4 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Ribet

Saat ini kita dapat menonton film di laptop, namun ukuran layar yang hanya 14 inci terkadang membuat kita kurang puas dan nyaman. Oleh karena itu, banyak yang menghubungkan laptop ke TV untuk menonton dengan layar yang lebih besar.

Menyambungkan laptop ke TV tidak hanya untuk menonton film, tetapi juga dapat digunakan sebagai layar proyektor jika Anda tidak memiliki infokus. Hal ini karena ukuran layar TV yang besar, sehingga cocok untuk keperluan tersebut.

Meskipun terlihat mudah, masih ada yang bingung melakukannya. Jika Anda merasa demikian, Anda dapat mengikuti dan memperhatikan penjelasan dari Teknoindie yang akan kita bahas sebentar lagi.

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV

Jika sebelumnya admin sudah membahas cara menyambungkan layar HP ke laptop, sekarang mari kita coba hubungkan laptop ke layar TV.

Berbeda dengan HP Android yang dapat menggunakan Bluetooth, di sini kita memerlukan perangkat keras seperti HDMI, VGA, dengan kabel USB, atau Wireless. Untuk informasi lebih lanjut, simak cara berikut.

1. Memakai Kabel HDMI

Kabel HDMI

Sebagian besar televisi LED dan LCD terbaru dilengkapi dengan fitur HDMI. Namun, tidak banyak orang yang tahu tentang fungsi HDMI pada TV modern ini. HDMI adalah fitur yang memungkinkan Anda menghubungkan laptop ke TV. Keberadaan port HDMI pada sebagian besar televisi saat ini tentu memudahkan kita dalam menyambungkan laptop ke TV tanpa kesulitan.

Cara menyambungkan laptop ke TV melalui HDMI adalah dengan memasang kabel HDMI dari bagian belakang TV dan menyambungkannya ke port HDMI yang ada di laptop. Pastikan Anda menggunakan kabel dengan panjang yang sesuai antara jarak TV dan laptop.

Ini adalah cara termudah untuk menyambungkan laptop ke TV dibandingkan dengan cara lainnya. Selain itu, menghubungkan laptop ke TV dengan HDMI akan memberikan kualitas gambar HD terbaik. HDMI dapat menangani file di laptop Anda dalam bentuk audio maupun video.

Bagi Anda yang masih bingung tentang cara menyambungkan televisi dengan laptop menggunakan kabel HDMI, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan Windows pada laptop Anda sudah terupdate.
  • Nyalakan laptop dan TV yang akan disambungkan.
  • Sambungkan kabel HDMI dari laptop ke port HDMI di TV Anda.
  • Pilih input HDMI yang benar pada TV Anda (biasanya bisa dilakukan dengan menekan tombol AV).
  • Jika tampilan dari laptop tidak muncul secara otomatis pada layar TV, lakukan pengaturan secara manual dengan masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > Pilih TV pada kotak Display drop down.

2. Menyambungkan Laptop Ke TV dengan Kabel VGA

Kabel VGA

Perbedaan utama antara kabel HDMI dan VGA adalah kemampuan transfer data dan kualitas gambar yang dihasilkan. HDMI memiliki kemampuan transfer data yang lebih tinggi dan mampu menyajikan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi daripada VGA. Selain itu, HDMI juga dapat mentransfer audio secara digital, sementara VGA hanya dapat mentransfer sinyal video saja.

VGA biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat lama yang tidak memiliki port HDMI, seperti monitor komputer lama atau proyektor. Namun, untuk menghubungkan laptop ke TV, HDMI lebih disarankan karena dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan mendukung transfer audio.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungkan laptop ke TV menggunakan kabel VGA:

  • Nyalakan laptop dan TV sebelum menyambungkan kabel.
  • Sambungkan kabel VGA dari laptop ke TV melalui port VGA yang ada pada kedua perangkat.
  • Jika gambar tidak muncul secara otomatis, lakukan setting manual dengan masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution, lalu pilih TV pada drop-down box Display.
  • Perlu diingat, kabel VGA hanya mentransfer sinyal video, sehingga Anda memerlukan kabel audio tambahan jika ingin menghubungkan suara dari laptop ke TV.

3. Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Kabel

Chromecast

Kita bisa menyambungkan laptop ke TV tanpa menggunakan bantuan kabel apapun dengan menggunakan Chromecast. Chromecast adalah perangkat yang dirancang oleh Google untuk menyambungkan laptop ke TV secara nirkabel.

Dengan Chromecast, Anda dapat menonton video melalui televisi tanpa kabel. Cara ini dianggap yang paling praktis dan modern untuk menyambungkan laptop ke TV.

Anda hanya perlu memiliki laptop dengan sistem operasi Windows atau Mac sebagai remote control untuk televisi Anda. Keuntungan lainnya ketika menggunakan Chromecast untuk menayangkan video di televisi adalah Anda tidak hanya dapat menggunakan laptop, tetapi juga smartphone atau tablet dengan sistem operasi Android dan iOS. Hal ini membuat Chromecast sangat populer di kalangan pengguna gadget.

Kali ini, kami akan membagikan cara menyambungkan laptop ke TV menggunakan Chromecast. Mari simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Chromecast dilengkapi dengan kabel ekstensi HDMI pendek, yang dapat Anda gunakan sesuai dengan lokasi port HDMI pada televisi Anda. Namun, kabel HDMI ini tidak perlu disambungkan ke laptop atau perangkat yang akan Anda gunakan sebagai remote control TV Anda. Hubungkan kabel ini ke port HDMI TV, lalu sambungkan ujung lainnya ke port USB yang tersedia di TV Anda.
  • Nyalakan TV Anda. Jika TV tidak mendeteksi Chromecast yang sudah dipasang, pilih input yang tepat menggunakan remote control TV Anda. Pilih input HDMI yang sesuai dengan Chromecast.
  • Jika Anda menggunakan perangkat Android atau iOS, cari "Chromecast" di Google Play Store atau App Store, lalu instal aplikasi gratis tersebut ke perangkat Anda. Jika Anda menggunakan laptop Windows atau Mac, Anda dapat langsung pergi ke halaman browser dan masuk ke google.com/chromecast/setup.
  • Setelah berhasil menginstal aplikasi Chromecast, buka aplikasi tersebut dan tekan "Set-Up" untuk menghubungkan ke jaringan Wi-Fi Anda. Pilih negara tempat Anda berada, lalu tekan Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi di perangkat Anda berhasil terhubung ke Chromecast. Kemudian, verifikasi kode yang sama di TV dan perangkat yang Anda gunakan sebagai remote control. Anda dapat mengubah nama default sesuai keinginan.

Selain dalam bentuk kabel, Chromecast juga tersedia dalam bentuk USB. Di Indonesia, Chromecast dalam bentuk USB dijual sekitar Rp 690.000, sementara yang berbentuk kabel dijual sekitar Rp 320.000. Anda dapat membeli keduanya melalui Chromecast di link ini.

4. Menyambungkan MacBook Ke TV Tanpa Kabel

Cara ini khusus untuk perangkat MacBook atau komputer Mac yang menjalankan MacOS dan hanya berlaku jika tersambung ke perangkat yang mendukung AirPlay 2. Beberapa perangkat yang mendukung AirPlay 2 adalah Apple TV, Apple TV 4K, dan TV Samsung, Sony, dan LG terbaru (mulai dari tahun 2019).

Untuk menghubungkannya, pastikan perangkat MacBook dan Apple TV berada dalam jaringan yang sama. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Nyalakan Apple TV dan aktifkan AirPlay di Apple TV. Pergi ke pengaturan Apple TV, pilih AirPlay, dan pilih opsi "Everyone".
  • Nyalakan AirPlay di MacBook.
  • Buka menu Apple di MacBook. Pilih System Preferences, lalu pilih Display, dan pilih tab Display.
  • Pilih AirPlay Display, kemudian pilih On. Centang kotak Show mirroring options in the menu bar when available.
  • Klik menu "AirPlay" yang terletak di kotak dengan segitiga di dalamnya di sudut kanan atas layar MacBook Anda. Ini akan menampilkan pilihan menu.
  • Pilih nama TV Anda. Di bawah "AirPlay To", klik Apple TV tempat Anda ingin mencerminkan layar MacBook Anda. Dengan ini, tampilan MacBook Anda akan terhubung ke Apple TV.
  • Anda juga bisa mematikan AirPlay. Pilih "AirPlay", pilih ikon menu, dan pilih opsi "Turn AirPlay Off in the drop-down menu".

Nah, itulah berbagai cara menyambungkan laptop ke TV yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis TV dan perangkat yang Anda miliki. Jika ingin yang lebih terjangkau, Anda dapat menggunakan kabel HDMI atau VGA. Namun, jika Anda ingin mencoba teknologi modern yang lebih canggih, Anda bisa membeli perangkat Google Chromecast. Nah, cara mana yang akan Anda coba?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.