C.

Xiaomi Redmi 10A

Dengan harga sekitar 1 jutaan, Redmi 10A cocok bagi para pelajar yang mencari smartphone dengan spesifikasi yang masih dapat diandalkan untuk tahun ini. Meskipun demikian, dengan harga yang terjangkau tersebut, tentu ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Redmi 10A.

Kelebihan Xiaomi Redmi 10A

Kelebihan Xiaomi Redmi 10A

Meskipun hadir dengan harga yang sangat terjangkau, Redmi 10A tetap menyediakan fitur-fitur terbaik bagi penggunanya, seperti sensor sidik jari, baterai berkapasitas besar, dan fitur lainnya. Namun, apa sajakah kekurangannya? Temukan jawabannya dalam ulasan di bawah ini.

1. Punya Desain yang Unik dan Elegan

Bagian belakang bodi Redmi 10A menampilkan modul kamera yang jarang ditemukan pada smartphone sekelasnya. Terdapat 4 kamera, tetapi hanya 2 yang dapat difungsikan, sedangkan yang lainnya adalah LED Flash dan "lensa" dekoratif.

Sisi perangkat masih dilengkapi dengan jack audio 3.5 mm agar pengguna bisa menggunakan headset tanpa adapter. Tombol power dan volume diletakkan di sisi kanan bodi.

Di sisi kiri, terdapat slot microSD dan dua slot kartu SIM, serta microSD untuk memperluas kapasitas memori hingga 1 TB.

Sebelum diluncurkan, Redmi 10A telah menjalani berbagai tes ketahanan, seperti 50.000 kali tes tombol daya, 10.000 kali ketahanan konektor, 300 kali jatuh, dan tes tertindih dengan beban maksimum 70 kg, dan semuanya berhasil dilalui dengan baik.

2. Layar Lebar

Jika Anda suka menonton film dan bermain game ringan, Redmi 10A bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki layar lebar 6,53 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel dan aspek rasio 20:9. Layarnya memiliki kerapatan piksel hingga 269 ppi, dan menawarkan refresh rate 60 Hz yang standar di kelasnya.

Redmi 10A juga sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland untuk meminimalisir emisi cahaya biru yang berpotensi membahayakan mata. Hal ini membuat layarnya lebih nyaman dan tidak menyebabkan kelelahan mata saat digunakan dalam waktu lama.

Dengan tingkat kecerahan layar 400 nit, Redmi 10A juga cocok digunakan di luar ruangan. Jika dirasa masih kurang terang, Anda dapat menggunakan fitur Sunlight Mode untuk meningkatkan kecerahan layar.

3. Ada Sensor Sidik Jari

Pada umumnya, perangkat dalam kisaran harga 1 jutaan jarang menyertakan fitur pemindai sidik jari atau fingerprint. Namun, Redmi 10A menghadirkannya untuk menjaga privasi pengguna dari akses tidak sah.

Sensor fingerprint Redmi 10A ditempatkan di bagian belakang dekat kamera, tepat di bawah logo Redmi. Desainnya dirancang agar tidak mengganggu estetika bodi belakang, dengan warna yang melebur dengan modul kamera.

4. Baterai Besar

Smartphone yang dirilis pada tahun 2022 cenderung menghadirkan baterai berkapasitas besar, seperti Redmi 10A yang menawarkan baterai 5000 mAh yang dapat bertahan seharian dengan penggunaan normal. Namun, Redmi 10A tidak dilengkapi dengan fitur fast charging, dan hanya disertai charger 10 watt dalam kotak penjualannya.

Baterai Redmi 10A diklaim dapat bertahan hingga 745 jam dalam mode siaga, memutar musik selama 148 jam, menonton video selama 20 jam, dan membaca konten hingga 30 jam.

5. Performa Cukup Oke

Redmi 10A menggunakan System on Chip (SoC) MediaTek Helio G25, yang sering ditemukan pada ponsel entry-level. SoC ini memiliki delapan inti prosesor, terdiri dari empat inti Cortex A53 dengan kecepatan 2 GHz dan empat inti Cortex A53 dengan kecepatan 1.5 GHz untuk efisiensi daya. MediaTek Helio G25 dibuat dengan teknologi fabrikasi 12 nm dan menggunakan GPU IMG PowerVR GE8320.

Meskipun SoC ini tidak kuat untuk game berat seperti PUBG Mobile, pengguna masih bisa menikmati game ringan seperti Mobile Legends, Free Fire, Dream League Soccer, dan beberapa game ringan lainnya.

6. Memori Cukup Luas

Redmi 10A hadir dalam beberapa varian, yaitu dengan RAM 3 GB dan RAM 4 GB serta penyimpanan internal 64 GB yang menggunakan standar eMMC 5.1. Varian dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB atau 64 GB mungkin memerlukan pengguna untuk memilih aplikasi yang benar-benar penting saja. Namun, jika memori internal masih dirasa kurang, pengguna masih dapat menambahkannya dengan kartu microSD hingga 1 TB.

Kekurangan Xiaomi Redmi 10A

Kekurangan Xiaomi Redmi 10A

Smartphone di harga 1 jutaan memang memiliki keterbatasan, dan pengguna perlu bersiap menghadapi beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 10A berikut ini.

1. Masih Menggunakan microUSB

Banyak orang cenderung lebih menyukai USB Type-C karena memudahkan dalam menyambungkan charger tanpa perlu khawatir salah arah. Namun, bagi pengguna Redmi 10A, mereka harus puas dengan port microUSB untuk mengisi daya baterai. Oleh karena itu, pengguna perlu hati-hati saat menghubungkannya agar tidak mudah rusak atau longgar.

2. Kamera Tergolong Biasa Saja

Meskipun terlihat memiliki 4 kamera pada bagian belakang, sebenarnya hanya 2 kamera yang berfungsi. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2 dan fitur autofokus. Sedangkan kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dan berfungsi sebagai depth sensor dengan bukaan f/2.4.

Kedua kamera belakang dapat merekam video hingga resolusi maksimal 1080p pada 30 fps. Begitu pula dengan kamera selfie, yang dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps. Namun, kamera selfie Redmi 10A hanya memiliki resolusi 5 MP.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A

  • Warna : Sky Blue, Chrome Silver, Graphite Gray.
  • Dimensi : 164.9 x 77.1 x 9 mm.
  • Berat : 194 gram
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.53 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G25 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, MIUI 12.5.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Menurut informasi dari situs resmi Xiaomi Indonesia, Redmi 10A dijual dengan harga Rp1.499.000 untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Sementara itu, varian RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 64 GB dihargai Rp1.599.000, dan varian terakhir, yaitu RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB, dibanderol seharga Rp1.699.000. 

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.