5+ Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan Komputer

Bluetooth adalah alat untuk menghubungkan jaringan secara pribadi antara berbagai perangkat yang berdekatan. Umumnya, Bluetooth digunakan untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Karena kepraktisan fungsi Bluetooth ini, banyak orang menggunakan Bluetooth untuk mentransfer data daripada harus menggunakan kabel. Salah satu proses transfer data yang umum dilakukan adalah dari laptop atau komputer ke smartphone, atau sebaliknya.

Namun, tidak semua orang mengetahui cara mengaktifkan Bluetooth pada perangkat laptop atau komputer, termasuk Anda mungkin. Itulah mengapa Anda datang ke artikel ini, untuk mengetahui cara menyalakan atau mengaktifkan Bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan PC

Jika sebelumnya Teknoindie telah menjelaskan tentang cara mengaktifkan WiFi pada laptop, kali ini Teknoindie akan memberikan penjelasan tentang cara mengaktifkan Bluetooth di laptop. Bagaimana caranya?

Hanya dengan melakukan lima langkah berikut dengan mudah, Bluetooth akan aktif dan dapat digunakan. Berikut adalah 5 cara mengaktifkan Bluetooth di laptop dan komputer.

1. Aktifkan dengan Tombol Fn + Ikon Bluetooth

Aktifkan Bluetooth dengan Tombol Fn + Ikon Bluetooth

Pada umumnya, sebuah laptop memiliki Bluetooth yang sudah built-in. Untuk tipe laptop seperti ini, cara mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol Fn bersamaan dengan salah satu tombol dari F1 sampai F12.

Cara mengetahuinya adalah dengan melihat ikon Bluetooth yang terpampang di salah satu tombol dari F1 sampai F12. Mengingat setiap merek laptop memiliki perbedaan, pastikan ada salah satu tombol dari F1 sampai F12 yang memiliki ikon Bluetooth.

Jika sudah menemukannya, misalnya di laptop Anda ikon Bluetooth terdapat di F4, maka untuk mengaktifkan Bluetooth adalah dengan menekan tombol Fn + F4. Jika sudah benar, akan muncul ikon Bluetooth di system tray, yaitu bagian taskbar paling kanan. Munculnya ikon Bluetooth menandakan bahwa Bluetooth sudah dapat digunakan.

2. Menggunakan Menu Setting

Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth dan menghubungkannya dengan perangkat Bluetooth lain dengan cara mengaktifkannya melalui bagian Pengaturan. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Windows, kemudian masuk ke bagian Pengaturan. Anda juga dapat menulis "Pengaturan" pada kolom pencarian atau langsung mengetik "Bluetooth" untuk akses yang lebih cepat.

Aktifkan Bluetooth Melalui Menu Setting

  • Pilih opsi Perangkat.

Aktifkan Bluetooth Melalui Menu Settings

  • Anda akan melihat tampilan seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Pada bagian Bluetooth & perangkat lainnya, terdapat tombol untuk mengaktifkan Bluetooth dari off ke on. Geser tombol ini untuk mengaktifkan Bluetooth. Perhatikan gambar di bawah ini.

Aktifkan Bluetooth Melalui Menu Settings

  • Setelah diaktifkan, Anda dapat menghubungkan perangkat Bluetooth dengan laptop atau komputer desktop Anda. Anda perlu melakukan "paired" terlebih dahulu. Setelah melakukan "paired", Anda dapat dengan mudah menghubungkan kedua perangkat tersebut.

Aktifkan Bluetooth Melalui Menu Settings

  • Contoh seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Perangkat AM61 adalah perangkat audio yang sudah terhubung. Anda tinggal memilih opsi Terhubung untuk menyambungkan perangkat Bluetooth dengan komputer atau laptop Anda.
  • Anda juga dapat menambahkan perangkat Bluetooth yang belum terhubung dengan memilih opsi paling atas, yaitu Tambahkan Perangkat Bluetooth atau perangkat lainnya.

3. Gunakan Device Manager

Aktifkan Bluetooth Menggunakan Device Manager

Cara lain yang mudah untuk mengaktifkan Bluetooth adalah melalui Device Manager. Caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu membuka Device Manager dan melihat bagian tersebut.

Jika terdapat Bluetooth namun belum aktif, Anda cukup klik kanan, kemudian pilih "enable" untuk mengaktifkannya. Sementara opsi "disable" digunakan untuk menonaktifkannya.

4. Instal Driver Bluetooth

Instal Driver Bluetooth

Jika saat Anda mengaktifkan Bluetooth, baik melalui tombol Fn maupun menggunakan dongle USB Bluetooth, namun masih belum dapat digunakan, kemungkinan sistem operasi pada laptop Anda belum terpasang driver Bluetooth.

Untuk dapat menggunakan Bluetooth, Anda perlu menginstal driver Bluetooth terlebih dahulu. Anda dapat melakukan instalasi dengan menggunakan CD driver bawaan. Jika tidak ada CD driver, Anda bisa mengunduh driver Bluetooth yang sesuai dengan tipe Bluetooth yang Anda gunakan, baik itu built-in atau dongle USB, dari internet.

5. Gunakan Dongle USB Bluetooth

Aktifkan Bluetooth Menggunakan Dongle USB Bluetooth

Tidak semua laptop dilengkapi dengan Bluetooth built-in. Jika laptop Anda tidak memiliki dukungan Bluetooth dan tidak ada ikon di salah satu tombol dari F1 sampai F12, maka Anda perlu memasang Bluetooth menggunakan cara lain. Salah satu cara paling mudah untuk memasang Bluetooth di laptop yang tidak dilengkapi Bluetooth bawaan adalah dengan menggunakan dongle USB Bluetooth.

Seperti namanya, Bluetooth USB Dongle cukup dicolokkan ke port USB yang tersedia di laptop. Bentuk Bluetooth ini mirip dengan flashdisk, tetapi memiliki antena receiver. Anda hanya perlu memasangnya ke port USB di laptop atau komputer desktop untuk mengaktifkan Bluetooth.

Itulah penjelasan mengenai cara memasang Bluetooth di laptop. Semoga bermanfaat. Oh ya, bagi Anda yang belum mengetahuinya, Bluetooth tidak hanya berguna untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain. Ada manfaat lain dari Bluetooth yang mungkin sebagian dari Anda belum mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari Bluetooth.

Manfaat Lain dari Bluetooth yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui cara mengaktifkan Bluetooth, mari kita cari tahu apa saja manfaat lain yang dapat dimanfaatkan dari Bluetooth. Berikut penjelasannya!

1. Menghubungkan Perangkat ke Printer

Printer atau mesin pencetak pada zaman sekarang umumnya mampu menjalankan fungsinya tanpa menggunakan kabel ke komputer atau laptop. Printer yang mendukung fitur ini dikenal sebagai printer nirkabel atau printer wireless. Printer wireless ini merupakan solusi bagi Anda yang membutuhkan printer yang praktis dan mudah digunakan.

Cara untuk terhubung dengan printer wireless adalah melalui Bluetooth. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencetak foto atau dokumen, Anda tidak perlu lagi memindahkan data tersebut ke komputer. Cukup sambungkan Bluetooth di HP Anda dengan Bluetooth di printer. Cara ini jauh lebih praktis dan mudah. Tidak ada lagi masalah sulit mencetak karena kabel printer rusak atau tidak terhubung dengan baik.

2. Menghubungkan Mouse dan Keyboard Wireless

Bluetooth juga dapat digunakan untuk menghubungkan mouse dan printer tanpa kabel, yang dikenal sebagai wireless. Penggunaan mouse dan keyboard wireless umumnya melibatkan penggunaan dongle USB Bluetooth untuk koneksi. USB dongle tersebut dimasukkan ke dalam port USB laptop atau komputer agar dapat terhubung dengan keyboard dan mouse nirkabel.

Penggunaan mouse dan keyboard nirkabel ini tentunya lebih praktis. Bahkan, Anda dapat mengendalikan komputer dari jarak yang lebih jauh. Tidak seperti kabel yang memiliki batasan panjangnya, penggunaan mouse atau keyboard nirkabel tidak terikat oleh panjang kabel. Dan tidak lagi terjadi masalah mouse atau keyboard tidak dapat digunakan hanya karena kabelnya rusak.

3. Menghubungkan Perangkat ke Speaker dan Headset Wireless

Masalah yang sering muncul saat menggunakan headset atau earphone adalah terjebaknya kabel yang terlilit. Selain itu, saat menggunakan headset saat bepergian, masalah juga bisa muncul karena kabel dapat tertarik akibat gerakan pengguna.

Masalah serupa juga terjadi pada speaker. Banyak dari kita mungkin ingin menempatkan speaker jauh dari sumber suara, namun terkendala oleh jarak kabel yang terbatas.

Keberadaan Bluetooth pada perangkat audio memberikan solusi atas masalah-masalah tersebut. Menggunakan headset Bluetooth mengatasi masalah kabel yang terlilit dan memberikan kebebasan gerak saat mendengarkan musik saat bepergian. Speaker Bluetooth juga mengatasi masalah penempatan posisi speaker yang bisa lebih jauh dari sumber suara.

Oleh karena itu, fungsi Bluetooth sebagai pengantar suara merupakan salah satu fitur terbaik dalam teknologi audio.

4. Sebagai Hotspot

Tidak banyak yang menyadari bahwa Bluetooth memiliki fungsi lain selain sebagai penghubung antara perangkat dan pengantar data. Bluetooth juga berfungsi sebagai modem untuk koneksi internet.

Fungsi ini umumnya ditemukan pada perangkat smartphone. Jika Anda ingin mencoba fungsi ini, Anda dapat mengaktifkannya di bagian "Tethering". Biasanya, terdapat tiga pilihan di bagian ini, yaitu: USB Tethering, WiFi Hotspot, dan Bluetooth Tethering.

Aktifkan Bluetooth Tethering di ponsel pintar Anda, lalu hubungkan perangkat lain ke ponsel Anda untuk mengakses internet.

5. Terhubung ke Proyektor

Proyektor terbaru kini dilengkapi dengan teknologi nirkabel. Anda tidak perlu lagi repot dengan kabel penghubung antara proyektor dan laptop saat ingin menonton film atau melakukan presentasi. Cukup aktifkan fitur Bluetooth nirkabel pada proyektor untuk menghubungkannya dengan berbagai perangkat dengan mudah.

Bagi Anda yang sering melakukan presentasi atau menonton film melalui proyektor, kehadiran proyektor nirkabel ini akan sangat membantu.

Demikianlah penjelasan tentang cara mengaktifkan Bluetooth di komputer atau laptop serta berbagai manfaat lain dari Bluetooth. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menambah pengetahuan tentang Bluetooth serta penggunaannya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.