4 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

Seperti yang diketahui, WhatsApp (WA) adalah aplikasi yang hampir menjadi keharusan di setiap smartphone, baik itu Samsung, Xiaomi, atau iPhone. Aplikasi ini sangat berguna untuk mengirim pesan chat.

Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Tidak hanya itu, WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirim foto, video, dokumen, dan lain-lain. Bahkan, sudah dapat diakses melalui PC atau laptop dengan WhatsApp Web. Aplikasi obrolan ini populer karena menawarkan berbagai fitur canggih dan menarik.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah kemampuan pengguna untuk menghapus pesan yang sudah dikirim. Entah itu karena typo, salah kirim, atau karena malu dengan pesan tersebut.

Fitur ini tentu sangat membantu. Namun, dari sudut pandang penerima pesan WhatsApp, hal tersebut kadang membuat kita penasaran. Apa sebenarnya isi pesan yang dihapus tersebut? Dan mengapa dihapus?

Jika Anda penasaran dan ingin tahu isi pesan WhatsApp yang dihapus, artikel ini dari Teknoindie telah menjelaskan semuanya dengan detail. Ayo simak sampai selesai.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus oleh Pengirim

Pertanyaannya, apakah bisa melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus? Jawabannya bisa. Namun, seperti yang kita tahu, aplikasi WhatsApp belum atau tidak menyediakan fitur tersebut.

Jadi, di sini kita memerlukan aplikasi pihak ketiga. Apa saja aplikasinya? Berikut adalah pembahasannya secara lengkap.

1. Cara Melihat Pesan WA yang sudah Dihapus dengan Notification History

Sesuai namanya, aplikasi ini dapat merekam semua notifikasi pesan yang pernah masuk ke ponsel Anda. Baik itu pesan SMS, email, Telegram, atau pesan dari WhatsApp, asalkan pesan tersebut belum dihapus sebelum Anda mengaktifkan aplikasi ini.

Jika pesan telah dihapus dan Anda baru menginstal aplikasi ini, pesan tersebut tetap tidak akan dapat terbaca. Aplikasi Notification History dapat digunakan pada Android versi 4.1 ke atas. Berikut adalah tutorial cara menggunakannya:

  • Unduh aplikasi Notification History dan instal di ponsel Anda.
  • Buka aplikasi tersebut. Jika ada notifikasi permintaan izin, beri izin untuk setiap akses yang diminta.
  • Jika tidak ada notifikasi permintaan izin, pergi ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi. Cari aplikasi Notification History, pilih menu Izin, dan aktifkan semua akses izin.
  • Kembali ke aplikasi Notification History. Anda akan melihat beberapa aplikasi pesan dan obrolan. Pilih WhatsApp, dan Anda akan melihat beberapa chat yang masuk, termasuk yang sudah terhapus.
  • Selesai.

2. Cara Melihat Pesan WA yang sudah Dihapus dengan WhatsRemoved+

WhatsRemoved+ adalah aplikasi yang cukup ampuh untuk melihat percakapan WhatsApp yang sudah ditarik atau dihapus. Selain chat, aplikasi ini juga dapat menampilkan gambar yang pernah dihapus. Aplikasi ini akan memantau setiap pesan yang masuk dan merekamnya.

Aplikasi ini, yang dikembangkan oleh Development Colors, telah dipercaya oleh lebih dari 10 juta pengguna. Selain itu, prosesnya yang sederhana dan mudah membuatnya sangat populer. Tertarik? Berikut adalah cara-cara untuk menggunakannya:

  • Silakan unduh aplikasi ini melalui Play Store atau melalui link di atas. Kemudian instal hingga selesai.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsRemoved+ dan berikan izin untuk mengakses aplikasi mana saja yang Anda inginkan, seperti yang dilakukan sebelumnya.
  • Setelah masuk, cari aplikasi WhatsApp, lalu ketuk.
  • Aktifkan pengaturannya, dan Anda akan dapat melihat beberapa pesan WhatsApp yang masuk dan pernah dihapus, termasuk foto.
  • Selesai.

3. Cara Melihat Pesan WA yang sudah Dihapus dengan Recent Notification

Recent Notification adalah aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Hampir sama dengan dua aplikasi sebelumnya, Recent Notification dapat menyimpan semua notifikasi pesan, termasuk chat WhatsApp.

Jadi, jika ada teman Anda yang mengirim pesan WhatsApp namun menghapusnya, Anda dapat melihat pesan yang dihapus tersebut dengan aplikasi ini. Diunduh oleh lebih dari 5 juta orang, aplikasi ini juga sangat ringan, dengan ukuran APK hanya sekitar 4 MB.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya:

  • Pertama, instal aplikasi yang sudah Anda unduh.
  • Buka aplikasinya dan berikan izin akses ke aplikasi agar nantinya jika ada pesan yang masuk dapat direkam, caranya sama seperti di atas.
  • Jika sudah, cari aplikasi WhatsApp dan Anda akan melihat chat yang pernah masuk dan dihapus.

4. Cara Melihat Pesan WA yang sudah Dihapus dari Ekspor Chat

Ternyata, ada trik yang bisa digunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Namun, tidak semua smartphone mendukung trik ini dengan baik.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba di HP Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP Anda, lalu pilih menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Riwayat Chat, kemudian pilih opsi Ekspor Chat.
  • Pilih kontak WhatsApp yang ingin Anda lihat pesan terhapusnya. Pilih opsi untuk menyertakan media jika Anda ingin mengembalikan foto, video, atau media lainnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan selesai. Setelah selesai, transkrip obrolan akan disimpan di email atau Google Drive Anda.
  • Cek email atau Google Drive Anda untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus.

Itulah empat cara untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirim, sehingga Anda bisa mengetahui pesan apa yang sudah dihapus. Namun, cara ini sebaiknya digunakan dengan bijak.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.