Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint di PC dan Laptop

Berbicara tentang foto atau gambar, resolusi adalah faktor penting yang perlu diperhatikan. Resolusi tinggi cenderung menghasilkan gambar yang lebih jelas dan tajam. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan masalah lain karena gambar dengan resolusi tinggi biasanya memiliki ukuran file yang besar.

Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint

Masalah ini dapat membuat ruang penyimpanan pada hard disk cepat penuh. Jika hal ini terjadi, kita harus memampatkan (compress) ukuran file foto agar lebih kecil. Tentu saja, kita harus memastikan bahwa kualitas gambar tidak terlalu menurun sehingga tetap dapat dinikmati. Hal ini berkaitan dengan piksel pada gambar.

Selain itu, foto-foto dengan ukuran besar dan jumlah yang banyak juga dapat membuat performa ponsel menjadi lambat. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecilan ukuran gambar. Jika kita menggunakan laptop atau PC, kita dapat melakukannya dengan menggunakan perangkat lunak seperti Paint.

Salah satu keunggulan Paint adalah bahwa perangkat lunak ini sudah ada pada laptop kita saat pertama kali menginstallnya. Selain itu, untuk menggunakannya tidak perlu terhubung dengan internet, sehingga kita dapat menggunakannya kapan saja dan di mana saja.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint

Paint sebenarnya adalah salah satu perangkat lunak pengeditan foto yang sangat klasik dan mungkin sudah tidak terlalu populer lagi. Namun, perangkat lunak ini masih dapat ditemukan di Windows 10 maupun Windows 7, sehingga tidak perlu menginstalnya lagi di komputer atau laptop.

Pastinya, Anda mungkin sudah pernah menggunakan Paint. Dengan antarmuka yang sederhana, perangkat lunak ini menjadi pilihan untuk mengedit gambar dengan ringan, seperti menambahkan teks, menghapus latar belakang, melakukan pemotongan gambar, dan mengecilkan ukuran foto.

Paint dapat mengompres foto atau gambar tanpa mengurangi kualitas gambar. Namun, hal ini juga tergantung pada penggunaannya yang tidak berlebihan. Berbagai ukuran foto atau gambar dapat dikecilkan, misalnya dari 200KB menjadi 100KB atau sebaliknya. Penjelasan dari Teknoindie dapat menjadi solusi.

Ok simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Pilihlah foto yang ingin Anda perkecil ukuran file-nya menggunakan Paint. Anda bisa menggunakan foto apa pun, misalnya foto Anda dengan orang terdekat, foto sendiri, atau bahkan foto mantan. Namun, tetaplah berhati-hati agar tidak ketahuan oleh pihak yang bersangkutan.

2. Karena saya mencintai Indonesia, saya akan menggunakan foto burung merak, salah satu burung asli Indonesia. Saya mendapatkan foto tersebut secara gratis dari Pixabay. Awalnya, foto tersebut memiliki ukuran file sebesar 1,26 MB dengan dimensi 1920 x 1080 piksel. Ukurannya cukup besar, cocok untuk dicetak dalam ukuran foto 10R atau lebih besar.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint

3. Apakah Anda sudah siap dengan fotonya? Selanjutnya, buka program Paint. Paint biasanya tersedia di setiap komputer atau laptop berbasis Windows karena merupakan program bawaan. Untuk membukanya, tekan tombol Windows, kemudian ketik "paint" atau cari Paint di daftar program.

Jika Anda ingin lebih mudah, Anda juga bisa membuka foto yang tersimpan di penyimpanan Anda. Klik kanan pada foto tersebut, lalu pilih "Buka dengan" dan pilih Paint.

4. Jika Anda memilih membuka Paint terlebih dahulu, lanjutkan dengan memasukkan foto ke dalam program Paint. Caranya adalah dengan menekan menu "File" yang terletak di pojok kanan atas, lalu pilih "Buka". Selanjutnya, cari foto yang ingin Anda kecilkan resolusinya (ukurannya). Cara yang lebih mudah adalah dengan menekan kombinasi tombol "Ctrl+O". Setelah itu, pilih foto yang diinginkan dan klik "Open".

5. Untuk mengecilkan ukuran foto, klik menu "Resize" atau tekan kombinasi tombol "Ctrl + W".

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint

6. Setelah itu, akan muncul kotak Resize. Pada bagian ini, pilih "Pixel" terlebih dahulu. Untuk "Skew", pilih "Pixel". Setelah itu, atur resolusinya sesuai dengan keinginan Anda. Pada foto ini, saya akan meresolusi horizontal menjadi 720 dan secara otomatis vertikalnya menjadi 405. Setelah itu, klik "OK".

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint

7. Terakhir, tekan menu "Simpan" atau kombinasi tombol "Ctrl + S". Setelah itu, lihatlah hasilnya. Foto yang telah saya ubah resolusinya sekarang hanya memiliki ukuran 241 KB. Sangat kecil, bukan?

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint

Cara Memotong Ukuran Foto

Jika Anda ingin memperkecil ukuran foto dengan cara memotongnya, Anda juga bisa menggunakan Paint. Caranya juga sangat mudah. Berikut adalah cara memotong ukuran foto dengan Paint:

  • Siapkan foto yang ingin dipotong.
  • Buka program Paint.
  • Masukkan foto yang ingin Anda potong melalui menu "File" lalu "Open", atau dengan menekan kombinasi tombol "Ctrl+O". Pilih foto yang ingin Anda potong dan klik "Open".
  • Klik menu "Select", lalu pilih "Select Rectangular" atau "Freeform". Pilih area yang ingin Anda potong, lalu klik "Crop".
  • Foto sekarang sudah terpotong. Tinggal Anda simpan. Secara otomatis, ukuran foto juga akan mengecil saat Anda memotongnya. Cobalah.

Beberapa Tips Menggunakan Paint dengan Efektif

Setelah membaca beberapa referensi tentang cara mengecilkan ukuran foto dengan Paint, ada beberapa tips berguna yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  • Jangan menekan tombol kombinasi "Ctrl + W" sebelum jendela Paint terbuka sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan kinerja menjadi lambat, terutama untuk Windows 10.
  • Hindari mengubah ukuran piksel foto menggunakan kursor mouse, karena hal ini dapat merusak piksel foto dan foto menjadi buram.
  • Ingatlah bahwa mengubah ukuran gambar akan mengubah ukuran file juga.
  • Jika Anda ingin mengubah ekstensi file atau gambar melalui Paint, cukup lakukan dengan memilih menu "File" lalu "Save as". Misalnya, Anda ingin mengubah foto dari JPG ke PNG atau sebaliknya.

Itulah pembahasan lengkap tentang cara mengecilkan ukuran foto dengan Paint di PC dengan mudah dan praktis. Dengan demikian, Anda tidak perlu menginstal aplikasi lain hanya untuk mengubah ukuran foto.

Demikianlah pembahasan yang telah Teknoindie sampaikan di atas. Selamat mencoba!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.