Begini Cara Memperjelas Foto yang Blur dengan Aplikasi di HP

Sangat disayangkan jika kita memiliki foto yang bagus dari momen penting, tapi ternyata gambarnya blur atau buram. Atau kadang kita mengambil foto dari media sosial yang hasilnya pecah-pecah, sulit dilihat.

Memperjelas Foto yang Blur

Masalah seperti itu tentunya membuat frustrasi, karena kita tidak bisa mengabadikan momen istimewa tersebut dengan baik. Namun, dengan kemajuan teknologi, hal tersebut tidak lagi menjadi masalah karena kita dapat mempertajam foto yang blur menjadi jelas.

Terdapat berbagai cara untuk memperbaiki kualitas foto agar terlihat HD. Cara-cara ini sangat membantu terutama bagi para fotografer yang kesulitan mendapatkan foto dengan kualitas yang baik.

Bagi yang hobi berbagi foto liburan dan aktivitas di Instagram atau media sosial lainnya, pastinya ingin membagikan foto-foto yang jelas dan bagus. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara untuk melakukan hal tersebut.

1. Fix Photo Blur

Aplikasi pertama yang akan kita bahas adalah Fix Photo Blur. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat memperbaiki foto yang buram dan tidak fokus sehingga Anda dapat mengembalikan foto yang jelas dan tajam hanya dalam hitungan detik.

Fix Photo Blur mungkin tidak sekomplit aplikasi edit foto lainnya, karena fokus utamanya hanya pada pengeditan foto blur. Namun, hasilnya sangat memuaskan. Berikut adalah tutorial penggunaannya:

1. Pertama, unduh aplikasi ini dari Google Play Store atau klik di sini. Setelah itu, instal aplikasinya.

2. Selanjutnya, buka aplikasi dengan menekan tombol "Buka" di bagian kanan bawah layar ponsel Anda.

Memperjelas Foto Blur dengan Fix Photo Blur #1

3. Anda akan diminta untuk memilih foto yang akan diedit.

4. Kemudian, akan muncul pengaturan gambar seperti fokus, noise, blur, dan detail. Di sini, Anda dapat mengatur pengaturan tersebut hingga foto terlihat lebih jelas.

Memperjelas Photo Blur dengan Fix Photo Blur #2

5. Aplikasi ini juga menyediakan menu Efek, di mana Anda dapat menambahkan efek pada foto Anda.

6. Setelah selesai mengedit, tekan tombol "Simpan" di bagian kanan bawah.

7. Lihat hasilnya di galeri Anda.

Kelebihan: Aplikasi ini memberikan kebebasan dalam pengeditan sehingga Anda dapat mengatur sesuai keinginan. Selain itu, fitur Efek membuat pengeditan foto lebih optimal.

Kekurangan: Sedikit sulit untuk dioperasikan terutama saat pertama kali membuka aplikasi ini.

2. Adobe Photoshop Express

Anda mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi Photoshop, sebuah aplikasi populer untuk mengedit foto yang terus mengembangkan teknologinya. Photoshop tidak hanya tersedia untuk PC atau laptop, tetapi juga untuk Android melalui berbagai aplikasi yang dikembangkan, salah satunya adalah Adobe Photoshop Express, yang dapat digunakan untuk memperbaiki foto yang buram di smartphone.

Berbagai fitur menarik tersedia di dalamnya. Sebelum memulai tutorialnya, Anda perlu mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau melalui tautan di bawah ini.

Setelah mengunduh, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Install aplikasi yang telah diunduh dari Play Store.

2. Buka Adobe Photoshop Express. Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Google atau Facebook, pilih salah satu.

3. Setelah login, pilih foto yang ingin diperjelas oleh aplikasi ini.

4. Di bagian bawah layar, ada banyak menu. Pilih opsi Adjust, seperti yang ditandai di bawah ini.

Memperjelas Foto Blur dengan Adobe Photoshop Express #1

5. Di sini, Anda dapat memperjelas foto yang buram. Ada berbagai pengaturan yang tersedia. Pilih salah satu dan atur levelnya dengan menggeser bulatan di bagian atas ke kanan atau kiri.

Memperjelas Foto Blur dengan Adobe Photoshop Express #2

6. Jika hasilnya sudah memuaskan, tekan tombol "Berikutnya" di bagian atas kanan.

7. Pilih Simpan ke Galeri untuk menyimpan foto yang telah diperjelas.

Memperjelas Foto Blur dengan Adobe Photoshop Express #3

Kelebihan: Hasil pengeditannya sangat baik karena Anda dapat mengedit foto tanpa batas. Selain itu, efek-efek yang disediakan juga lengkap.

Kekurangan: Untuk menggunakan Photoshop Express, Anda harus menggunakan akun media sosial yang Anda miliki.

3. Pixlr

Aplikasi selanjutnya adalah Pixlr, sebuah aplikasi edit foto yang banyak diunduh oleh pengguna Android. Dengan Pixlr, Anda dapat mempertajam foto yang buram atau kurang fokus.

Selain itu, Anda juga dapat mengedit foto dengan fitur-fitur keren dan kekinian yang disediakan oleh Pixlr, seperti memberi teks, filter, memotong foto, dan lain-lain. Aplikasi ini juga cocok digunakan oleh pemula karena pengeditannya yang sederhana.

Jika Anda belum mengunduh aplikasinya, silakan unduh melalui tautan di atas. Berikut adalah tutorial penggunaannya:

1. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Pixlr, buka aplikasinya.

2. Pada tampilan utama, pilih Photos untuk mengunggah foto ke dalam aplikasi. Pilih salah satu foto Anda.

Memperjelas Foto Blur dengan Pixlr #1

3. Setelah foto terunggah, pilih menu Tools di bagian kiri bawah layar, lalu pilih menu Adjustment.

Memperjelas Foto Blur dengan Pixlr #1

4. Di sini, atur Contrast hingga Anda merasa cocok, lalu tekan tanda centang di bagian kanan bawah.

5. Kembali ke menu Tools dan pilih menu Autofix. Ini akan secara otomatis memperjelas foto blur Anda. Jika sudah, tekan centang.

6. Selanjutnya, kembali ke menu Tools dan cari menu Smooth. Di sini, Anda dapat menghilangkan noise pada foto Anda. Tarik bulatan untuk mengatur levelnya, lalu tekan centang.

Memperjelas Foto Blur dengan Pixlr #3

7. Terakhir, tekan Done di bagian kanan atas untuk menyimpan gambar ke galeri Anda. Selesai.

Kelebihan: Selain mempertajam foto yang buram, Anda juga dapat melakukan berbagai pengeditan lainnya seperti menambahkan filter, memotong gambar, dan memberikan teks.

Kekurangan: Hasilnya kurang maksimal karena tidak dilengkapi fitur mempertajam secara otomatis.

4. Remove Blur from Picture-Enhance Image

Aplikasi Remove Blur from Picture-Enhance Image berfungsi untuk menghapus blur dari foto sehingga foto terlihat lebih jelas. Dengan aplikasi ini, Anda dapat meningkatkan kualitas foto dengan mudah hanya dalam beberapa menit.

Jika Anda memiliki foto lama yang terlihat blur dan pecah-pecah, Anda dapat mencoba aplikasi ini. Remove Blur from Picture-Enhance Image menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk menghapus blur pada foto.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Play Store. Ukurannya cukup ringan sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan di smartphone Anda. Untuk mengunduh aplikasi ini, Anda dapat mengklik tautan di bawah ini.

Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

1. Jalankan aplikasi Remove Blur From Picture-Enhance yang telah diinstal di ponsel Anda.

2. Pada menu awal, pilih Enhance Image untuk memilih foto dari galeri.

Memperjelas Foto Blur dengan Remove Blur #1

3. Setelah foto diunggah, Anda akan diberikan dua pilihan menu, yaitu Manual Remover dan Auto Remover. Anda dapat memilih salah satu.

Memperjelas Foto Blur dengan Remove Blur #2

4. Jika Anda ingin cepat, disarankan untuk menggunakan Auto Remover. Setelah memilih auto, Anda akan diberikan 3 pilihan. Pertama, gunakan fitur Dehaze Image.

Memperjelas Foto Blur dengan Remove Blur #3

5. Setelah itu, pilih lagi Auto Remover. Pilih Remove Blur untuk menghilangkan blur dari foto Anda.

6. Terakhir, simpan foto dengan menekan tanda panah di bagian atas.

7. Selesai.

Kelebihan: Aplikasi ini ringan, tidak memakan banyak memori smartphone, dan mudah serta sederhana digunakan.

Kekurangan: Fitur yang tersedia tidak terlalu banyak dan terdapat watermark pada foto yang disimpan.

5. Toolwiz Photo

Aplikasi terakhir yang akan kita bahas adalah Toolwiz Photo. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengedit foto yang buram menjadi lebih jelas dan tajam. Toolwiz Photo merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik karena memiliki fitur-fitur keren dan lengkap.

Meskipun Toolwiz Photo bukan aplikasi yang dikhususkan untuk memperjelas foto blur, namun Anda dapat melakukan berbagai pengeditan lainnya seperti menambah tulisan, memotong foto, mengatur filter warna, dan lain-lain.

Berikut adalah tutorial cara memperjelas foto dengan menggunakan aplikasi Toolwiz Photo:

1. Install dan buka aplikasi Toolwiz Photo. Pada tampilan awal, pilih Pro Editing untuk memilih foto yang akan diedit.

Memperjelas Foto Blur dengan Toolwiz Photo #1

2. Setelah foto terupload, lihat menu di bagian bawah layar. Gulir ke kanan dan cari menu Enhance, lalu pilih Defog. Atur ke level Strong agar foto terlihat lebih jelas.

Memperjelas Foto Blur dengan Toolwiz Photo #2

3. Jika sudah, tekan centang di bagian kanan atas. Masih pada menu Enhance, gunakan tool Auto Tone. Ada dua jenis pilihan, yaitu Tone dan WB, dengan dua level dari basic hingga correct.

Memperjelas Foto Blur dengan Toolwiz Photo #3

4. Pilih salah satu dari dua pilihan tersebut, tergantung kondisi foto blur Anda. Jika sudah, tekan centang di bagian atas dan simpan hasilnya di galeri.

5. Lihat hasilnya. Selesai.

Kelebihan: Aplikasi ini memungkinkan pengeditan foto lebih lanjut seperti menambah efek warna, menambah tulisan, dan memberikan filter.

Kekurangan: Ukuran aplikasi cukup besar sehingga mungkin akan membuat ponsel lambat jika digunakan pada ponsel dengan spesifikasi rendah.

Tentunya, metode ini hanya mengurangi keburaman pada foto Anda dan kemungkinan masih akan sedikit terlihat buram. Namun, setidaknya ini dapat meningkatkan kualitas foto Anda agar lebih enak dilihat.

Itulah 5 cara cepat untuk memperjelas foto blur di Android. Jika Anda memiliki cara lain, silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.