Sebelum Beli! Yuk Ketahui 11 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y02

vivo Indonesia diam-diam merilis ponsel entry-level terbarunya di jajaran seri Y dengan nama vivo Y02. Ponsel ini menjadi pengganti vivo Y01 yang diluncurkan pada bulan April 2022. Di situs resmi vivo, ponsel ini dijuluki sebagai "Desain Premium Sejutaan". Desain luarannya terlihat dinamis dengan ketebalan 8,4mm. Desain flat alias datar dengan kelengkungan 2,5D membuat desain vivo Y02 terlihat cukup trendi. Modul kameranya berbentuk bulat dengan satu kamera utama dan LED Flash.

vivo Y02

Meskipun tipis, vivo Y02 dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Untuk performa, vivo Y02 menggunakan MediaTek Helio P22 yang dianggap sudah cukup usang dan kurang optimal untuk ponsel terbaru. Dengan performa seperti itu, ponsel ini kurang cocok untuk digunakan dalam bermain game berat. Namun, untuk game-game ringan seperti Candy Crush Saga dan sejenisnya, ponsel ini masih dapat digunakan dengan baik.

Apa saja spesifikasi menarik dari ponsel entry-level vivo ini? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan mengenai kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga vivo Y02 yang perlu dipertimbangkan.

Kelebihan vivo Y02

Kelebihan vivo Y02

1. Tampilan Desain yang Premium

vivo memang dikenal karena desain bodinya yang menjadi daya tarik utama. vivo Y02 hadir dengan desain premium yang tipis dan frame yang mengkotak, memberikan kesan ponsel mahal. Ponsel ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu Cosmic Gray dan Orcid Blue.

Desain modul kameranya yang melingkar membuat vivo Y02 terlihat seperti ponsel flagship, meskipun sebenarnya hanya memiliki satu kamera utama dan LED Flash.

2. Layar IPS LCD yang Cukup Luas

vivo Y02 menggunakan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel dan kerapatan piksel 270 ppi (pixel per inch). Seperti kebanyakan ponsel entry-level lainnya, vivo Y02 memiliki desain layar dewdrop atau Ultra All Screen dengan aspek rasio 20:9. Ponsel ini juga dilengkapi dengan screenguard.

Selain itu, vivo Y02 juga memiliki fitur Eye Protection Mode yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi cahaya sekitar. Misalnya, ketika Anda berada di luar ruangan, fitur ini akan membuat layar menjadi sangat cerah agar Anda dapat melihatnya dengan jelas, dan sebaliknya.

3. Baterai Besar 5000 mAh

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, vivo Y02 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, yang sudah menjadi standar di kelasnya. Namun sayangnya, produsen tidak menyematkan fitur pengisian cepat atau fast charging pada vivo Y02. Sehingga, pengisian daya dilakukan secara standar dengan daya 10W melalui port microUSB 2.0.

4. Sistem Operasi FunTouch yang Ringan

Untuk memastikan kinerjanya lancar tanpa hambatan, vivo Y02 dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang dirancang untuk meningkatkan kinerja, meskipun chipset yang digunakan tergolong minim. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 12 Go Edition yang ringan, dengan antarmuka Funtouch OS 12 yang dirancang khusus untuk ponsel entry-level.

Dibandingkan dengan pendahulunya yang menggunakan antarmuka Funtouch OS 11.1, vivo Y02 kini hadir dengan Funtouch OS 12 yang lebih baru. Pembaruan ini membawa desain UI yang baru, Colorful Always-on Display, ikon baru, dark mode yang lebih sempurna, live wallpaper baru, dan berbagai fitur lainnya.

5. Ada Slot microSD

Dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB eMMC 5.1, vivo Y02 menyediakan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 256 GB slot dedicated, serta mendukung USB On-The-Go (OTG).

6. Konektivitas Cukup Lengkap di Kelasnya

Dalam hal konektivitas, vivo Y02 menawarkan fitur yang cukup lengkap untuk kelasnya. Ponsel ini dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Bluetooth 5.0 dengan dukungan A2DP dan LE, GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS, Radio FM, microUSB 2.0, dan USB On-The-Go (OTG).

Kekurangan vivo Y02

Kekurangan vivo Y02

1. Masih Menggunakan Port microUSB

Salah satu kekurangan utama vivo Y02 adalah penggunaan port microUSB, yang dapat mengecewakan pengguna. Kebanyakan pengguna sering salah mencolokkan kabel pengisian daya, yang dapat menyebabkan kerusakan atau kendor.

Selain itu, microUSB 2.0 memiliki kecepatan transfer data yang lambat dibandingkan dengan USB Type-C. Misalnya, saat Anda mentransfer file dari ponsel ke PC atau laptop.

2. Kamera yang Kurang Bersaing

Belakangan ini, banyak produsen ponsel yang menawarkan konfigurasi kamera ganda untuk memenuhi kebutuhan fotografi pengguna. Namun, vivo Y02 tidak mengikuti tren tersebut. Ponsel ini hanya memiliki satu kamera belakang, seperti kebanyakan ponsel entry-level lainnya. Kamera utama vivo Y02 memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0, menggunakan sensor BSI 1/4 inci 1.12um piksel, dilengkapi dengan fitur autofokus, AI, dan LED Flash.

Di bagian depan, kamera selfie vivo Y02 dianggap bersaing dengan baik di kelasnya. Kamera depan ini memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2, menggunakan sensor BSI 1/5 inci 1.12um piksel. Untuk perekaman video, vivo Y02 mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

3. Performa Kurang Mumpuni di Kelasnya

vivo Y02 menggunakan chipset MediaTek Helio P22 yang dianggap kurang kuat untuk kelasnya. Chipset ini memiliki delapan inti CPU dengan arsitektur Cortex A53 (2,0 GHz) dan GPU PowerVR GE8320 dengan frekuensi 650 MHz.

MediaTek Helio P22 bukanlah chipset yang sangat kuat. Arsitektur Cortex A7x tidak tersedia, dan GPU-nya juga sudah agak ketinggalan. Oleh karena itu, ponsel ini tidak cocok untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, atau COD Mobile. Namun, untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini masih dapat digunakan dengan baik.

4. Tidak Dibekali Fingerprint

vivo Y02 menyediakan fitur Face Unlock sehingga Anda tidak perlu membuka kunci layar menggunakan PIN, Pola, dan sejenisnya. Namun, penggunaan Face Unlock bisa sulit mendeteksi wajah Anda ketika berada di ruangan gelap.

Hal ini membuat vivo Y02 kalah bersaing dengan kompetitornya yang telah menyematkan sensor pemindai sidik jari di samping atau belakang bodi. Sebagai contoh, Nokia C21 Plus hadir dengan sensor pemindai sidik jari di belakang bodi dengan harga yang sama.

5. Tidak Ada Sensor Compass

vivo Y02 dilengkapi dengan sensor accelerometer dan proximity, namun tidak memiliki sensor kompas. Kehadiran sensor kompas merupakan kekurangan pada vivo Y02 karena pengguna tidak dapat mengetahui arah mata angin saat ponsel tidak terhubung ke internet.

Harga dan Spesifikasi vivo Y02

Harga dan Spesifikasi vivo Y02

  • Warna : Orchid Blue, Cosmic Grey.
  • Dimensi : 164 x 75.6 x 8.5 mm.
  • Berat : 186 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.51 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio P22 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition, Funtouch 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

vivo Y02 adalah ponsel entry-level dengan desain premium di kisaran harga 1 jutaan. Ponsel ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P22 dan menjalankan sistem operasi Android 12 Go Edition dengan antarmuka FunTouch OS 12 yang ringan.

Berdasarkan informasi dari situs resmi vivo Indonesia, harga vivo Y02 adalah Rp1.499.000 untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.