5 Cara Menggunakan Aplikasi MyHeritage Nostalgia Gratis 2024

Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan banyak foto wajah yang dapat bergerak, terutama foto-foto jadul yang diunggah kembali dengan bantuan aplikasi MyHeritage. Contohnya, di Twitter, foto-foto tersebut menjadi viral dengan tagar MyHeritage dan MyHeritageDeepNostalgia.

Cara Menggunakan Aplikasi MyHeritage

Apa yang membedakan unggahan foto ini dengan yang lainnya? Kali ini, foto yang diunggah adalah foto lama yang telah diedit agar terlihat hidup atau bergerak.

Aplikasi MyHeritage menjadi viral karena fitur di dalamnya dapat mengubah foto sehingga terlihat seolah-olah orang dalam foto tersebut sedang nyanyi atau berbicara. Hasilnya memang terlihat seperti video atau GIF yang benar-benar terlihat hidup.

Warganet merasa senang karena dapat melihat ekspresi orang-orang yang sudah meninggal atau sudah lama tidak lagi bersamanya.

Apa Itu Aplikasi MyHeritage Nostalgia

Aplikasi MyHeritage adalah aplikasi gratis yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Meskipun sebenarnya MyHeritage bukan aplikasi yang dirancang untuk mengedit foto, fitur edit foto hanyalah salah satu fitur yang tersedia di dalamnya. Menurut deskripsi di Play Store, MyHeritage adalah aplikasi yang bertujuan untuk membantu pengguna menemukan silsilah keluarga mereka.

MyHeritage menjadi viral karena fitur edit foto canggih yang diluncurkan pada 25 Februari 2021, salah satunya adalah Deep Nostalgia. Fitur ini memungkinkan pengguna mengedit foto agar terlihat bergerak dengan menggunakan teknik deep learning.

Dikutip dari blog resminya, MyHeritage dapat mengubah foto wajah sehingga terlihat bergerak, berkedip, dan tersenyum. Selain mengedit foto orang, aplikasi ini juga dapat mengedit objek tiga dimensi seperti boneka, patung, dan objek lainnya.

MyHeritage mengklaim bahwa lebih dari 10 juta wajah telah diunggah dan dianimasikan melalui aplikasinya. Meskipun begitu, MyHeritage juga menuai kontroversi di beberapa negara karena dikhawatirkan dapat memicu penipuan identitas. Selain kontroversi terkait penipuan, MyHeritage juga mendapat kritik karena dianggap tidak sopan dan melanggar privasi orang.

Cara Menggunakan Aplikasi MyHeritage Nostalgia

Cara menggunakan aplikasi MyHeritage memang sangat mudah, namun sebelumnya sempat ada kontroversi karena banyak orang khawatir akan adanya tindak penipuan identitas dari foto yang dihasilkan. Kemampuan aplikasi ini dalam memanipulasi gambar memang sangat canggih, sehingga dapat membangkitkan nostalgia secara gratis.

Tak jarang juga ada yang memanfaatkannya untuk membuat foto orang yang sudah meninggal agar terlihat hidup kembali. Saat ini, aplikasi MyHeritage dapat digunakan oleh pengguna smartphone Android atau iOS secara gratis dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Fitur unggulan dari aplikasi ini selain dapat menganimasikan foto adalah kemampuannya dalam memperhalus gambar sehingga terlihat lebih modern dan mudah dilihat. Bagi yang tertarik menggunakan aplikasi MyHeritage, teknoindie.com telah menyediakan tutorial mudahnya.

1. Download Aplikasi MyHeritage

  • Pertama, unduh dan instal MyHeritage secara gratis. Langsung saja klik tautan di bawah ini.
    Download MyHeritage Google Play Store
    Download MyHeritage AppStore

2. Cara Daftar Aplikasi MyHeritage

  • Setelah selesai, buka aplikasi MyHeritage. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lanjutkan dengan menekan "Sign up for free" untuk mendaftar secara gratis.
  • Tersedia beberapa pilihan untuk mendaftar menggunakan Facebook, Google, atau email. Pilihlah "Continue with Google" untuk cara paling mudah.
  • Pilih akun Google Anda untuk mendaftar ke MyHeritage.
  • Setelah pendaftaran selesai, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi MyHeritage.

3. Cara Menambahkan Foto di Aplikasi MyHeritage

  • Langkah pertama, Anda dapat menambahkan foto langsung dari galeri sebelum melakukan edit. Tekan ikon Photos.
  • Kemudian, akan muncul menu Photos. Lanjutkan dengan menekan ikon + untuk menambahkan file.
  • Pilihlah opsi "Add photos" dari menu yang muncul.
  • Pilih salah satu gambar dari galeri sesuai keinginan Anda.
  • Setelah itu, akan muncul menu unggahan di mana Anda dapat memberi nama dan menambahkan tanggal serta tempat. Selanjutnya, tekan tombol UPLOAD di pojok kanan atas.
  • Selamat, foto Anda telah ditambahkan ke aplikasi MyHeritage.

4. Cara Membuat Foto Bergerak Animasi di My Heritage

  • Sekarang Anda tinggal mengedit fotonya agar bisa bergerak. Silahkan ketuk gambarnya.
  • Untuk membuat efek animasi, tekan ikon lingkaran seperti pada gambar di bawah ini.
  • Aplikasi MyHeritage akan menganimasikan gambar secara otomatis, tunggu sampai selesai.
  • Setelah proses selesai, gambar akan bergerak secara otomatis. Untuk mengubah animasi, tekan ikon ANIMATION.
  • Tersedia 10 animasi berbeda dari aplikasi MyHeritage yang dapat Anda coba, tinggal ketuk salah satunya.
  • Gambarnya akan bergerak dengan animasi yang berbeda, Anda dapat menyimpan atau berbagi dalam bentuk video.

5. Cara Memperbaiki Foto Lawas MyHeritage APK

  • Anda juga dapat meningkatkan kualitas foto lama menjadi lebih baik. Pada menu Photos, ketuk salah satu gambarnya.
  • Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon kuas.
  • Tunggu sebentar sampai aplikasi MyHeritage selesai melakukan penyempurnaan.
  • Akan muncul hasil sebelum dan sesudah, Anda dapat menggunakan bilah untuk menggeser gambar ke kanan setelah proses editing atau ke kiri untuk melihat gambar aslinya. Tekan ikon share untuk membagikan fotonya.

Kesimpulan

Memang, cara menggunakan aplikasi MyHeritage tergolong sangat mudah sehingga layak untuk dicoba. Selain itu, fitur lain yang dimiliki oleh aplikasi MyHeritage adalah perekam suara, pengubah warna, kontras, penanda orang, serta kemampuan untuk memasukkan tanggal dan lokasi.

Seperti aplikasi pengubah gender, MyHeritage juga memiliki fitur efek bawaan yang dapat Anda manfaatkan secara gratis. Dapat dikatakan, MyHeritage termasuk ke dalam aplikasi yang unik karena menawarkan animasi foto dan editing dengan teknologi terbaru.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.